Comscore Tracker

5 Fakta Ular Derik, Predator dengan Racun Paling Berbahaya

Banyak ditemukan di gurun pasir

Ular merupakan salah satu hewan reptil yang paling ditakuti dikarenakan memiliki bisa racun yang dapat berakibat fatal bagi manusia. Memiliki banyak spesies, ular dapat diklasifikasikan dari segi bentuk dan warna. Dari sekian banyaknya spesies ular yang tersebar di seluruh dunia, ular derik atau rattlesnake merupakan spesies ular yang paling berbahaya.

Ular derik memiliki racun paling mematikan di antara banyak ular pada umumnya. Banyak ditemukan di wilayah Amerika Utara dan Selatan, inilah 5 fakta ular derik yang harus kamu ketahui:

1. Ular derik memiliki ukuran yang pendek

5 Fakta Ular Derik, Predator dengan Racun Paling Berbahayaterminix.com

Mempunyai 32 spesies yang tersebar di seluruh wilayah di dunia, ukuran dan panjang dari ular derik tergantung pada setiap jenis spesiesnya. Rata-rata ular derik memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang yakni 90 hingga 150 cm. Sedangkan warna dari ular derik memiliki warna yang tidak terlalu mencolok seperti hitam, coklat dan abu-abu yang berguna untuk berkamuflase dengan alam sekitarnya.

2. Bisa dari ular derik dapat melumpuhkan korbannya

5 Fakta Ular Derik, Predator dengan Racun Paling Berbahayaattheu.utah.edu

Kebanyakan dari manusia yang digigit oleh ular derik dikarenakan mereka tidak sengaja menginjaknya. Racun dari ular derik sangat mematikan yang bisa membuat otot korbannya menjadi lemah serta sulit melihat, berbicara dan bernapas. Bahkan jika tidak diberikan pertolongan medis secepatnya bisa menyebabkan kematian.

Racun dari ular derik sebagian besar mengandung hemotoxins yang dapat merusak jaringan otot korbannya secara permanen.

3. Ular Derik aktif pada cuaca panas

5 Fakta Ular Derik, Predator dengan Racun Paling Berbahayakids.nationalgeographic.com

Pada musim dingin biasanya ular derik lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk tidur di sarang yang biasanya berada di celah-celah bebatuan. Ketika musim panas datang, mereka lebih aktif untuk mencari makan dan berjemur di tempat-tempat terbuka. Ular Derik merupakan jenis ular yang paling mudah dikenali dikarenakan mereka memiliki bentuk ekor yang unik serta mengeluarkan bunyi desisan.

Baca Juga: 8 Penyakit yang Bisa Ditularkan oleh Binatang Peliharaan

4. Mempunyai umur yang cukup panjang

5 Fakta Ular Derik, Predator dengan Racun Paling Berbahayascienceabc.com

Ular Derik merupakan jenis hewan ovoviviparous yang artinya telur mereka akan tersimpan dan menetas di dalam tubuh induknya. Betina dari ular derik hanya melahirkan setiap dua tahun sekali yang biasanya akan melahirkan 10 ekor bayi ular derik. Setelah melahirkan induk dari ular derik tidak menghabiskan waktu bersama bayinya melainkan langsung meninggalkannya.

Menurut informasi National Wildlife Federation, kebanyakan dari spesies ular derik mampu bertahan hidup selama 10 hingga 25 tahun

5. Habitat dari ular derik

5 Fakta Ular Derik, Predator dengan Racun Paling Berbahaya6abc.com

Ular Derik paling banyak ditemukan di daerah gurun-gurun pasir. Akan tetapi beberapa spesies mereka juga ditemukan di daerah rerumputan hingga rawa-rawa di wilayah Amerika. Ancaman dari kehidupan ular derik semakin terusik dikarenakan banyaknya perburuan terhadap ular derik yang dianggap membahayakan.

Beberapa spesies ular derik seperti timber rattler, massasauga dan canebrake masuk dalam daftar hewan yang terancam punah.

Nah, itulah 5 fakta menarik dari ular derik yang merupakan jenis ular dengan bisa paling mematikan. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Ular Kobra, Raja Ular yang Paling Beracun

Muhammad Idris Photo Verified Writer Muhammad Idris

impossible is the word only found in a Fool's dictionary. ( Napoleon Bonaparte )

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya