Comscore Tracker

7 Hewan dengan Nafsu Makan Terbesar, Selalu Lapar!

Ada yang makan hingga empat ton per hari

Jumlah makanan yang dikonsumsi manusia tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan hewan tertentu. Beberapa hewan sangat rakus dan perlu banyak makan agar bisa survive di alam liar.

Hewan apa saja itu dan mengapa mereka makan sangat banyak? Let's find out here!

1. Babi

7 Hewan dengan Nafsu Makan Terbesar, Selalu Lapar!Unsplash/Kenneth Schipper Vera

Babi dikenal sebagai hewan yang rakus. Sebagai hewan omnivora, babi bisa makan apa saja. Babi yang diternakkan umumnya makan jagung, dedak padi, atau pakan konsentrat khusus.

Sedangkan, babi liar dan babi hutan mengonsumsi buah-buahan, tanaman, akar, telur, hingga bangkai hewan. Mereka dikenal tidak pilih-pilih makanan.

Berapa banyak makanan yang dikonsumsi babi setiap harinya? Melansir Epicurious, rata-rata babi makan 6-8 pon (2,7-3,6 kg) per hari. Bahkan, jika babi sangat lapar, mereka bisa makan kotorannya sendiri!

2. Ular piton

7 Hewan dengan Nafsu Makan Terbesar, Selalu Lapar!Unsplash/David Clode

Rahang ular piton sangat fleksibel dan bisa menelan makanan yang lebih besar dari kepalanya sendiri. Ular piton sanggup makan hewan berukuran besar, seperti monyet, rusa, sapi, buaya, hingga manusia!

Namun, karena sistem pencernaannya lambat, ular piton bisa 'puasa' berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan setelah makan. Contohnya, ular sanca bola atau ball python (Python regius) yang bisa hidup tanpa makanan hingga enam bulan.

Mengutip dari Embora Pets, ular piton bisa menurunkan laju metabolisme yang memungkinkan mereka bertahan dalam waktu lama tanpa makanan. Fantastis!

3. Burung bangkai

7 Hewan dengan Nafsu Makan Terbesar, Selalu Lapar!Pexels/Harry Lette

Melansir Animal Planet, burung bangkai bisa makan hingga 20 persen dari berat tubuhnya dalam satu waktu. Makanan utamanya adalah daging, baik yang segar (dari hewan yang baru saja mati) atau yang sudah membusuk.

Burung bangkai tidak akan sakit karena makan daging busuk. Sebab, sistem pencernaannya mengandung asam khusus yang bisa melarutkan bakteri antraks, kolera, dan botulisme.

4. Hiu

7 Hewan dengan Nafsu Makan Terbesar, Selalu Lapar!Pixabay/fgyongyver

Hiu dikenal sebagai predator puncak di lautan. Mengutip dari SeaWorld Parks & Entertainment, hiu perlu makan sekitar 1-10 persen dari total berat tubuhnya per minggu.

Dijuluki sebagai pemakan oportunistik, hiu bisa makan apa saja. Makanannya bervariasi dari ikan kecil, hewan invertebrata (seperti gurita atau cumi-cumi), anjing laut, singa laut, walrus, sesama hiu, bahkan manusia!

Baca Juga: 7 Mitos seputar Hewan yang Paling Terkenal, namun Ternyata Keliru

5. Setan Tasmania

7 Hewan dengan Nafsu Makan Terbesar, Selalu Lapar!Unsplash/David Clode

Marsupial karnivora bernama ilmiah Sarcophilus harrisii ini bobotnya hanya 6-8 kilogram. Tetapi, hewan endemik Australia ini bisa makan hingga 40 persen dari berat tubuhnya dalam waktu 30 menit!

Menurut Animal Planet, ini setara dengan manusia yang makan 216 burger dalam waktu yang sama. Bahkan, saking rakusnya, mereka makan sampai kekenyangan hingga hampir tidak bisa berjalan.

Melansir National Geographic, setan Tasmania umumnya makan katak, burung, ikan, dan serangga. Namun, mereka juga doyan bangkai hewan!

6. Ulat

7 Hewan dengan Nafsu Makan Terbesar, Selalu Lapar!Pexels/Adrian

Jangan remehkan ukurannya yang kecil! Ulat adalah "mesin pemakan" yang luar biasa. Ulat bisa makan hingga 1.000 kali berat tubuhnya hanya dalam waktu dua bulan!

Mengapa ulat makan sebanyak itu? Menurut Animal Planet, aliran makanan yang konstan dalam sistem pencernaan membantu ulat melewati siklus hidup secepat mungkin. Dengan demikian, mereka bisa bertransformasi menjadi kupu-kupu lebih cepat.

7. Paus biru

7 Hewan dengan Nafsu Makan Terbesar, Selalu Lapar!Unsplash/Todd Cravens

Paus biru adalah hewan terbesar yang masih hidup hingga hari ini. Panjangnya mencapai 30 meter dengan bobot hampir 200 ton. Dengan ukuran sebesar itu, kebutuhan energinya juga sangat besar.

Makanan utamanya adalah krill, sejenis invertebrata laut seperti udang yang panjangnya kurang dari satu inci. Dalam sehari, paus biru melahap hingga 40 juta krill!

Sedangkan menurut SeaWorld Parks & Entertainment, seekor paus biru makan hingga 3,6 ton krill setiap hari. Mereka hanya akan "berpuasa" bila musim kawin tiba.

Nah, itulah 7 hewan dengan nafsu makan paling besar di dunia. Serakus-rakusnya kita, ternyata tidak ada apa-apanya, ya?

Baca Juga: Manusia Tak Bisa Hidup Tanpa 7 Hewan Ini, Baru Sadar?

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya