Comscore Tracker

7 Hal Penting yang Tak Kamu Duga Ditemukan di India, Gak Nyangka Deh!

Temuan ini masih bermanfaat sampai sekarang

Apa yang kamu pikirkan tentang India? Pikiran kita otomatis terbayang dengan Taj Mahal yang terkenal, ayam tandoori yang nikmat atau harimau Bengal yang kini populasinya kian menurun. Namun, India juga terkenal berkat penemuannya yang fenomenal, lho! Bahkan, penemuan-penemuan ini masih dipakai dan berguna sampai sekarang!

Lantas, apa saja penemuan yang diciptakan di India? Temukan jawabannya lewat artikel berikut ini! Baca sampai tuntas, ya!

1. Menemukan angka nol

7 Hal Penting yang Tak Kamu Duga Ditemukan di India, Gak Nyangka Deh!scientificmind.com

Bangsa India memberikan kontribusi besar dan penting bagi sejarah matematika, yaitu menemukan angka nol. Tanpa angka nol, tidak akan tercipta sistem bilangan biner. Tanpa sistem biner, komputer tidak akan tercipta! Menurut laman Culture Trip, angka nol diciptakan oleh Aryabhata, seorang matematikawan dan astronom.

Orang India adalah yang pertama dalam menciptakan angka nol untuk penjumlahan atau pengurangan. Penemuan angka nol merupakan penemuan yang signifikan bagi ilmu kalkulus dan bermanfaat pula dalam ilmu fisika, teknik dan cabang keilmuan lainnya, tutur laman BBC. Mari berterima kasih pada bangsa India!

2. India juga menciptakan sampo!

7 Hal Penting yang Tak Kamu Duga Ditemukan di India, Gak Nyangka Deh!africaorganics.co

Tanpa sampo, rambutmu akan lembap, lengket dan bau. Lagi-lagi, kita harus berterima kasih pada India, sebab mereka adalah yang pertama menciptakan sampo! Kata sampo berasal dari kata Hindi "chāmpo". Kata ini diambil dari bahasa Sansekerta "chapayati" yang berarti pijatan atau remasan, ungkap laman Culture Trip.

Sampo diciptakan di tahun 1762. Sampo diprediksi berasal dari daerah timur Kekaisaran Mughal. Di sana, sampo diperkenalkan sebagai bentuk pijatan pada kepala dan bahan-bahan untuk membuat sampo berasal dari minyak alami, alkali dan wewangian. Lalu, sampo diperkenalkan ke Inggris oleh Sake Dean Mahomed, seorang pengusaha Bengali.

3. Kancing juga ditemukan di India!

7 Hal Penting yang Tak Kamu Duga Ditemukan di India, Gak Nyangka Deh!everydayfeminism.com

Coba tebak, siapa yang pertama kali menciptakan kancing? Yep, bangsa India! Sekitar 5000 tahun yang lalu, bangsa India membuat kulit kerang menjadi bentuk-bentuk geometris disertai dengan lubang-lubang kecil. Pada mulanya, mereka menciptakannya sebagai ornamen. Lambat laun, benda ini digunakan untuk mengikat pakaian. 

Kancing ditemukan oleh orang-orang yang menghuni Peradaban Lembah Indus. Lalu, kancing modern pertama kali ditemukan di Jerman pada abad ke-13 dan segera menyebar ke seluruh Eropa hingga abad ke-14. Ternyata, panjang juga ya sejarahnya?

4. India juga menciptakan permainan ular tangga

7 Hal Penting yang Tak Kamu Duga Ditemukan di India, Gak Nyangka Deh!wikipedia.org

Permainan ular tangga yang fenomenal ini diciptakan di India, lho! Permainan ular tangga modern terinspirasi dari permainan tradisional India bernama mokshapat. Permainan ini dibuat oleh penyair bernama Gyandev di abad ke-13. Tujuan permainan ini adalah untuk mengajarkan nilai Hindu Darma ke anak-anak, ungkap laman Vedic Knowledge Online.

Siapa sangka, di balik permainan ini, terselip nilai dan filosofi yang tinggi? Tangga dimaknai sebagai kebajikan, sementara ular dimaknai sebagai sifat buruk manusia. Permainan ini menyebar ke seluruh dunia berkat Inggris, karena Inggris sempat menjajah India. Lalu, ular tangga diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1943.

Baca Juga: 7 Penemuan Bangsa Mesopotamia yang Mengubah Dunia, Sangat Berguna!

5. Pertama menciptakan operasi katarak!

7 Hal Penting yang Tak Kamu Duga Ditemukan di India, Gak Nyangka Deh!scoopwhoop.com

Siapa sangka kalau India adalah yang pertama menciptakan operasi katarak? Di India, operasi katarak dilakukan dengan jarum melengkung. Tujuannya untuk melonggarkan lensa dan mendorong katarak keluar dari bidang penglihatan. Setelahnya, mata akan dibasahi dengan mentega hangat lalu dibalut. Terdengar menyeramkan?

Meski mengerikan, metode ini ternyata cukup berhasil. Namun, operasi ini hanya boleh dilakukan apabila benar-benar diperlukan. Metode ini diciptakan oleh Sushruta, seorang dokter India yang mengembangkan operasi ini di abad ke-3, jelas laman Culture Trip. Perlahan-lahan, metode ini berkembang ke seluruh dunia.

6. Menciptakan katun sebagai bahan utama pakaian

7 Hal Penting yang Tak Kamu Duga Ditemukan di India, Gak Nyangka Deh!globalresearch.ca

Katun adalah bahan utama pakaian yang nyaman digunakan. Sebelum pakaian berbahan katun muncul, orang-orang Yunani Kuno memakai kulit binatang sebagai bahan pakaian. Tekstil katun diciptakan di India lalu menyebar ke negara-negara lain di seluruh dunia, terang laman MSN, memberi penjelasan.

Bukti pertama penggunaan kapas ditemukan di India dan Pakistan, sekitar 6.000 tahun sebelum masehi, ungkap laman Organic Cotton. Peneliti percaya bahwa kapas pertama kali dibudidayakan di sungai Indus. Spesies kapas yang digunakan di Asia Selatan Kuno adalah Gossypium herbaceum dan Gossypium arboretum.

7. Terakhir, USB diciptakan oleh orang India!

7 Hal Penting yang Tak Kamu Duga Ditemukan di India, Gak Nyangka Deh!spectrum.ieee.org

The last one, USB ternyata diciptakan oleh orang India. Ia bernama Ajay V. Bhatt, seorang arsitek komputer Amerika yang berdarah India. Laki-laki kelahiran 6 September 1957 ini pernah mengenyam pendidikan di Maharaja Sayajirao University of Baroda di India. Berkat penemuannya, ia dinobatkan menjadi salah satu dari 50 orang India yang berpengaruh.

Port USB yang ia kembangkan diadaptasi dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa, seperti Apple dan Microsoft. Meski begitu, ia tidak menghasilkan sepeser apapun dari penemuannya. Ajay mengatakan bahwa ia tidak ingin melakukan sesuatu untuk uang, tetapi ingin membawa perubahan dan inovasi di bidang teknologi.

Nah, itulah 7 penemuan yang diciptakan di India dan sangat berguna sampai sekarang. Kamu paling suka sama yang mana nih?

Baca Juga: 7 Penemuan Masyarakat Mesir Kuno yang Bermanfaat hingga Sekarang

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You