Comscore Tracker

7 Jenis Ikan dengan Kecepatan Tertinggi, Ngebut Banget

Kamu pasti nggak bisa nyalip

Kamu pasti kesulitan bergerak di dalam air. Sementara itu, ikan bisa berenang dengan cepat dan lincah. Ternyata, bentuk tubuh ikan berpengaruh kepada gerakannya yang lincah. Bentuk yang disebut sebagai streamline ini dapat membantu pergerakan ikan dengan gaya gesek yang minimal.

Meskipun sama-sama memiliki bentuk streamline, kecepatan renang ikan berbeda-beda tiap jenisnya. Penasaran ikan apa yang berenang paling cepat? Simak artikelnya di bawah ini.

1. Ikan todak (Xiphias gladius)

7 Jenis Ikan dengan Kecepatan Tertinggi, Ngebut BangetIkan todak atau yang dikenal sebagai swordfish (dok. NOAA Fisheries)

Ikan todak memiliki ciri khas moncong yang panjang. Tubuh ikan ini panjang dan bulat. Yang unik dari ikan todak adalah ketika dewasa, ikan ini akan kehilangan semua gigi dan sisiknya. 

Ikan ini hidup di Samudera Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Ikan todak biasa ditemukan pada kedalaman 550 meter dan dapat mencapai 2,2 kilometer. Tubuh mereka rata-rata memiliki panjang 3 meter dan dapat mencapai 4,5 meter. Ikan ini mampu berenang dengan kecepatan 64 kilometer per jam.

2. Hiu biru

7 Jenis Ikan dengan Kecepatan Tertinggi, Ngebut BangetHiu biru yang sedang berenang di laut (dok. Oceana)

Hiu biru merupakan jenis ikan yang ingin tahu. Hiu ini memiliki warna biru yang khas yang membedakannya dari jenis hiu lain. Hiu ini juga dikenal dapat melahirkan 25 hingga 100 anak hiu. Hiu biru mampu tumbuh dengan panjang tubuh hingga 2,8 hingga 3,3 meter dan berat tubuh 55 hingga 182 kilogram.

Hiu ini hidup di laut dalam dan dapat ditemukan di seluruh benua selain Antartika. Mereka hidup di kedalaman 350 meter yang memiliki suhu sekitar 12 hingga 20 derajat celsius. Hiu biru mampu berenang dengan kecepatan hingga 69 kilometer per jam.

3. Ikan tuna sirip biru (Thunnus thynnus)

7 Jenis Ikan dengan Kecepatan Tertinggi, Ngebut BangetIkan tuna sirip biru yang berharga (unsplash.com/ Nikola Bačanek)

Ikan tuna sirip biru hidup di perairan Samudera Atlantik. Ikan ini terancam punah karena maraknya penangkapan. Ikan ini merupakan jenis ikan paling menguntungkan secara komersil. Akibatnya, semua orang mencari ikan ini dan menyebabkan populasi tuna sirip biru turun hingga 82 persen di Samudera Atlantik Barat.

Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang besar. Tercatat ada ikan tuna sirip biru yang mencapai berat hingga 680 kilogram. Meskipun bertubuh besar, tuna sirip biru mampu berenang dengan kecepatan hingga 70 kilometer per jam.

Baca Juga: 5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan Jerapah

4. Hiu mako (Isurus oxyrinchus)

7 Jenis Ikan dengan Kecepatan Tertinggi, Ngebut BangetHiu mako sirip pendek (dok. Oceana)

Hiu mako sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu hiu mako sirip pendek dan sirip panjang (Isurus paucus). Hiu mako memiliki panjang tubuh hingga 4 meter dan berat rata-rata 60 hingga 135 kilogram. Spesies hiu yang terancam punah ini hidup di seluruh perairan tropis.

Nama hiu ini diambil dari bahasa Maori yang berarti 'pemakan manusia'. Ukuran tubuh yang besar dan kecepatan renang hingga 74 kilometer per jam membuat serangan hiu ini menjadi berbahaya. Tercatat ada sembilan serangan hiu mako yang tercatat hingga tahun 2017.

5. Ikan Wahoo (Acanthocybium solandri)

7 Jenis Ikan dengan Kecepatan Tertinggi, Ngebut BangetIkan wahoo yang baru saja ditangkap (dok. Oceana)

Ikan ini memiliki nama lain ikan tenggiri fajar. Wahoo biasa hidup di Samudera Atlantik, Pasifik, dan Hindia. Ciri-ciri yang terlihat dari ikan ini adalah tubuhnya yang panjang dan memiliki garis vertikal berwarna biru. Ikan ini memiliki panjang tubuh hingga 2,5 meter dan berat hingga 83 kilogram.

Ikan wahoo bisa berenang dengan kecepatan hingga 78 kilometer per jam. Karena pergerakan yang cepat dan dagingnya yang berkualitas, ikan ini sering memiliki nilai yang tinggi. Ikan wahoo seringkali dijadikan target pancing dan dilombakan.

6. Striped marlin (Kajikia audax)

7 Jenis Ikan dengan Kecepatan Tertinggi, Ngebut BangetIkan striped marlin (dok. NOAA Fisheries)

Ikan striped marlin merupakan salah satu jenis marlin yang dikenal memiliki moncong yang panjang. Ikan ini hidup di perairan Indo-Pasifik dan biasanya ada di permukaan laut. Ikan striped marlin memiliki panjang tubuh hingga 4,2 meter dengan berat hingga 200 kilogram.

Ikan ini sempat dimasukkan ke dalam daftar merah masakan laut yang tidak boleh dimakan secara komersial. Ikan striped marlin mampu berenang dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam.

7. Ikan layar (Istiophorus platypterus)

7 Jenis Ikan dengan Kecepatan Tertinggi, Ngebut BangetIkan layar (dok. Oceana)

Jika berbicara tentang ikan tercepat di dunia, ikan layar lah juaranya. Ikan ini memiliki bentuk khas dengan moncong panjang dan sirip yang menyerupai layar kapal. Ikan layar memiliki warna biru dan abu-abu di sekujur tubuhnya.

Pertumbuhan ikan ini sangatlah cepat. Hanya dalam waktu satu tahun, ikan layar mampu tumbuh dengan panjang tubuh hingga 1,5 meter. Ikan ini mampu mencapai kecepatan 130 kilometer per jam.

Baru saja kamu membaca artikel tentang jenis ikan tercepat di dunia. Dibandingkan dengan manusia, rekor kecepatan renang tertinggi dipegang oleh atlet Michael Phelps dengan kecepatan 9 kilometer per jam. Tentu saja kecepatan ini tidak sebanding dengan kecepatan renang ikan.

Apakah kamu mau mencoba balapan dengan ikan-ikan ini? Bagikan tanggapan kamu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sailfish, Perenang Tercepat di Lautan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya