Comscore Tracker

Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira Liar

Fisiknya agak nyeremin ya? 

Kucing Chausie adalah ras kucing yang merupakan hasil dari perkawinan antara kucing domestik dan kucing liar. Fisiknya yang terlihat besar dan sangar membuatnya disebut singa batu versi mini.

Di balik fisik dan sebutannya itu, Chausie sebenarnya memiliki sifat ramah seperti kucing pada umumnya lho! Simak 8 faktanya di bawah ini agar lebih mengenalnya!

1. Pengucapan nama

Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira LiarChausiebreed.com

Kucing yang satu ini memang memiliki pronounciation yang agak susah. Banyak yang melafalkannya sha-see, padahal pengucapan yang benar adalah chow-see. Hal ini dikarenakan nama Chausie berakar dari istilah latin untuk kucing hutan yaitu Felis Chaus.

2. Merupakan hasil perkawinan silang

Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira LiarTica.org

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Chausie merupakan hasil perkawinan silang antara kucing domestik dengan kucing liar. Penelitian pertamanya dimulai sejak tahun 1960-an di daerah Mesir, yang mana pada waktu itu hewan sejenis ini memang kerap dicari tahu asal-usulnya.

Orang-orang Mesir kuno tertarik pada nenek moyang kucing Chausie karena kemampuan berburu mereka yang begitu handal. Mereka juga dikagumi karena memiliki sifat yang kalem, sehingga mereka dijinakkan agar dapat dikawinkan dengan kucing-kucing domestik.

3. Kucing kecil yang berukuran besar

Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira LiarIcatcare.org

Tidak seperti kucing pada umumnya, Chausie memiliki postur tubuh yang jauh lebih besar. Mereka bisa memiliki berat badan 6-12 kg, namun bentuk tubuhnya tetap terlihat panjang dan ramping.

4. Memiliki bermacam-macam pola

Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira LiarCatster.com

Corak atau pola bulu yang terdapat di tubuh Chausie cukup beragam. Mereka ada yang memiliki bulu berwarna coklat, hitam pekat, dan juga keabu-abuan atau keputih-putihan. Bulunya ini sangat pendek namun mempunyai tekstur yang lembut seperti sutera.

Baca Juga: Kucing 101: Mengenal Selkirk Rex, Ras Kucing yang Bulunya 'Keriting'

5. Ganas-ganas kalem

Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira LiarThehappycatsite.com

Chausie adalah kucing yang eksotis dan terlihat seperti kucing liar. Kaki-kakinya yang kuat menjadikannya sebagai jenis kucing yang sangat pandai dalam berburu. Sifatnya tak kenal takut kerap membuatnya terlihat ganas dan agresif. Padahal, Chausie sebenarnya adalah kucing yang ramah dan bersahabat.

6. Teman yang sempurna

Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira LiarTica.org

Sifat Chausie yang ramah membuatnya sangat mudah mengenal orang dan menghabiskan waktu bersama orang tersebut. Mereka senang bertemu orang-orang baru dan akan mudah akrab terutama jika mereka dipelihara sejak masih bayi.

7. Jangan ditinggalkan sendirian

Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira LiarTica.org

Chausie memang kucing yang loyal. Namun, mereka juga bisa ketergantungan karena mereka sangat senang dimanjakan oleh majikannya. Jangan tinggalkan mereka sendirian di rumah dalam waktu yang lama karena mereka adalah tipe kucing yang tidak suka kesepian. Mereka dapat berteman dengan hewan lain, asalkan majikannya selalu berada di dekatnya dan mendampinginya kemanapun.

8. Mudah dilatih

Kucing 101: 8 Fakta Chausie, Kucing Ramah yang Kerap Dikira LiarDogalize.com

Jika ingin mengajarkan trik-trik khusus pada Chausie maka tak akan sulit untuk melakukannya. Mereka adalah kucing yang pintar dan aktif, sehingga untuk masalah ketangkasan fisik terutama lari dan lompat tinggi-tinggi bukanlah hal sulit bagi mereka. Mereka memang berbadan besar, tapi mereka juga gemar bermain bersama kucing-kucing yang lebih kecil, apalagi jika mereka sedang merasa penasaran dan tidak mau diam.

Itulah 8 fakta kucing Chausie. Bagaimana? Berniat mau memeliharanya?

Baca Juga: Kucing 101: Kenali Turkish Van, Jenis Kucing yang Ramah dan Manja

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya