Comscore Tracker

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasih

Bisa dijadikan inspirasi buket bunga, lho!

Mengembuskan nafas terakhir pada Kamis sore (08/09) waktu Inggris, jenazah mendiang Ratu Elizabeth II akan disemayamkan berdampingan bersama sang suami, Prince Philip, Duke of Edinburgh. Prosesinya sendiri berlangsung pada Senin (19/09) waktu setempat.

Selama hidup, perempuan bernama lahir Elizabeth Alexandra Mary Windsor itu mempunyai berbagai fakta unik yang sangat menarik untuk diulik. Tak asal sembarang memilih hal-hal yang disukai, berikut beberapa bunga favorit mendiang Ratu Elizabeth II yang sarat makna!

1. Chrysanthemum

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihwhite button chrysanthemum (gardenia.net)

Berasal dari Asia Timur khususnya Negeri Tirai Bambu, chrysanthemum punya beberapa sebutan di Indonesia. Seperti krisan, krisantemum, seruni, dan serunai. Mendiang Elizabeth II amat menyukai white button chrysanthemum alias bunga krisan button atau pompom putih.

Di Amerika, bunga ini bermakna persahabatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan. Di Eropa, ia bermakna simpati. Sementara di Asia, ia bermakna kehidupan. Dalam mitologi Yunani, krisan dianggap sebagai pelindung dari roh jahat. Secara general, krisan melambangkan kebahagiaan, kesetiaan, persahabatan, optimisme, kepercayaan, dan umur panjang.

2. Freesia

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihfreesia single white (gardenia.net)

Merupakan tanaman umbi dari keluarga Iridaceae, bunga yang harum mewangi ini berasal dari Afrika Selatan. Sama seperti krisan, mendiang Ratu Inggris menyukai freesia putih. Namanya terinpirasi dari Friedrich Heinrich Theodor Freese, ahli botani dan pakar medis Jerman.

Secara umum, freesia menyimbolkan persahabatan yang tulus. Di Eropa dan Amerika, bunga ini biasa dijadikan dekorasi dan buket pernikahan. Freesia berwarna putih bersih yang harum ini juga bermakna kepercayaan, kesucian, kesetiaan, dan perhatian. Setiap warna memiliki arti berbeda, seperti freesia kuning yang melambangkan keceriaan dan kebahagiaan.

3. Rosemary

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihrosemary (rhs.org.uk)

Rosemary dikenal sebagai herb atau tanaman herbal yang berasal dari daratan Mediterania. Ia biasa menjadi bumbu masak yang memberi aroma khas. Namun, tahukah kamu bila tanaman Lamiaceae ini memiliki bunga berwarna putih, merah muda, ungu, atau biru yang cantik?

Dipilih Elizabeth II sebelum kematiannya, rosemary ikut menghiasi wreath di atas peti jenazah sang ratu dari Buckingham Palace ke Westminster Hall. Bunga ini melambangkan kenangan, persahabatan, cinta, perlindungan, dan nasib baik. Di mitologi Yunani kuno, tanaman aromatik ini dikaitkan dengan Aphrodite yang dikenal sebagai dewi kecantikan dan kasih sayang.

4. Dahlia

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihdahlia (pixabay.com/Ralphs_Fotos)

Memiliki beragam bentuk kelopak dan warna mencolok indah, tanaman perdu keluarga Asteraceae ini menjadi bunga nasional negara Meksiko. Seperti biasa, Ratu Elizabeth II menyukai dahlia berwarna putih. Bunga ini selalu menghiasi wreath peti jenazah sang Ratu.

Mekar dalam waktu lama, dahlia dijadikan simbol keanggunan, ketabahan, perubahan, kreativitas, kebaikan, kasih sayang, komitmen, dan kemuliaan. Dahulu kala, umbi tanaman ini dijadikan bahan baku pangan oleh suku Aztec. Dahlia ditemukan peneliti Spanyol Francisco Hernandez pada 1570 dan namanya berasal dari ahli botani asal Swedia Anders Dahl.

5. Sweet Pea

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihsweet pea (gardenia.net)

Bunga paling sentimental dalam rangkaian wreath kematian Ratu Elizabeth II adalah sweet pea. Selain menyimbolkan kepergian dan salam perpisahan, bunga ini dipilih dan dipetik sendiri oleh mendiang Ratu Inggris saat prosesi pemakaman suaminya pada April 2021 lalu.

Memiliki batang merambat dan bunga beragam warna, tanaman bernama latin Lathyrus odoratus berasal dari Sisilia, Italia. Bunga beraroma kuat ini telah dibudidayakan sebagai tanaman komersil sejak abad ke-17. Selain sebagai bunga kematian, sweet pea juga melambangkan kebaikan hati dan dalam bahasa Inggris dijadikan istilah untuk orang terkasih.

