Comscore Tracker

Bukan Mitos, 7 Alasan Ilmiah Kenapa Banyak Muka Pasangan Mirip

Dianggap tanda jodoh, bagaimana dengan kamu dan pasanganmu?

Apa kamu pernah bertemu dengan pasangan yang wajahnya mirip? Atau malah kamu sendiri dan pasanganmu? Biasanya, orang mengaitkan kemiripan sepasang kekasih dengan jodoh atau tidaknya mereka. Setuju, tidak?

Ternyata, fenomena ini bukan sekadar mitos belaka, lho! Para ahli telah melakukan penelitian terhadap hal ini. Pasti penasaran, kan? Dilansir berbagai sumber, berikut ini 6 penjelasan ilmiahnya!

1. Pria cenderung mencari perempuan yang mirip dengan ibunya

Bukan Mitos, 7 Alasan Ilmiah Kenapa Banyak Muka Pasangan Miripunsplash.com/Bruno Nascimento

Menurut riset, orang lebih tertarik dengan pasangan yang mirip dengan mereka. Secara tidak sadar, pria cenderung mencari pasangan yang mirip dengan ibunya, karena menganggap ibunya adalah figur wanita yang ideal. Alasan itu yang tanpa sadar memengaruhi mereka dalam memilih pasangan.

2. Semakin bahagia pasangan, semakin terlihat mirip satu sama lain

Bukan Mitos, 7 Alasan Ilmiah Kenapa Banyak Muka Pasangan Miripunsplash.com/Esther Town

Studi seorang psikolog asal Amerika, Robert Zanjonc, menemukan bahwa tingkat kemiripan pasangan suami istri dipengaruhi oleh tingkat kebahagiaan mereka. Semakin bahagia, semakin terlihat mirip. Kerut senyum dan raut wajah akan terbentuk serupa apabila terbiasa tersenyum dan tertawa bersama.

3. Menjadikan dirinya sendiri sebagai patokan dalam memilih pasangan

Bukan Mitos, 7 Alasan Ilmiah Kenapa Banyak Muka Pasangan Miripunsplash.com/Enrico Carcasci

Kecenderungan pria dalam memilih pasangan adalah yang mirip dengan dirinya. Mengenali diri sendiri secara detail, dari segi fisik maupun emosi, membuat mereka mencintai diri sendiri dan menjadikan diri mereka sebagai patokan dalam memilih pasangan. Menurut seorang dosen di University of Stirling, Anthony Little, hal ini disebabkan oleh visual exposure, yang artinya semakin sering kita melihat sesuatu, maka kita akan semakin menyukainya.

Baca Juga: 8 Psikologi Warna Baju untuk Menunjang Kariermu, Jangan Salah Pilih! 

4. Saling berbagi emosi selama bertahun-tahun

Bukan Mitos, 7 Alasan Ilmiah Kenapa Banyak Muka Pasangan Miripunsplash.com/Christian Fregnan

Penelitian yang dilakukan Robert Zajonc, psikolog di University of Michigan, membuktikan bahwa peningkatan kemiripan wajah merupakan hasil dari saling berbagi emosi selama beberapa dekade. Para ahli membuktikan bahwa terbentuknya sel-sel dalam otak dipengaruhi oleh ekspresi atau perasaan yang dialami bersama selama bertahun-tahun. Sel-sel di dalam otak ini yang selanjutnya akan membentuk fisik, perilaku, hingga emosional yang sama.

5. Sistem imun yang terbentuk selama bertahun-tahun

Bukan Mitos, 7 Alasan Ilmiah Kenapa Banyak Muka Pasangan Miripunsplash.com/Aatik Tasneem

Hidup bersama selama bertahun-tahun membuat orang secara tidak sadar saling meniru ekspresi wajah. Mereka menjadi terbiasa dengan apa yang mereka lihat dan menirunya.

Berbagi ekspresi wajah ini dapat mengidentifikasi emosi karena otot-otot wajah memainkan peran dalam mengatur aliran darah ke otak. Pernyataan tersebut dikemukakan juga oleh Robert Zajonc.

6. Kebersamaan membuat saling meniru kebiasaan dan bahasa tubuh pasangan

Bukan Mitos, 7 Alasan Ilmiah Kenapa Banyak Muka Pasangan Miripunsplash.com/Toa Heftiba

Para ahli mengatakan bahwa pengalaman emosional yang dilalui bersama akan secara tidak sadar membentuk guratan-guratan wajah, bahasa tubuh, perilaku, hingga kondisi emosional yang semakin mirip satu sama lain. Berbagi ekspresi selama bertahun-tahun berpengaruh terhadap sel-sel otak.

Itu tadi keenam penjelasan ilmiah tentang hubungan kemiripan wajah dengan jodoh. Meskipun jodoh tetap di tangan Tuhan, tapi sekarang rasa penasaranmu sudah terjawab, kan?

Baca Juga: 9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lain

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya