Comscore Tracker

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masing

Salah satu fungsinya adalah untuk mendeteksi mangsa

Semakin ditelusuri lebih dalam, semakin kita menyadari bahwa dunia hewan begitu menakjubkan. Beberapa hewan "menyembunyikan" rahasia di dalam mulutnya, berupa lidah yang berbentuk aneh dan unik. Lidah ini punya fungsi tersendiri yang membantu mereka bertahan hidup.

Mau tahu, hewan apa saja yang punya lidah dengan bentuk terunik, teraneh, beserta fungsinya? Geser layarmu ke bawah untuk mengetahuinya!

1. Bunglon

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingSumber: National Geographic

Tahukah kamu kalau lidah bunglon hampir dua kali panjang tubuhnya? Lidahnya digunakan untuk berburu mangsa. Cara kerjanya adalah menembakkannya dari mulut dengan kecepatan tinggi, dikutip laman Ranker.

Berdasarkan penelitian yang diketuai oleh Pascal Damman dari Université de Mons, Belgium, ditemukan bahwa air liur bunglon sangat lengket, hampir 400 kali lebih kental dari air liur manusia. Lidahnya punya akurasi tinggi dalam menangkap mangsa.

2. Beruang madu

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingGetty Images/Freder

Ternyata, lidah beruang madu panjangnya mencapai 10 inci (25 cm) dan menjadikannya sebagai beruang dengan lidah terpanjang. Lidahnya berfungsi untuk menjangkau madu dan serangga yang bersembunyi di dalam batang atau celah pohon.

Kelebihan lainnya adalah mempunyai indra penciuman yang sangat baik serta cakar yang sangat panjang. Meski memiliki lidah terpanjang, beruang madu adalah yang terkecil dari seluruh beruang.

3. Burung kolibri

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingaudubon.org

Coba tebak, bagaimana cara burung kolibri menyedot nektar dari dalam bunga? Yup, mereka menggunakan lidahnya! Lidahnya keluar-masuk dari paruhnya hingga 12 kali per detik, ujar laman Journey North.

Lidahnya bertindak seperti "pompa mikro" dan menggunakan energi elastis untuk menarik nektar ke mulutnya. Saat tidak digunakan, lidahnya akan melingkari tengkorak pada struktur khusus yang disebut alat hyoid.

4. Okapi

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingpgcpsmess.wordpress.com

Lidah okapi sangat panjang sampai bisa menjilati wajahnya sendiri, bahkan bisa mencapai mata dan telinganya! Selain itu, lidahnya bisa dijulurkan ke atas untuk mengumpulkan daun dari dahan yang tinggi.

Tak hanya itu, lidahnya juga digunakan untuk memukul serangga yang sering hinggap di tubuhnya. Panjang lidahnya sekitar 12-14 inci (30-36 cm) dan berwarna hitam atau biru tua, jelas laman Denver Zoo.

5. Pemakan semut raksasa

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masinganimals.sandiegozoo.org

Bagaimana cara hewan ini berburu semut dan rayap? Pemakan semut raksasa akan menggunakan lidah yang panjangnya 50 cm dan sangat lengket. Fungsinya supaya bisa memakan banyak serangga sekaligus.

San Diego Zoo menyebut bahwa pemakan semut raksasa tidak punya gigi dan lidahnya membantu untuk memakan hingga 30.000 semut dan rayap setiap hari. Cakarnya yang besar membantu untuk membobol sarang semut atau sarang rayap.

Baca Juga: 8 Hewan dengan Telinga Terbesar dan Terpanjang di Dunia

6. Flamingo

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingnationalgeographic.com

Burung cantik berwarna pink ini ternyata punya lidah yang unik. Terdapat bulu berduri yang melapisi lidahnya agar mereka bisa menyaring makanan dari air. Berkat lidahnya, flamingo bisa menyaring udang, moluska, krustasea, dan serangga dari perairan berlumpur.

Yang lebih unik lagi, ilmuwan menemukan "jaringan ereksi" di lidah flamingo. Jaringan ini bisa terisi darah dan menjadi kaku. Fungsinya untuk membantu menstabilkan kepala saat mereka mencelupkan wajahnya ke air.

7. Harimau

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingcatersnews.com

Mirip seperti kucing rumahan, kucing besar seperti harimau memiliki lidah yang bertekstur kasar. Fungsinya untuk "mengupas" daging langsung dari tulangnya sekaligus perawatan (grooming).