Baca Juga: 7 Fakta Raja Charles III, Raja Inggris Baru Penerus Ratu Elizabeth II 

6. Phlox

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihphlox (gardenersworld.com)

Memiliki total 67 spesies, bunga dari keluarga Polemoniaceae ini berwarna biru, violet, merah muda, merah terang, dan putih. Sebagian besar ditemukan di Amerika Utara, phlox berasal dari bahasa Yunani yang berarti api. Beberapa spesies memang memiliki warna intens.

Gak hanya cantik, daun tanaman ini adalah sumber makanan beberapa serangga, kelinci, tikus tanah, dan rusa. Memiliki bunga bergerombol, phlox tumbuh subur di wilayah tundra, hutan, padang rumput, dan mudah ditanam dalam pot. Bunga ini melambangkan keharmonisan dan kesatuan. Saat pernikahan ia mewakili jiwa dan hati yang bersatu.

7. Heather

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihheather (theheathergarden.co.uk)

Sekilas nampak serupa, banyak orang masih bingung membedakan lavender dan heather. Lavender berasal dari keluarga Lamiaceae. Sementara heather yang bernama latin Calluna berasal dari keluarga Ericaceae. Tanaman belukar ini memiliki kelopak bunga kecil beragam warna. Mulai dari putih, merah muda, ungu, merah, ungu amethyst, hingga magenta.

Mendiang Ratu Elizabeth II memilih heather putih untuk wreath kematiannya yang diambil staff kerajaan dari kebun Balmoral Castle. Amat populer di Skotlandia, heather memiliki aroma musky dan woody. Ia melambangkan keberhasilan, kekaguman, dan perlindungan.

8. Mawar

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihmawar (pexels.com/Алекке Блажин)

Siapa, sih yang tidak menyukai bunga mawar? Bunga keluarga Rosaceae memiliki beragam makna sesuai warnanya. Merah menjadi warna mawar paling terkenal yang menyimbolkan cinta, kasih sayang, dan keberanian. Mendiang Ratu Inggris sendiri menyukai white spray rose, yakni mawar berukuran mini dengan warna putih dan semburat jingga di tengahnya.

Meski bonggol spray rose lebih kecil dari mawar biasa, ia berbunga lebih banyak. Dijadikan bunga pernikahan, mawar putih bermakna kemurnian, kesucian, dan kesetiaan. Saat Platinum Jubilee Queen Elizabeth II, ada varietas mawar baru didekasikan untuknya. Berwarna pink-apricot, ia memiliki campuran aroma mawar klasik dan sorbet lemon yang manis.

9. Anggrek

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihkolase: anggrek cattleya (flickr.com/salabat) | anggrek odontoglossum (orchid.org.uk) | anggrek cypripedium (fs.usda.gov)

Mempunyai beragam bentuk dan warna indah, anggrek berhasil memikat dan membuat kagum siapa saja. Begitu pun dengan Elizabeth II. Saat hari pernikahannya bersama Prince Philip pada 20 November 1947 silam, ia memilih tiga jenis anggrek yang tumbuh di Inggris. Yakni cattleya, odontoglossum, dan cypripedium yang semuanya berwarna putih.

Secara umum, anggrek melambangkan keanggunan, kehormatan, kemurnian, keindahan, kesuburan, perhatian, pesona, dan cinta. Khusus untuk warna putih, bunga yang termasuk keluarga Orchidaceae ini bermakna kedamaian, kerendahan hati, kesucian, dan keamanan.

10. Lily of the Valley

10 Bunga Favorit Ratu Elizabeth II, Penuh Makna untuk Orang Terkasihlily of the valley (unsplash.com/Jeffrey Hamilton)

Jadi penghias abadi area Buckingham Palace, lily of the valley merupakan bunga favorit nomor satu Queen Elizabeth II. Ia juga menambahkan bunga bernama latin Convallaria majalis di hari pernikahan dan penobatannya sebagai Ratu Inggris. Selain bunga forget-me-nots, Lady Diana Spencer dan Catherine Middleton pun menyukai bunga kecil-kecil ini.

Meski berukuran mini, lily of the valley memiliki kelopak berbentuk lonceng yang indah dan aroma manis yang menyegarkan. Berasal dari belahan bumi utara beriklim sejuk, bunga ini melambangkan kebahagiaan, kemurnian, kerendahan hati, ketulusan, dan kebijaksanaan.

Mendiang Ratu Elizabeth II dikenal menyukai taman atau kebun berhias banyak bunga. Dari sekian jenis bunga favoritnya, ia selalu memilih warna putih yang identik dengan kesucian. Penuh makna dan indah, kamu bisa banget menjadikan bunga kesukaan Ratu Inggris sebagai referensi buket spesial untuk orang terkasih. Nah, bunga mana yang kamu sukai?

Baca Juga: 5 Rahasia Umur Panjang ala Ratu Elizabeth II yang Terbukti Ampuh

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

edith

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya