Comscore Tracker

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lain

Senyum palsu itu gak mempan lho...

Manusia pasti memiliki emosi. Hanya saja, manusia bisa memilih apakah akan mengekspresikannya atau menyimpannya dalam hati. Itu karena emosi yang diluapkan gak hanya berpengaruh pada dirimu sendiri, namun juga orang lain.

Adakalanya, mungkin kamu ingin menutupi atau menyembunyikan emosi negatif, seperti marah, kecewa dan kebencian. Namun, gak semudah itu. Jauh lebih mudah mengungkapkan daripada menutupinya.

Misalnya saja, saat kamu berkendara, tiba-tiba ada yang menyerobot. Wajar kalau kamu marah. Namun, itu hanya akan menarik perhatian orang banyak, bahkan mempertaruhkan keselamatanmu. Lantas, gimana cara terbaik untuk menutupinya? Dilansir dari Paired Life, berikut trik cerdik menutupi ekspresimu di depan orang lain.

1. Tarik nafas dalam-dalam

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lainpixabay.com/alfcermed

Saat kamu menghadapi situasi yang menguras emosi, ambillah waktu beberapa detik untuk menarik napas dalam-dalam. Menarik napas punya manfaat nyata karena memasok oksigen lebih banyak ke dalam tubuh sehingga membuatmu lebih tenang dan mampu berpikir jernih.

2. Jangan menggerakkan alis

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lainlignan.ru

Biasanya, pertama kali emosi akan diekspresikan oleh mata. Namun, sebenarnya bukan benar-benar mata, melainkan alis. Gerakan tertentu pada alis akan memperlihatkan emosimu, baik marah, sedih atau bahagia. Jadi, apa pun emosi yang kamu rasakan, jika kamu gak ingin menunjukkan pada orang lain, jangan gerakkan alismu.

3. Jangan pula memasang senyum palsu

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lainunsplash.com/Miguel Bruna

Senyum adalah bahasa global yang baik. Tersenyum juga bisa memperbaiki suasana hatimu. Namun, ini bukan cara terbaik untuk menyembunyikan emosimu. Itu bisa ditebak dengan mudah oleh lawan bicaramu. Daripada tersenyum, lebih baik tunjukan bibir yang biasa saja.

4. Biarkan wajahmu tetap tenang dan relaks

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lainoukas.info

Wajah menunjukkan ekspresi terbesar dari emosimu. Saat merasakan emosi, usahakan kamu tetap berwajah relaks. Ketimbang mengerutkan kening saat marah, lebih baik menunjukkan wajah yang santai.

Baca Juga: Mengenal Schadenfreude, Perasaan Senang Saat Melihat Orang Lain Celaka

5. Hindari menopang kepala dengan tanganmu

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Laintr.eyeni.biz

Kepalan tangan yang menopang kepala menunjukkan bahwa kamu ada dalam situasi yang muram, sedih atau bahkan stres. Hentikan kebiasaan ini dan pertahankan lehermu agar tetap tegak lurus.

6. Berhenti gelisah dan mondar-mandir

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lainpexels.com/@pixabay

Itu adalah pertanda kamu sedang gelisah atau sangat cemas. Daripada mondar-mandir, lebih baik duduk dan berdoa agar lebih baik.

7. Perhatikan nada bicaramu

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang LainPixabay.com/RyanMcGuire

Emosi juga bisa dilihat dari cara berbicaramu. Perhatikan intonasi, jeda dan nada saat kamu emosi. Saat emosi, pikirkan semua yang akan kamu sampaikan. Jangan sampai kamu berucap atas kehendak emosi yang sedang meluap-luap.

8. Pikirkan hal-hal yang menyenangkan

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lainpixabay.com/Free-Photos

Emosi negatif berpengaruh pada suasana hatimu. Untuk menutupinya atau bahkan menghalaunya dengan cepat, cobalah pikirkan hal-hal yang menyenangkan. Itu cara terbaik untuk membuatmu bisa menghadapi kecemasan atau emosi yang kamu hadapi.

9. Ajak bicara diri sendiri dalam pikiranmu

9 Trik Psikologis Cerdik untuk Menutupi Ekspresimu di Depan Orang Lainunsplash.com/TI NGUYEN

Bersugesti untuk tetap tenang dan gak emosi juga bisa jadi jalan terbaik. Ucapkan hal-hal positif seperti “ayo tenang” agar bisa meredakan suasana yang menegangkan. Meski gak mudah, lama-kelamaan kamu akan terbiasa untuk menghadapi emosimu sendiri.

Itu tadi trik ampuh untuk menutupi ekspresi emosimu di depan orang lain. Meski berat, itu untuk kebaikan kalian semua. Daripada hubungan jadi renggang ‘kan? Namun, kalau kamu mengalami kesulitan untuk mengontrol emosimu, jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya ya.

Baca Juga: 7 Penyebab Manusia Bisa Merinding, Bukan Cuma Kedinginan atau Takut

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya