Comscore Tracker

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagum

Layang-layang pernah dipakai untuk kepentingan militer, lho!

Sebagian besar dari kamu pasti pernah bermain layang-layang saat masih anak-anak. Nah, tahukah kamu fakta-fakta sejarah unik tentang mainan yang satu ini? Yuk, simak list fakta unik berikut kalau belum tahu!

1. Layang-layang ditemukan di China sekitar 2300 tahun yang lalu oleh dua filsuf China, Mozi dan Lu Ban

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagumilustrasi layang-layang berwarna-warni (unsplash.com/Agnieszka Ziomek)

2. Layang-layang pertama kali dibuat untuk militer, contohnya sebagai pemberi informasi tentang keadaan medan perang

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagumilustrasi layang-layang (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

3. Puluhan abad kemudian, layang-layang digunakan untuk mempelajari cuaca dan atmosfer

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagumilustrasi layang-layang di udara (pexels.com/Galina Yarovaya.)

4. Pada abad ke-19, layang-layang dapat digunakan sebagai pengangkat suatu benda dan penarik kereta beroda kecil

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagumilustrasi layang-layang besar untuk mengangkat benda (unsplash.com/Christopher Paul High)

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tembok Besar China, Disebut sebagai Pemakaman Terpanjang

5. Alexander Graham Bell dan Marconi adalah contoh ilmuwan yang gunakan layang-layang untuk penemuan

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu KagumMarconi menaikkan antena radio menggunakan layang-layang. (commons.wikimedia.org/James M. Vey)

6. Penciptaan pesawat terbang oleh penemunya, Wilbur Wright dan Orville Wright, terinspirasi dari layang-layang yang pernah mereka terbangkan

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagumlayang-layang berbentuk pesawat yang diterbangkan oleh Wright bersaudara (commons.wikimedia.org/Library of Congress)

7. Olahraga paragliding modern berkembang dari layang-layang parafoil yang ditemukan Domina Jalbert pada 1963

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagumilustrasi olahraga paragliding (pexels.com/Alejandra Cano Ulloa)

8. Layang-layang besar pernah dilarang di Jerman Timur karena dikhawatirkan dipakai menyebrangi Tembok Berlin

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagumilustrasi layang-layang besar (unsplash.com/Rafael Garcin)

9. Rekor layang-layang terpanjang di dunia saat ini adalah sepanjang 6.000 meter yang diterbangkan di Chongqing, China 

Inilah 9 Fakta Unik tentang Layang-layang yang akan Membuatmu Kagumilustrasi layang-layang yang panjang (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Baca Juga: 5 Fakta Unik Lavender, Si Bunga Cantik Berwarna Ungu

Menarik sekali ya pengetahuan tentang layang-layang pada list di atas? Nah, kapan kamu berencana bermain layang-layang lagi?

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya