Comscore Tracker

5 Fakta Unik Lavender, Si Bunga Cantik Berwarna Ungu

Bunga seribu manfaat

Memiliki bunga dengan aroma yang kuat dan warnanya yang cerah membuat lavender menjadi salah satu tanaman yang paling mudah dikenali. Selain itu, tanaman lavender juga termasuk tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan dan medis, kecantikan, serta keperluan dapur.

Lavender biasanya digunakan sebagai campuran dan bahan utama dalam pembuatan kosmetik dan aromaterapi untuk membantu meredakan stres serta kecemasan. Tidak hanya itu, lavender memiliki banyak fakta unik dan menarik yang perlu Anda ketahui. Berikut ini fakta unik tanaman lavender.

1. Salah satu tanaman hias pengusir binatang-binatang kecil

5 Fakta Unik Lavender, Si Bunga Cantik Berwarna UnguBunga Lavender (unsplash.com/jannerboy62)

Bunga lavender dan tanamannya bukanlah tanaman tropis yang tumbuh di Indonesia. Secara umum, bunga lavender tumbuh sangat baik di dataran tinggi antara 500 sampai 1.300 mdpl. Tidak sedikit peminat tanaman hias menggunakan lavender sebagai pengusir tungau dan nyamuk.

Perawatan lavender juga sangat sederhana. Keberadaan tanaman ini pun sangat dekat dengan barang-barang yang biasa kita gunakan. Kamu akan dengan mudah menemukan lavender di lotion anti nyamuk yang kamu beli.

2. Sebagai pengharum ruangan organik dengan aroma khas

5 Fakta Unik Lavender, Si Bunga Cantik Berwarna UnguBunga Lavender (unaplash.com/nicolepearce)

Pasti ada orang yang menyukai wewangian organik, salah satunya yang terbuat dari bunga lavender. Penggunaan bunga lavender sebagai pengharum rumah sudah sering digunakan sejak abad ke-16, lho.

Selain karena kecanggihan teknologi, bentuk parfum lavender tak hanya berupa bunga hidup, tetapi juga dalam bentuk serum atau ekstrak parfum. Aroma lavender juga dikenal cukup awet saat digunakan di dalam sebuah ruangan.

3. Mengandung zat aromaterapi yang cocok untuk relaksasi

5 Fakta Unik Lavender, Si Bunga Cantik Berwarna UnguBunga Lavender (unsplash.com/m_mendez_ix)

Selain aromanya, lavender juga memiliki karakter menenangkan. Adanya zat anti neurodepresan dalam lavender dapat memberikan efek relaksasi dan membawa ketenangan.

Lavender dapat digunakan tidak hanya untuk relaksasi, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas tidur. Jadi, sangat baik untuk mengatasi insomnia. Ritual relaksasi yang bisa dilakukan di rumah, yaitu dengan mengoleskan minyak esensial sebelum berendam di kamar mandi atau minum teh dari tanaman lavender.

Baca Juga: 5 Minuman Aromatik dengan Tambahan Lavender, Jadi Idola!

4. Sebagai obat medis untuk terapi kesehatan mental

5 Fakta Unik Lavender, Si Bunga Cantik Berwarna UnguBunga Lavender (unsplash.com/antony_bec)

Penggunaan lavender sebagai media dalam aromaterapi telah ada selama ribuan tahun. Orang Cina kuno percaya bahwa lavender mampu menyembuhkan depresi dengan baik. Sebuah penelitian dari Kagoshima University di Jepang menunjukkan bahwa kandungan linalool dalam ekstrak bunga lavender dapat menciptakan perasaan rileks.

Efek ansiolitik linalool dianggap sebagai obat terapeutik untuk kesehatan mental. Biasanya, obat ini sangat cocok untuk mengatasi gangguan kecemasan dan ketakutan akan hal-hal aneh.

5. Baik untuk perawatan kulit dan rambut

5 Fakta Unik Lavender, Si Bunga Cantik Berwarna UnguBunga Lavender (unsplash.com/suhailkapoor)

Selain baik untuk aromaterapi dan bahan kosmetik, masih ada banyak manfaat lain dari lavender. Salah satunya untuk kesehatan rambut. Ternyata campuran bunga lavender dan cuka sari apel ke kulit kepala dapat mencegah ketombe serta menyehatkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa bunga lavender dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit. Dengan demikian, hal ini juga dapat mengurangi iritasi kulit dan menghidrasi kulit kering. Bisa jadi alternatif untuk sebagian orang yang mengalami permasalahan rambut.

Wah, ternyata bunga lavender gak hanya cantik dan wangi, nih. Namun juga memiliki beragam manfaat yang sangat luar biasa dalam kehidupan sehari-hari kita.

Wisnu Ariansyah Photo Verified Writer Wisnu Ariansyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya