Comscore Tracker

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!

Laba-laba ini berwarna-warni seperti pelangi

Selama ini, sebagian orang menganggap laba-laba sebagai hewan yang menyeramkan. Selain itu, banyak orang membenci laba-laba karena mereka membuat sarang yang kotor di sudut rumah kita. Padahal, jika kita melihat lebih dekat, spider is a lovely animal!

Sebagian laba-laba memiliki warna yang polos, seperti hitam atau abu-abu. Ada pula sebagian lainnya yang memiliki corak yang unik dan warna-warni. Laba-laba apa saja yang dimaksud?

1. Laba-laba penenun sutra emas

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!youtube.com

Kalau kamu melihat lebih dekat, kamu akan menyadari kalau jaring laba-laba ini berwarna emas! Selain itu, laba-laba ini memiliki tubuh berwarna oranye beserta kaki dengan garis hitam, oranye dan kuning, jelas laman List Amaze. Tetapi, laba-laba ini beracun dan gigitannya bisa menyebabkan rasa sakit, kemerahan dan lepuh yang hilang dalam 24 jam.

2. Laba-laba penenun berduri

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!pixels.com

Laba-laba ini punya duri tajam di bagian samping dan belakang tubuhnya. Mereka memiliki beragam warna, seperti putih, biru, kuning, oranye hingga merah.

Meski wujudnya terlihat seram, nyatanya laba-laba ini tidak berbahaya. Mereka memang bisa menggigit, tapi laba-laba ini tidak agresif, kecuali kalau sedang terancam atau terprovokasi, ujar laman Orkin.

3. Laba-laba kebun

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!flickr.com

Coba tengok kebunmu, apakah laba-laba ini hidup di sana? Laba-laba kebun punya warna yang dinamis dan sangat vibrant.

Di perutnya ada warna dasar hijau dengan corak emas, oranye dan putih, ungkap laman List Amaze. Laba-laba kebun biasanya menanti mangsanya datang dengan berdiam di tengah jaring buatan mereka sendiri.

4. Laba-laba kepiting Brazil

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!pinterest.com

Kalau kamu tidak jeli, mungkin kamu menganggap ini bunga. Padahal, ini adalah laba-laba kepiting Brazil! Menariknya, laba-laba ini bisa mengubah warna tubuhnya agar mirip dengan bunga yang ada di sekitar mereka, terang laman Nature.

That's why, mangsanya tidak sadar kalau ada laba-laba di dekat mereka. Dengan cepat, laba-laba ini menerkamnya. HAP! Lalu ditangkap!

5. Laba-laba Hawaii berwajah gembira

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!flickr.com

Mengapa Theridion grallator dijuluki laba-laba Hawaii berwajah gembira? Lihat aja di bagian perutnya dan kamu akan menyadari sesuatu yang berbeda!

Para ilmuwan berspekulasi kalau motif wajah di perutnya bisa membingungkan predator, jelas laman Teddy Feed. Uniknya, mereka tidak membuat jaring untuk menangkap mangsa, tetapi mereka berburu sendiri.

Baca Juga: Mau Lihat 7 Laba-laba Tertua di Dunia? Ada yang Hidup Sampai 43 Tahun!

6. Laba-laba peniru kepik

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!teddyfeed.com

Apakah kamu pikir ini kepik? Hmmm, kamu tertipu! Ini adalah laba-laba peniru kepik yang memiliki nama latin Paraplectana tsushimensis. Kamuflase ini tidak bertujuan untuk menemukan mangsa.

Justru, warna dan motif yang mencolok ini membantu supaya tetap aman dari makhluk lain, ujar laman Teddy Feed. Sebuah metode yang efektif!

7. Laba-laba merak

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!youtube.com

Bukan tanpa alasan kalau Maratus volans dijuluki sebagai laba-laba merak. Mereka memiliki corak yang sangat cantik dengan warna biru, merah dan kuning yang mencolok.

Menariknya, laba-laba jantan akan menari sebelum memamerkan perut mereka yang colorful pada laba-laba betina, ungkap laman Teddy Feed. Benar-benar mirip merak, ya?

8. Laba-laba kepiting berbintik delapan

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!youtube.com

Laba-laba bernama latin Platythomisus quadrimaculatus ini memiliki warna kuning yang cerah dengan bintik-bintik berwarna hitam. Peneliti menemukan laba-laba ini di Singapura pada tahun 1924, ujar laman How Stuff Works. Panjangnya 2,5 cm, termasuk besar untuk laba-laba sejenisnya. FYI, laba-laba betina lebih besar dari laba-laba jantan, lho.

9. Laba-laba pelompat

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!exopetguides.com

Di antara yang lain, laba-laba ini adalah yang paling imut, innocent dan menggemaskan. Apalagi, mata besarnya akan membuatmu iba dan jatuh hati.

Mereka memiliki penglihatan lebih baik dari hewan arthropoda lainnya, tutur laman List Amaze. Laba-laba ini tidak memintal jaring, tetapi merajut sutra di bawah daun untuk tempat tinggalnya.

10. Laba-laba berpayet

10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik, Tengok yuk!listamaze.com

The last one, ada laba-laba berpayet alias Thwaitesia argentiopunctata. Laba-laba ini punya kemampuan mirroring yang berarti kita bisa bercermin di perutnya!

Biasanya, laba-laba ini memiliki panjang 0,12 inci dengan warna merah dan hijau, jelas laman List Amaze. Konon, cermin di tubuhnya ini berguna untuk mempertahankan diri dari predator.

Nah, itulah 10 laba-laba dengan corak paling unik dan berwarna-warni. Laba-laba favoritmu yang mana nih?

Baca Juga: Setara Ular, Ini 10 Laba-laba Berbisa Paling Berbahaya di Dunia!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya