Comscore Tracker

7 Filsuf Paling Terkemuka dan Pemikiran Hebatnya

Salah satunya adalah Aristoteles

Berbicara soal filsafat, apa yang kamu ketahui? Filsafat identik dengan pemikir-pemikir hebat yang mempertanyakan segala sesuatu dalam hidup. Dan rata-rata filsuf hebat berasal dari Yunani.

Penasaran, siapakah filsuf paling terkemuka beserta gagasan cemerlangnya? Let's find out together!

1. Konfusius

7 Filsuf Paling Terkemuka dan Pemikiran Hebatnyailustrasi Konfusius (china-mike.com)

Konfusius adalah filsuf Tiongkok yang hidup pada 551-479 SM. Ia menulis banyak teks klasik yang mencakup berbagai topik sosial dan dikenal sebagai Konfusianisme. Konfusius tertarik mewujudkan harmoni dan ketertiban masyarakat.

Lebih lanjut, Konfusius merancang sistem di mana tingkat yang lebih rendah harus memberikan kepatuhan kepada yang lebih tinggi. Mulai dari cakupan kecil (keluarga) hingga besar (bernegara). Imbasnya, budaya Tiongkok cenderung memberikan penghormatan terhadap otoritas dan usia.

Berbeda dengan pola pikir barat (western) yang menekankan pada individualisme, kolektivisme adalah ruh dari Konfusianisme. Agar kehidupan bermasyarakat bisa berjalan lancar, perlu menekan keinginan sendiri demi kebaikan kelompok yang lebih besar.

2. Socrates

7 Filsuf Paling Terkemuka dan Pemikiran Hebatnyailustrasi Socrates (greekcitytimes.com)

Melansir Greek City Times, Socrates adalah filsuf Yunani klasik yang disebut sebagai pendiri dasar-dasar filsafat Barat modern. Ia lahir pada tahun 470 SM dari Sophronicus, seorang pematung, dan Phaenarete, seorang bidan.

Socrates mewariskan 'metode Socrates' yaitu dialog argumentatif kooperatif antar individu, di mana pemikiran kritis dirangsang dari bertanya dan menjawab pertanyaan. Ia tidak menyampaikan pengetahuan, melainkan mengajukan pertanyaan pada murid-muridnya sampai mereka memiliki pemahaman sendiri.

Yang unik, Socrates tidak menghasilkan karya tulis tentang ide atau pemikirannya. Gagasannya diuraikan oleh dua muridnya yang paling menonjol, yaitu Plato dan Xenophon. Socrates dihukum mati pada 399 SM dengan tuduhan merusak pemuda Athena.

3. Plato

7 Filsuf Paling Terkemuka dan Pemikiran Hebatnyailustrasi Plato (greekschannel.com)

Selanjutnya adalah Plato, filsuf yang dilahirkan di Athena, Yunani, antara tahun 428 dan 427 SM. Orang tua Plato kaya dan memiliki latar belakang politik terkemuka. Berkat privilesenya, ia bisa mengakses pendidikan terbaik di Yunani.

Plato menawarkan pandangan yang disebut sebagai Platonisme, yakni keberadaan ranah objek abstrak yang pasti ada dan terdiri dari kerangka realitas di luar dunia material, dilansir Internet Encyclopedia of Philosophy.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Plato adalah murid Socrates dan guru Aristoteles. Dua karya Plato yang paling terkenal adalah The Republic dan The Laws. Plato tutup usia di Athena, Yunani, antara tahun 348 dan 347 SM.

4. Aristoteles

7 Filsuf Paling Terkemuka dan Pemikiran Hebatnyailustrasi Aristoteles (suu.edu)

Berikutnya adalah Aristoteles, filsuf Yunani kuno yang lahir di Stagira pada 384 SM. Melansir Owlcation, Aristoteles berkontribusi pada fondasi logika simbolik dan pemikiran ilmiah dalam filsafat Barat.

Berbeda dengan Plato, gurunya, yang memiliki pandangan lebih empiris tentang sifat realitas, Aristoteles membuat kemajuan dalam metafisika, salah satu cabang filsafat. Metafisika merupakan studi tentang konsep filosofis abstrak seperti ruang, waktu, keberadaan, pengetahuan, dan sebagainya.

Aristoteles mengembuskan napas terakhir di Euboea (pulau terbesar kedua di Yunani) pada 322 SM. Hingga 2300 tahun setelah kematiannya, Aristoteles tetap menjadi salah satu orang paling berpengaruh yang pernah hidup. Bahkan, Aleksander Agung, anak dari Raja Philip II dari Makedonia, pernah menjadi muridnya!

Baca Juga: 7 Ahli Matematika Paling Berjasa Sepanjang Masa

5. Lao Tzu

7 Filsuf Paling Terkemuka dan Pemikiran Hebatnyailustrasi Lao Tzu (iamfearlesssoul.com)

Lao Tzu atau Laozi ialah filsuf dan penulis Tiongkok kuno yang terkenal berkat karyanya, Tao Te Ching. Secara harfiah, nama pendiri Taoisme ini diterjemahkan sebagai tuan tua (old master). Ajarannya terkenal, dipelajari, dan dipraktikkan oleh jutaan orang di dunia.

Melansir Fearless Soul, Lao Tzu berbicara tentang empat nilai utama yang bisa meningkatkan kebahagiaan, keseimbangan, dan kebijaksanaan. Yaitu penghormatan untuk semua kehidupan, ketulusan dalam segala bentuk, kelembutan, dan dukungan.

Sejarawan percaya Lao Tzu hidup antara abad 6 sampai 4 SM. Lao Tzu mendorong individu untuk mencapai kondisi 'wu wei', yaitu kebebasan dari segala keinginan.

6. Abu Hamid Al-Ghazali

7 Filsuf Paling Terkemuka dan Pemikiran Hebatnyailustrasi Abu Hamid Al-Ghazali (abigailadamsinstitute.org)

Abu Hamid al-Ghazali atau Imam Al-Ghazali merupakan salah satu ulama terpenting dalam pemikiran Islam. Hidup pada 1058-1111 M, ia adalah seorang filsuf sekaligus teolog, pemikir mistik, dan sarjana hukum, dikutip Huffpost.

Ketika banyak perselisihan antara filsuf dan teolog, rasionalis dan tradisionalis, serta mistik dan ortodoks, Imam Al-Ghazali mencoba menjembatani perpecahan ini lewat karyanya, Ihya Ulum al-Din atau The Revival of the Religious Sciences.

Sepanjang hidupnya, Imam Al-Ghazali menulis lebih dari 70 buku tentang sains, tasawuf, dan penalaran Islam. Ia memengaruhi banyak filsuf Muslim dan Kristen abad pertengahan, seperti St. Thomas Aquinas dan Margaret Smith.

7. Aspasia of Miletus

7 Filsuf Paling Terkemuka dan Pemikiran Hebatnyailustrasi Aspasia of Miletus (engelsbergideas.com)

Apakah ada sosok filsuf perempuan? Ada, salah satunya adalah Aspasia of Miletus. Istri Pericles ini adalah perempuan paling terkenal di Athena klasik berkat parasnya serta pemikirannya.

Bahkan, Socrates menyebut Aspasia sebagai gurunya dan belajar menyusun pidato persuasif darinya, dilansir The Conversation. Di saat perempuan diperlakukan sebagai warga negara kelas dua, Aspasia hadir dengan intelektualitasnya.

Mengutip Brooklyn Museum, Aspasia menggunakan power dan statusnya untuk membuka sekolah filsafat dan retorika. Sebagai perempuan terpelajar, Aspasia mendirikan pusat akademik untuk bertukar ide dan sebagai sekolah untuk perempuan muda di Athena, mengingat banyak perempuan Yunani yang buta huruf.

Nah, itulah beberapa filsuf terkemuka dari seluruh penjuru dunia beserta gagasan cemerlangnya. Mana yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: Kenali 7 Ahli Kimia Paling Berjasa Sepanjang Sejarah

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya