Comscore Tracker

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!

Sedihnya, panda merah terancam punah

Melihat wajahnya, siapa sih yang gak gemas dengan hewan ini? Mari berkenalan dengan panda merah (Ailurus fulgens), mamalia asli Himalaya Timur. Sedihnya, panda merah terancam punah dan masuk dalam Daftar Merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Populasinya diperkirakan tinggal 10 ribu ekor saja di alam liar.

Ingin tahu lebih banyak fakta menarik seputar panda merah? Tuntaskan rasa penasaranmu dengan membaca artikel berikut ini! Geser layarmu ke bawah, ya!

1. Memiliki ukuran tubuh yang mirip kucing rumahan

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!greenvillejournal.com

Namanya boleh 'panda', tapi ukuran tubuhnya tak jauh berbeda dari kucing rumahan, lho! Panjang tubuhnya berkisar antara 50-64 cm, sementara ekornya memiliki panjang 28-59 cm. Berat panda merah jantan adalah 3,7-6,2 kg dan panda merah betina memiliki berat 3-6 kg. So small, yet so cute!

Panda merah dikenal dengan warna bulunya yang cokelat kemerahan dengan bagian lengan dan kaki berwarna hitam. Tak lupa, bagian ekor yang dihiasi dengan belang yang khas. Sepintas, wajahnya terlihat mirip rakun. Keduanya memiliki telinga yang tegak, mata yang terlihat waspada serta hidungnya yang berwarna hitam.

2. Merupakan hewan endemik hutan Himalaya

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!redpandazine.com

Di mana sih habitat asli panda merah? Rupanya, panda merah adalah hewan endemik yang tinggal di hutan Himalaya. Habitatnya membentang dari Nepal bagian barat hingga Cina bagian timur. Panda merah hidup di dataran tinggi dengan ketinggian antara 2.200-4.200 meter di atas permukaan laut.

Karena habitatnya di dataran tinggi, panda merah terbiasa dengan iklim yang sejuk. Suhu yang pas bagi mereka berkisar antara 10-25°C. Panda merah suka tinggal di hutan gugur dan hutan konifer. Hewan ini lebih banyak beraktivitas di dahan pohon daripada di permukaan tanah. Mereka adalah pemanjat yang hebat!

3. Memakan bambu dalam jumlah besar setiap harinya

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!sway.office.com

Tak jauh berbeda dengan panda raksasa, panda merah juga tidak bisa mencerna selulosa. Akibatnya, mereka harus mengonsumsi bambu dalam jumlah besar agar bisa tetap hidup. Sekitar 2/3 dari makanan mereka adalah bambu. Sisanya adalah serangga, telur, akar, rumput, buah-buahan, bunga, jamur hingga ikan.

Bagian rebung (tunas bambu) lebih mudah dicerna daripada daun. Tak heran, panda merah bisa mengonsumsi hingga 4 kg rebung bambu serta bagian pucuk dan daun bambu sebanyak 1,5 kg. Bambu cepat dicerna oleh sistem pencernaannya, hanya membutuhkan waktu 2-4 jam saja. 

4. Ada dua sub-spesies panda merah

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!flickr.com

Panda merah masih dibagi menjadi 2 sub-spesies, yakni Ailurus fulgens fulgens dan Ailurus fulgens styani. Sub-spesies pertama banyak ditemukan di Nepal, India bagian timur laut, Bhutan dan China. Sementara, sub-spesies kedua hanya bisa ditemukan di Tiongkok, tepatnya di Pegunungan Hengduan di Sichuan dan Sungai Nujiang Timur di Yunan serta Myanmar bagian utara, ungkap laman Red Panda Network.

Lantas, apa perbedaan di antara keduanya? Sepintas memang terlihat sangat mirip dan tak bisa dibedakan. Namun, jika kamu jeli, kamu akan mengetahui bahwa Ailurus fulgens styani berukuran lebih besar serta memiliki warna lebih gelap dibanding Ailurus fulgens fulgens. Coba perhatikan lagi, deh!

