Comscore Tracker

7 Jenis Anjing Greyhound, Rata-rata Atletis dan Pelari yang Tangguh

Bisa berlari hingga 64 kilometer per jam

Di dunia ini, ada sekitar 340 ras anjing yang telah diidentifikasi oleh Fédération Cynologique Internationale (FCI). Setiap ras anjing punya keunggulan masing-masing. Misalnya, labrador retriever terkenal pandai berenang atau anjing bloodhound memiliki indra penciuman terbaik dan terakurat.

Sementara, anjing dari ras greyhound dikenal bertubuh ramping, lincah, dan gesit saat berlari. Kenalan yuk dengan 7 jenis anjing greyhound ini!

1. Sloughi

7 Jenis Anjing Greyhound, Rata-rata Atletis dan Pelari yang Tangguhakc.org

Mari berkenalan dengan anjing sloughi yang dikembangkan di Afrika Utara, khususnya di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya. Mereka dikembangkan untuk berburu kelinci, rubah, serigala, serta babi liar, tutur laman American Kennel Club.

Keunggulan anjing sloughi terletak pada keterampilan berburu, kelincahan, daya tahan jarak jauh, dan kecepatan. Tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai anjing penjaga untuk domba. Kamu bisa dengan mudah mengenali anjing ini dari rambut mereka yang halus dan pendek serta pigmentasi hitam pada moncongnya.

2. Greyhound Spanyol

7 Jenis Anjing Greyhound, Rata-rata Atletis dan Pelari yang Tangguhgalgos-reno.com

Greyhound Spanyol alias Galgo Español adalah anjing yang ramping, berstamina tinggi, dan dibiakkan khusus untuk berburu kelinci. Badan dan ototnya lebih kecil dari anjing greyhound lain. Karakter fisiknya dirancang untuk menjadi pelari daya tahan, tutur laman The Spruce Pets.

Seperti apa sifat greyhound Spanyol? Anjing ini cenderung pemalu dan pendiam di sekitar orang asing, namun menunjukkan kasih sayang dan loyalitas pada pemiliknya. Mereka sangat cerdas dan mudah dilatih, namun sulit untuk percaya pada manusia, apalagi jika dulunya mengalami penyiksaan oleh pemilik lamanya.

3. Saluki

7 Jenis Anjing Greyhound, Rata-rata Atletis dan Pelari yang Tangguhpetful.com

Sepintas, saluki terlihat berbeda dari anjing greyhound lain. Ini berkat telinga yang tertutup rambut dan ekor tebal. Saluki merupakan salah satu ras anjing tertua dan diperkirakan ada sejak 7.000 tahun sebelum Masehi, jelas laman American Kennel Club (AKC).

Bahkan, saluki menjadi anjing favorit Fir'aun Mesir dan Alexander Agung. Dulunya, saluki dibiakkan untuk berburu kelinci dan gazelle (sejenis kijang). Selain dikenal dengan kecepatan, kekuatan serta daya tahan luar biasa, saluki juga memiliki kesan anggun.

4. Borzoi

7 Jenis Anjing Greyhound, Rata-rata Atletis dan Pelari yang Tangguhvetstreet.com

Beranjak ke anjing dari trah borzoi yang dikenal sebagai pelacak yang besar dan anggun. Dulunya borzoi dikembangkan untuk berburu kelinci, rubah, dan serigala, terang laman Dog Time.

Borzoi sangat efektif untuk berburu sebab bisa berlari dengan kecepatan 35-40 mil per jam (56-64 kilometer per jam). Meski begitu, mereka cenderung pendiam dan keras kepala seperti kucing. Dan borzoi memiliki insting untuk mengejar sesuatu yang bergerak seperti tupai, jelas laman American Kennel Club (AKC).

Baca Juga: Sebelum Mengajak Anjing Berenang, Ketahui 7 Hal ini Dulu yuk!

5. Deerhound Skotlandia

7 Jenis Anjing Greyhound, Rata-rata Atletis dan Pelari yang Tangguhdogsnsw.org.au

Tahukah kamu kalau anjing ini dijuluki sebagai anjing Kerajaan Skotlandia? Sejak lama, deerhound Skotlandia dikembangbiakkan di Dataran Tinggi dan Kepulauan Barat Skotlandia untuk menangkap dan membunuh rusa merah, ungkap laman Dogs NSW.

Tak heran, ini berkat kecepatan dan stamina yang di atas rata-rata. Meski dibesarkan sebagai anjing pemburu, mereka memiliki sifat manis, penurut, setia, dan penuh kasih sayang pada pemiliknya. Sama seperti borzoi, deerhound Skotlandia juga punya kecenderungan untuk mengejar sesuatu yang bergerak.

6. Whippet

7 Jenis Anjing Greyhound, Rata-rata Atletis dan Pelari yang Tangguhtrudog.com

Bisa dibilang, whippet adalah anjing yang cukup modern dan dikembangkan dalam beberapa ratus tahun terakhir. Mereka dikembangkan di Inggris Utara, tepatnya Lancashire dan Yorkshire di akhir tahun 1700-an, tutur laman Dog Time.

Whippet berukuran lebih kecil dari greyhound lain, tetapi cukup cepat dan gesit untuk berburu kelinci. Sifatnya cenderung ramah, bersahabat, tenang, dan lembut. Walau tidak sering menggonggong, kamu bisa mengandalkannya untuk menjadi anjing penjaga.

7. Afghan hound

7 Jenis Anjing Greyhound, Rata-rata Atletis dan Pelari yang Tangguhpets4homes.co.uk

Mungkin, dari anjing ras greyhound lain, Afgan hound adalah yang paling fancy dengan rambut yang indah dan panjang. Afgan hound merupakan jenis anjing yang sangat tua dan tertulis di sejarah sejak ribuan tahun lalu, ungkap laman American Kennel Club.

Sesuai namanya, Afgan hound dikembangkan di Afghanistan, India, dan Pakistan. Dulunya, anjing ini adalah simbol status bangsawan, kepala suku, atau orang dengan status sosial terpandang. Sebagai anjing pengintai, mereka mengandalkan penglihatan dan kecepatan untuk menemukan dan mengejar mangsanya.

Nah, itulah 7 jenis anjing dari ras greyhound yang terkenal lincah, gesit, dan pelari tangguh. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

Baca Juga: Gak Boleh Sembarangan, Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Berlari dengan Anjing

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya