Sempat Punah, 5 Hewan Ini Ditemukan Kembali di Alam Bebas

Lazarus taxon yang saat ini masih terancam punah

Kepunahan dapat diartikan sebagai hilangnya atau tidak ditemukannya kembali spesies yang pernah ada. Punahnya suatu spesies dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti perubahan ekosistem, bencana alam, seleksi alam, hingga perburuan oleh manusia.

Muncul atau ditemukannya kembali hewan yang pernah dianggap punah tentu merupakan kabar baik bagi keseimbangan ekosistem. Dalam biologi, istilah "Lazarus taxon" atau takson Lazarus dipakai untuk menyebutkan kelompok hewan yang "muncul" atau ditemukan kembali setelah dianggap punah. Apa saja hewan yang masuk dalam kelompok tersebut? Simak lima di antaranya dalam daftar berikut.

1. Chacoan peccary

Sempat Punah, 5 Hewan Ini Ditemukan Kembali di Alam Bebasseekor chacoan peccary di kebun binatang Phoenix (commons.wikimedia.org/Dave Pape)

Chacoan peccary merupakan hewan sejenis babi yang merupakan hewan endemik benua Amerika Selatan. Hewan yang ditemukan di Argentina, Paraguay dan Bolivia ini dijuluki sebagai "babi dari neraka hijau", karena hidup di habitat panas dan kering yang sulit dijangkau manusia. Mereka pernah dianggap punah oleh para peneliti, sebelum akhirnya ditemukan kembali tahun 1975.

Chacoan peccary dulunya kerap diburu oleh penduduk lokal sebagai sumber makanan. Mengutip laman San Fransisco Zoo, saat ini, hewan bernama ilmiah Catagonus wagneri tersebut berstatus terancam punah. Upaya penangkaran mulai dilakukan sejak tahun 1980.

Dilansir The Guardian, per tahun 2020, chacoan peccary diperkirakan akan punah dalam waktu  30 tahun. Tingginya laju deforestasi diduga akan memusnahkan habitat chacoan peccary di luar kawasan lindung pada tahun 2051.

2. Laotian rock rat

Laotian rock rat adalah hewan pengerat yang merupakan anggota dari famili Diatomyidae yang pernah dinyatakan punah oleh para peneliti sejak 11 juta tahun yang lalu. Tikus bernama ilmiah Laonastes aenigmamus ini ditemukan di Laos dan Vietnam, dan dikenal sebagai "kha-nyou" oleh masyarakat setempat.

Hewan ini pertama kali ditemukan oleh peneliti di pasar makanan pada tahun 1996. Ketika meneliti spesimennya, para peneliti menganggap hewan berbulu hitam ini sebagai spesies baru. Para peneliti sempat kebingungan saat akan menentukan spesies hewan yang baru mereka temukan tersebut. Dilansir Science News, para peneliti kemudian melakukan pemeriksaan dan pencocokan DNA terhadap mamalia seukuran tupai tersebut.

Setelah melalui penelitian dan perdebatan yang panjang, laotian rock rat diketahui merupakan anggota keluarga hewan pengerat yang telah lama punah. Hewan ini kemudian dianggap sebagai fosil hidup, menjadikan mereka bagian dari takson Lazarus.