Comscore Tracker

Marty Cooper: Sang Penemu Ponsel yang Dijuluki 'Bapak Ponsel'

Berkat dia, kita bisa eksis sekarang~

Ponsel atau telepon seluler saat ini  menjadi salah satu kebutuhan utama bagi banyak orang. Sebuah elektronik yang memiliki bentuk kecil berguna sebagai alat komunikasi secara lisan. Namun, untuk saat ini ponsel atau telepon seluler memiliki banyak inovasi yang mempunyai fitur ganda selain berkomunikasi seperti smartphone.

Ya, Marty Cooper-lah orang yang berperan sebagai penemu telepon seluler yang patut dijuluki sebagai bapak telepon seluler. Sebelum adanya ponsel genggam, awalnya ponsel hanya bisa digunakan di mobil, lho karena membutuhkan baterai berkapasitas seperti baterai mobil.

Berikut penjelasan tentang sang penemu telepon seluler yang bisa kita jadikan inspirasi untuk kita semua.

1. Kisah hidup Marty Cooper

Marty Cooper: Sang Penemu Ponsel yang Dijuluki 'Bapak Ponsel'historynet.com

Martin "Marty" Cooper lahir 26 Desember 1928 di Chicago, Amerika Serikat, insinyur Amerika yang memimpin tim yang pada tahun 1972-1973 membangun yang pertama telepon seluler dan melakukan panggilan telepon seluler pertama.

Cooper lulus dari Illinois Institue of Technology (IIT) di Chicago dengan gelar sarjana Teknik Elektro pada tahun 1950. Dia bergabung dengan Angkatan Laut AS dan bertugas selama Perang Korea. Setelah perang, ia bergabung dengan Teletype Corporation, dan pada tahun 1954 ia mulai bekerja di Motorola. Ia memperoleh gelar master dalam bidang teknik listrik dari IIT pada tahun 1957. 

Di Motorola, Cooper bekerja pada banyak proyek yang melibatkan komunikasi nirkabel, seperti sistem lampu lalu lintas yang dikendalikan oleh radio pertama, yang ia patenkan pada tahun 1960, dan radio polisi genggam pertama, yang diperkenalkan pada tahun 1967. Ia kemudian menjabat sebagai wakil presiden dan direktur penemuan dan pengembangan pada tahun 1978-1983 untuk perusahaan.

Baca Juga: Archimedes: Ahli Matematika dan Penemu Ulung dari Syracuse

2. Sejarah penemuan telepon seluler

Marty Cooper: Sang Penemu Ponsel yang Dijuluki 'Bapak Ponsel'gadgetlabrepair.com

Telepon seluler telah diperkenalkan oleh American Telephone & Telegraph Company (AT&T) pada tahun 1946. Namun, di area tertentu hanya tersedia 11 atau 12 saluran, sehingga pengguna sering harus menunggu untuk menggunakan sistem. Kelemahan lain dari ponsel pertama adalah bahwa sejumlah besar daya yang dibutuhkan untuk menjalankannya hanya dapat dipasok oleh baterai mobil . Jadi, tidak ada ponsel yang benar-benar portabel tetapi hanya telepon mobil.

Pada tahun 1947 AT&T Bell Laboratories, insinyur Rae Young dan Douglas Ring menunjukkan bahwa lebih banyak pengguna ponsel dapat ditambahkan dengan memecah area yang luas menjadi banyak sel yang lebih kecil, tetapi hal itu membutuhkan cakupan frekuensi yang lebih banyak daripada yang tersedia saat itu.

Namun, pada tahun 1968 Komisi Komunikasi Federal AS  meminta AT&T untuk rencana mempekerjakan sebagian kecil dari pita televisi UHF (ultra high frekuensi). AT&T mengusulkan arsitektur seluler untuk memperluas layanan telepon mobilnya.

Motorola tidak ingin AT&T memonopoli telepon seluler dan takut akan berakhirnya bisnis selulernya. Cooper ditugaskan untuk proyek mendesak untuk mengembangkan ponsel. Dia berpikir bahwa ponsel tidak harus dirantai ke mobil tetapi harus portabel. Hasilnya, Telepon GynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage), tingginya 23 cm dan berat 1,1 kg . Itu memungkinkan 35 menit bicara sebelum baterai habis.

Pada 3 April 1973, Cooper memperkenalkan telepon DynaTAC pada konferensi pers di New York City. Untuk memastikan itu berhasil sebelum konferensi pers, ia menempatkan panggilan telepon seluler publik pertama, untuk merekrut Joel Engel, kepala proyek saingan AT&T, dan dengan gembira mengatakan bahwa ia menelepon dari telepon seluler portabel.

3. Ponsel pertama yang didirikan Marty Cooper

Marty Cooper: Sang Penemu Ponsel yang Dijuluki 'Bapak Ponsel'mashable.com

Pada tahun 1983, setelah bertahun-tahun pengembangan lebih lanjut, Motorola memperkenalkan ponsel portabel pertama untuk konsumen, DynaTAC 8000x. Meskipun memiliki harga tinggi, ponsel ini sukses.

4. Kisah lanjutan Marty Cooper

Marty Cooper: Sang Penemu Ponsel yang Dijuluki 'Bapak Ponsel'historynet.com

Pada tahun yang sama 1983, Cooper meninggalkan Motorola dan mendirikan Cellular Business Systems, Inc. (CBSI), yang menjadi perusahaan terkemuka dalam penagihan layanan telepon seluler. Pada tahun 1986 ia dan rekan-rekannya menjual CBSI ke Cincinnati Bell seharga $ 23 juta, dan ia dan istrinya, Arlene Harris, mendirikan Dyna, LLC.

Dyna berfungsi sebagai organisasi pusat dari mana mereka meluncurkan perusahaan lain, seperti ArrayComm (1996), yang mengembangkan perangkat lunak untuk sistem nirkabel, dan GreatCall (2006), yang menyediakan layanan nirkabel untuk Jitterbug, sebuah ponsel dengan fitur sederhana yang dimaksudkan untuk tua. Cooper menerima hadiah Drapper Charles Stark dari Akademi Teknik Nasional pada 2013.

Itulah sedikit kisah tentang Marty Cooper sang penemu telepon seluler. Wah, harus berterima kasih banget, nih ya kita sama Pak Cooper!

Baca Juga: 6 Penemuan Ini Justru Tidak Menguntungkan Penemunya Lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya