Ilmuwan Temukan Fosil Paus Berkaki, Begitukah Dulunya?

Fosil ini ditemukan di Mesir

Paus merupakan jenis mamalia yang hidup di dalam laut. Hewan yang termasuk dalam familia Balaenidae ini memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Salah satu jenis paus bahkan termasuk mamalia terbesar di dunia. Jenis paus terbesar ini adalah paus biru yang berukuran sekitar 30 meter dan memiliki berat sekitar 200 ton.

Kamu mungkin mengetahui paus memiliki bentuk seperti ikan dengan sirip dan ekor. Namun, peneliti berhasil menemukan fosil paus yang memiliki kaki. Simak informasi tentang paus ini di bawah.

1. Ditemukan di Mesir

Ilmuwan Temukan Fosil Paus Berkaki, Begitukah Dulunya?Ilustrasi paus modern (unsplash.com/Todd Cravens)

Ilmuwan-ilmuwan di Mesir berhasil mengidentifikasi jenis paus yang memiliki empat kaki. Paus ini ditemukan dalam bentuk fosil di Gurun Barat Mesir. Diperkirakan ukuran dari paus yang dinamai sebagai Phiomicetus anubis ini sekitar tiga meter dan berbobot kurang lebih 600 kilogram.

Paus ini memiliki rahang yang kuat untuk menangkap mangsanya. Selain itu paus ini juga merupakan amfibi yang bisa hidup di darat dan berenang di dalam air.

2. Diberikan nama Dewa Mesir

Ilmuwan Temukan Fosil Paus Berkaki, Begitukah Dulunya?Patung Dewa Anubis (unsplash.com/Egor Myznik)

Jenis Phiomicetus ini diberikan nama sesuai dengan salah satu nama dewa pada kepercayaan Mesir Kuno. Nama dari dewa ini adalah Anubis. Di dalam mitologinya, Anubis merupakan sosok dewa kematian.

Anubis memiliki tubuh manusia dan kepala yang berupa jackal (sejenis anjing). Alasan nama dewa ini diberikan kepada paus Phiomicetus adalah karena tengkorak paus ini mirip dengan kepala Anubis.

3. Ditemukan di sebuah oasis

Ilmuwan Temukan Fosil Paus Berkaki, Begitukah Dulunya?Ilustrasi oasis (unsplash.com/Willian Justen de Vasconcellos)

Fosil yang ditemukan oleh tim penelitian ini berupa bagian dari tengkorak paus. Tengkorak ini ditemukan di Oasis Fayum. Gurun tempat fosil ini ditemukan dulunya merupakan daerah laut yang memiliki banyak fosil yang terkubur.

Oasis Fayum merupakan lekukan air yang terletak paling dekat dengan Sungai Nil. Saat ini Oasis seluas lebih dari 1.000 meter persegi ini digunakan sebagai perkebunan sereal dan kapas. Selain itu, di sini juga dibangun bendungan yang mengairi tanah-tanah di sekitarnya.