Baca Juga: 5 Fakta Panda Merah, Hewan Unik yang Bikin Bingung Para Ahli

5. Saat dilahirkan, bulunya berwarna cokelat susu

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!reddit.com

Panda merah bisa bereproduksi sejak usia 18 bulan, namun mereka baru matang sepenuhnya di usia 2-3 tahun. Musim kawin berlangsung dari Januari hingga awal Maret. Lalu, betina akan hamil dengan periode waktu antara 112-158 hari. Panda merah betina bisa melahirkan hingga 4 anak, namun rata-rata hanya melahirkan 1-2 anak saja.

Saat dilahirkan, anak-anaknya berukuran sangat mungil, hanya seberat 110-130 gram. Warnanya pun tidak cokelat kemerahan seperti saat dewasa, melainkan berwarna cokelat susu dan pucat. Di usia 50 hari, warna cokelat kemerahan itu baru muncul. Setelah berusia 90 hari, anak-anaknya mulai berani keluar dari sarang.

6. Termasuk hewan yang sangat soliter

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!savenaturesavehuman.com

Kamu akan jarang menemukan panda merah hidup berkelompok. Sebab, mereka adalah hewan yang sangat soliter! Panda merah sering ditemukan hidup sendirian di atas dahan pohon dan baru bertemu sesamanya saat musim kawin tiba. Mereka aktif di pagi dan sore hari, sementara saat siang mereka akan beristirahat untuk menghemat energi.

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!rebloggy.com

Mereka punya kebiasaan yang unik. Ketika panda merah terancam atau merasakan bahaya, mereka akan berlari memanjat pohon. Namun, ketika sudah terdesak, panda merah akan berdiri dengan kaki belakangnya untuk membuat mereka tampak lebih besar. Selain itu, panda merah akan memakai cakar depannya untuk mempertahankan diri. Hayo, siapa yang berani maju?

7. Diperkirakan, jumlahnya tinggal 10 ribu ekor saja

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!dailymail.co.uk

Sedihnya, hewan menggemaskan ini statusnya terancam punah! Diperkirakan, jumlahnya hanya tinggal 10 ribu ekor saja. Tiongkok adalah rumah bagi 42 persen panda merah dan diprediksi jumlahnya tinggal 3.000 sampai 7.000 ekor saja. Sementara, di India, jumlahnya diperkirakan tinggal 5.000 hingga 6.000 ekor saja, terang laman World Atlas.

Lalu, di tempat lain seperti Nepal, Bhutan dan Myanmar, jumlahnya tidak terlalu signifikan. Ancaman utama yang membuat populasi panda merah terus menurun adalah penggundulan hutan, perburuan liar, deforestasi hingga persaingan dengan ternak. Hal ini karena ternak bisa merusak bambu yang menjadi makanan pokok bagi panda merah.

8. Apa yang dilakukan untuk melindungi panda merah?

Seukuran Kucing Rumah, Intip 8 Fakta Menarik Seputar Panda Merah!sustainablefriends.com

Berbagai upaya terus dilakukan untuk melindungi panda merah dari ancaman kepunahan. Tiongkok memiliki 35 kawasan hutan lindung yang mencakup 42,4 persen habitat panda merah. India pun tak mau kalah, mereka memiliki 20 kawasan lindung. Begitu pula Bhutan yang mempunyai 5 kawasan lindung untuk memproteksi panda merah.

Bukan hanya program di negara-negara asalnya, tetapi perlindungan juga dilakukan di luar habitatnya. Seperti penangkaran panda merah yang tersebar luas di Belanda, Amerika Utara, Australia dan Jepang. Diperkirakan, ada 800 ekor panda merah yang tersebar di kebun binatang dan penangkaran di seluruh dunia. 

Nah, itulah 8 fakta menarik seputar panda merah yang perlu kamu ketahui. Semoga populasi panda merah terus meningkat dari tahun ke tahun, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Rakun, Mamalia Cerdas yang Sering Dipandang Negatif

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You