Comscore Tracker

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Pt.2

Jika bertemu, hindari serangga ini!

Ada alasan tertentu mengapa manusia sangat membenci serangga. Ini karena bentuknya yang aneh, menggelikan dan bisa menimbulkan penyakit. Selain itu, beberapa serangga memiliki kemampuan untuk menyengat atau menggigit, kita pun akan merasa kesakitan karenanya. Yang lebih mengerikan lagi, ada serangga yang doyan makan daging manusia!

Serangga apa saja yang suka memakan daging manusia dan di mana kita bisa menjumpainya? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Kutu laut

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Pt.2vice.com

Sepintas, hewan ini terlihat seperti udang. Meski dijuluki sebagai kutu laut, hewan ini sebenarnya adalah sejenis krustasea. Biasanya, mereka memakan bangkai ikan, ubur-ubur dan makhluk laut lain. Mereka akan datang dalam kawanan besar untuk menggigit daging mangsanya dengan cepat, jelas laman Ranker.

Salah satu kasus paling ekstrem terjadi pada Sam Kanizay, remaja berusia 16 tahun asal Australia. Saat sedang mencelupkan kakinya di pantai, ia tidak sadar bahwa kutu laut sedang menggerogoti kakinya. Saat diangkat, kakinya telah berlumuran darah dan dagingnya telah terkoyak. Ia pun segera dilarikan ke rumah sakit. Ngeri!

2. Kutu rambut

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Pt.2pestseek.com

Makanan utama bagi kutu rambut adalah darah manusia. Mereka biasa tinggal di kulit kepala, menggigit kulit kepala hingga berlubang dan menyedot darah. Saat sedang menyedot darah, kutu rambut akan menambahkan air liur untuk mencegah darah membeku. Keberadaannya pun membuat kepala kita gatal-gatal. Menyebalkan, kan?

Meski makanan utamanya adalah darah, peneliti menyebut bahwa kutu rambut juga memakan kulit kepala dan minyak yang ada di kepala kita. Bisa dibayangkan betapa mengerikannya menyadari bahwa kulit kepalamu digerogoti oleh makhluk sekecil ini? Untuk mengatasinya, segera semprot rambut dengan obat anti kutu, ya!

3. Kumbang pil

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Pt.2nytimes.com

Kumbang pil (Armadillidiidae) biasanya memakan buah, sayur atau daging hewan yang sudah membusuk. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa serangga ini memakan daging manusia! Namun, jangan khawatir, sebab mereka tidak memakan daging manusia yang masih hidup dan lebih memilih memakan bangkai manusia.

Meski berbentuk aneh, kumbang pil punya kontribusi besar dalam membantu proses pembusukan dan penguraian. Serangga ini juga bisa menyerap logam berat di tanah, seperti seng, tembaga, kadmium dan timah. Jangan takut, karena mereka tidak menggigit, menyengat atau membawa penyakit berbahaya, ujar laman Orkin.

4. Katydid (jangkrik semak)

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Pt.2extension.purdue.edu

Saat pertama kali melihatnya, mungkin kita mengira hewan ini adalah belalang herbivora. Nyatanya, katydid atau jangkrik semak (Tettigoniidae) diketahui mengerumuni mayat manusia dan memakannya. Padahal, mereka biasanya memakan daun, bunga, kulit kayu dan biji-bijian. Terkadang, mereka memakan siput atau kadal yang berukuran lebih besar!

Peneliti mempelajari bahwa serangga ini memakan bangkai manusia dan meninggalkan kerusakan jaringan yang khas. Bahkan, kerusakan jaringan akibat dimakan serangga ini hampir mirip dengan kerusakan jaringan akibat penyalahgunaan narkoba, ujar laman Ranker. Jangan khawatir, katydid tak doyan dengan daging manusia yang masih hidup!

Baca Juga: Lebih Baik Hindari 10 Serangga Ini! Cermati dan Jangan Anggap Remeh

5. Kumbang kulit

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Pt.2flickr.com

Pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa kerangka hewan yang sudah mati bisa bersih dari daging? Kumbang kulit (Dermestidae) adalah aktor di baliknya. Sekawanan kumbang kulit dalam jumlah besar bisa menghabiskan daging dari kerangka dengan sangat cepat dalam waktu beberapa minggu saja!

Serangga ini dimanfaatkan oleh ilmuwan forensik untuk 'membersihkan' daging dari kerangka untuk keperluan penelitian. Penggunaan kumbang kulit lebih efektif karena larutan kimia bisa merusak lapisan tulang dan bersifat korosif. But, don't worry. Kumbang kulit tidak tertarik pada daging manusia yang masih hidup dan lebih menyukai bangkai.

6. Tungau demodex

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Pt.2npr.org

Tanpa kamu sadari, ada hewan mikroskopis yang hidup di tubuhmu. Salah satunya adalah tungau demodex, hewan berukuran 0,3-0,4 mm dan hidup di folikel rambut manusia. Hewan ini suka memakan minyak dan sekresi tubuh, tetapi tidak jarang memakan otot dan daging manusia. Ngeri gak tuh?

Lebih seramnya lagi, sekitar 70 persen orang di atas usia 18 tahun memiliki tungau demodex yang hidup di tubuhnya! Tungau yang hidup di kulit membuat seseorang lebih mudah berjerawat. Biasanya, tungau ini hidup di dekat hidung, bulu mata dan alis, tetapi bisa hidup di bagian tubuh lain. Namun, tungau ini tidak mematikan kok!

7. Kumbang bangkai Amerika

Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Pt.2entomologytoday.org

Terakhir, ada kumbang bangkai Amerika (Necrophila americana) yang suka memakan bangkai hewan dan manusia. Kumbang ini memiliki ukuran antara 1,2-2,2 cm dan habitatnya tersebar di Amerika Utara, khususnya di Amerika Serikat dan Kanada. Jangan khawatir, saat kamu masih hidup, hewan ini bukan ancaman, kok!

Mereka punya kebiasaan memakan larva lalat, kawin dan bertelur di atas bangkai. Apabila telurnya sudah menetas, maka larva kumbang bangkai Amerika akan memakan bangkai dan larva lain yang ada di sekitarnya. Selain memakan bangkai dan larva serangga lain, kumbang ini juga suka memakan jamur.

Nah, itulah 7 serangga yang doyan makan daging manusia, baik dalam kondisi hidup atau mati. Jaga jarak ketika melihat serangga-serangga ini, ya!

Baca Juga: Hati-hati, 7 Serangga Ini Doyan Makan Daging Manusia, Apa Saja? Part 1

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You