Lidahnya bisa melepaskan kulit dan bulu mangsanya agar lebih enak untuk dimakan. FYI, tonjolan kecil, tajam, dan menghadap belakang pada lidahnya disebut sebagai papila, ujar laman Seaworld Parks & Entertainment.

8. Ular

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingtheconversation.com

Dikutip laman The Conversation, lidah ular berfungsi untuk mengumpulkan bahan kimia dari udara atau tanah. Selain itu, ular menggunakan lidahnya untuk menangkap partikel bau di udara.

Bahkan, berkat lidahnya, ular jantan tahu apakah ular betina siap untuk kawin dari bau yang dikeluarkan. Menariknya, lidah ular puff ader terlihat mirip seperti cacing kecil dan digunakan untuk menipu katak. Multifungsi, ya?

9. Alligator snapping turtle

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingaboutanimals.com

Tidak hanya ular, alligator snapping turtle juga menjadikan lidahnya sebagai "umpan". Lidahnya berwarna merah jambu cerah, mirip seperti cacing kecil, dan akan menarik perhatian ikan yang lewat.

Lalu, kura-kura akan mematung di dasar sungai sembari membuka mulutnya lebar-lebar. Begitu ada ikan yang berenang mendekat, kura-kura ini akan menutup rahangnya dengan cepat. Strategi yang cerdas!

10. Jerapah

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingFreepik/juanchancasana

Kurang lebih, lidah jerapah mirip seperti lidah okapi. Namun, lidahnya lebih panjang, hampir mencapai 2 kaki atau 60 cm! Lidahnya paling berotot dari semua hewan berkuku dan digunakan untuk menjangkau daun di ranting tertinggi.

Uniknya lagi, lidah jerapah berwarna hitam keunguan gelap. Dikutip laman Ranker, pigmentasi gelap pada lidah berfungsi untuk mencegah sengatan matahari, mengingat habitat jerapah di sabana yang terik.

Baca Juga: 7 Hewan yang Suka Mencuri Makanan dari Binatang Lain, Licik Banget!

11. Kelelawar nektar berbibir tabung

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingbatsrule-helpsavewildlife.com

Menurutmu, hewan-hewan yang sudah disebutkan kurang mengesankan? Bagaimana dengan kelelawar nektar berbibir tabung? Kelelawar asal Amerika Selatan ini punya lidah yang lebih panjang dari tubuhnya!

Dikutip laman Ranker, lidahnya 1,5 kali lebih panjang dari tubuhnya. Lidahnya yang panjang memungkinkan untuk mengisap nektar bunga tropis. Salah satu bunga favoritnya adalah bunga berbentuk lonceng yang panjang.

12. Salamander palem raksasa

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingFoto: Stephen M. Deban

Apa yang unik dari salamander palem raksasa? Hewan ini punya lidah yang bisa memanjang hingga setengah dari panjang tubuhnya dalam waktu tujuh milidetik! Cepat sekali, ya?

Ternyata, tenaga di balik lidah ini mencapai 18.000 watt per kilogram otot! Lidahnya dua kali lebih kuat dari katak sungai Colorado. Lidahnya berfungsi untuk menangkap serangga yang merupakan makanannya.

13. Trenggiling raksasa

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingjapari-library.com

Tak berbeda dari hewan pemakan semut, lidah trenggiling raksasa juga sangat panjang, mencapai dua kaki (60 cm). Tetapi, panjang rata-ratanya adalah 40 cm.

Dilansir laman Discover Wildlife, lidahnya lengket dan digunakan untuk menjangkau bagian dalam sarang semut. Uniknya lagi, lidahnya menempel di dekat panggul dan sepasang tulang rusuk terakhir.

14. Paus biru

14 Lidah Hewan yang Aneh, Punya Fungsi Unik Masing-masingnpr.org

Sebagai hewan terbesar di bumi, tak usah heran dengan lidah paus biru. Beratnya bisa mencapai 2,7 ton! Bahkan, bobot lidahnya mirip dengan berat gajah dewasa. Bisa dibayangkan?

Lidahnya digunakan untuk mendorong keluar kelebihan air dari mulut dan menyisakan krill yang lezat untuk dimakan. Di sisi lain, mulutnya cukup besar untuk menampung hingga 90 ton makanan dan air.

Nah, itulah 14 hewan dengan lidah yang unik dan aneh beserta fungsinya masing-masing. Mana yang paling memukau?

Baca Juga: 10 Hewan dengan Bentuk Tanduk Paling Menakjubkan, Keren Banget! 

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya