Comscore Tracker

Siap-siap, Asteroid Terbesar di Tahun 2022 Akan Melewati Bumi Hari Ini

Ukurannya setara dengan dua kali Burj Khalifa

Sejak awal tahun 2022, beberapa asteroid telah teramati melakukan pendekatan terhadap Bumi. Namun, yang akan melewati planet kita hari ini, Jumat, (27/6/2022), adalah asteroid terbesar di tahun 2022.

Berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan oleh pusat penelitian NASA khusus objek dekat Bumi (CNEOS), asteroid yang akan melewati Bumi pada tanggal 27 Mei 2022 bernama 1989 JA. Batu luar angkasa ini diperkirakan memiliki ukuran yang setara dengan dua kali Burj Khalifa.

NASA menginformasikan bahwa ada asteroid ini memiliki potensi membahayakan Bumi jika orbitnya berubah. Ini lantaran 1989 JA memiliki ukuran yang besar dan jaraknya lumayan dekat dengan Bumi.

1. Jaraknya dengan Bumi sekitar 4 juta kilometer

Siap-siap, Asteroid Terbesar di Tahun 2022 Akan Melewati Bumi Hari Iniilustrasi asteroid bergerak mendekati Bumi (pixabay.com/urikyo33)

Dilansir Space, jarak antara asteroid 1989 JA dengan Bumi diperkirakan mencapai 4 juta kilometer. Jarak tersebut setara dengan 10 kali jarak rata-rata Bumi ke Bulan.

Para ilmuwan memprediksi bahwa asteroid terbesar di tahun 2022 ini akan bergerak dengan kecepatan 76 ribu kilometer per jam. Itu artinya, kecepatan 1989 JA ini 20 kali lebih cepat dari peluru yang melaju kencang.

2. Berpotensi membahayakan Bumi jika orbitnya berubah

Siap-siap, Asteroid Terbesar di Tahun 2022 Akan Melewati Bumi Hari Iniilustrasi asteroid (pixabay.com/Rolando Marin)

The Weather Channel melansir bahwa 1989 JA telah diklasifikasikan NASA sebagai asteroid yang berpotensi membahayakan Bumi jika orbitnya berubah. Pasalnya, ia memiliki ukuran yang sangat besar dan jaraknya relatif dekat dengan Bumi.

Menurut NASA, ada hampir 29 ribu asteroid dekat Bumi (yang diketahui), tetapi 1989 JA termasuk ke dalam kelompok elite 878 asteroid yang memiliki diameter setidaknya 1,8 kilometer.

1989 JA mirip dengan asteroid Chelyabinsk yang memasuki atmosfer Bumi pada tahun 2013. Batu luar angkasa tersbut telah menimbulkan malapetaka di enam kota Rusia, memecahkan jendela, merusak bangunan, dan mengakibatkan jaringan seluler kelebihan beban.

Baca Juga: 5 Fakta Asteroid 2020 XL5, Teman Bumi untuk Ribuan Tahun ke Depan

3. Termasuk ke dalam keluarga Apollo

Siap-siap, Asteroid Terbesar di Tahun 2022 Akan Melewati Bumi Hari Inipenampakan 1989 JA yang ditangkap oleh Virtual Telescope saat melintas pada 23 Mei 2022 (twitter.com/VirtualTelescop)

Para ilmuwan memperkirakan bahwa 1989 JA bergerak dengan kecepatan 76 ribu kilometer per jam saat melewati Bumi. Dilansir Mashable, asteroid yang akan melewati Bumi pada 27 Mei 2022 ini termasuk ke dalam keluarga Apollo, yakni asteroid yang berputar mengelilingi Matahari sambil melintasi orbit Bumi secara berkala.

1989 JA merupakan salah satu objek dekat Bumi (NEOs) yang dipantau NASA setiap tahun. NEOs adalah objek astronomi yang melintas dalam jarak 48 juta kilometer dari orbit Bumi. Batu kosmik ini diprediksi tidak akan mendekat lagi hingga 23 Juni 2055.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tabrakan Asteroid ke Bumi, Cukup Mengerikan

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya