Comscore Tracker

Dapatkah Dinosaurus Hidup Kembali? Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya!

Pernahkah kamu membayangkan Jurassic Park dunia nyata?

Siapa yang tak kenal dinosaurus? Ya, hewan purba di Bumi yang telah punah sekitar 65 juta tahun lalu. Saking mengesankannya, dinosaurus kerap kali masuk ke dalam karya-karya populer seperti novel hingga film.

Karangan fiksi tentang dinosaurus yang paling terkenal ialah "Jurassic Park", novel karya Michael Crichton yang telah diproduksi menjadi sebuah film fenomenal di seluruh dunia. Dalam film tersebut, diceritakan bahwa kita bisa menghidupkan kembali dinosaurus melalui DNA-nya yang berada dalam perut nyamuk purba.

Jurassic Park telah memicu para ilmuwan untuk mencari tahu dan membawa eksperimen DNA dinosaurus ke dunia nyata. Lalu, apa hasil yang mereka dapat? Mungkinkah dinosaurus hidup kembali di era sekarang? Kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1. Rekayasa genetika diketahui bisa menghidupkan kembali spesies yang telah punah

Dapatkah Dinosaurus Hidup Kembali? Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya!faceitdna.com

Rekayasa genetika ialah sebuah proses yang bertujuan untuk memodifikasi karakteristik suatu organisme dengan metode manipulasi genetik. Ya, metode ini melibatkan DNA yang berperan sebagai berkas penyimpanan semua informasi genetika.

Dalam Jurassic Park, ilmuwan menggunakan DNA dinosaurus dalam perut nyamuk purba yang terjerat di dalam pohon damar. Struktur DNA tersebut diceritakan masih utuh karena terlindungi oleh getah damar. Kemudian, dilakukan serangkaian rekayasa genetika DNA dinosaurus dengan DNA spesies lain. Alhasil, dinosaurus terlahir kembali setelah 66 juta tahun punah.

Dalam dunia nyata, pernah ada eksperimen rekayasa genetika yang terbukti berhasil menghidupkan kembali hewan yang telah punah. Eksperimen tersebut terjadi pada tahun 2003 terhadap spesies domba gunung yang disebut Celia.

Namun sayangnya, setelah terlahir ke dunia, Celia tak mampu bertahan hidup karena keadaan jantungnya yang gagal terbentuk secara sempurna, seperti yang dilansir New York Post.

Lalu, bagaimana dengan eksperimen DNA dinosaurus dunia nyata? Apakah memiliki potensi berhasil? Kita cari tahu jawabannya pada poin berikutnya, yuk!

2. DNA dinosaurus terlalu tua untuk mempertahankan keutuhan strukturnya

Dapatkah Dinosaurus Hidup Kembali? Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya!express.co.uk

Jikalau kalian bertanya apakah eksperimen menghidupkan kembali dinosaurus seperti di Jurassic Park akan benar-benar ada dalam dunia nyata, jawabannya adalah tidak. Mengapa demikian? Laman Scientific American mengungkap jika struktur DNA dinosaurus terlalu tua untuk ditemukan dalam keadaan utuh.

Struktur DNA dinosaurus tersebut telah terdegradasi atau mengalami kerusakan karena faktor-faktor alam. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti dari Universitas Manchester dalam sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2013.

Tim peneliti mencoba mengekstrasi DNA yang mereka temukan pada serangga purba yang terjerat di pohon damar sekitar 60 hingga 10.600 tahun lalu. Hasilnya berkebalikan dengan apa yang di dapat pada Jurassic Park, getah damar diketahui tidak mampu melindungi struktur DNA purba untuk tetap utuh.

Faktor udara, radiasi sinar UV, dan air dapat mengubah struktur kimia penyusun DNA, seperti yang dijelaskan oleh Beth Saphiro, seorang profesor dari Departemen Ekologi dan Biologi Evolusioner Universitas California dalam laman Live Science.

Jadi, kemungkinan untuk menemukan DNA dinosaurus dengan struktur yang utuh bisa dibilang sangat kecil atau bahkan tidak sama-sekali.

Baca Juga: 5 Spesies Dinosaurus Buas yang Namanya Kurang Dikenal, Apa Saja?

3. Tantangan baru jika eksperimen rekayasa genetika dinosaurus berhasil

Dapatkah Dinosaurus Hidup Kembali? Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya!nytimes.com/Sergey Krasovskiy

Masih dalam laman Live Science, Mary Schweitzer, seorang paleontolog molekuler dari North Carolina State University memberi gambaran singkat jika rekayasa genetika dinosaurus berhasil diwujudkan.

Jika para ilmuwan berhasil mengekstrasi DNA dinosaurus lalu memasukannya ke dalam induk inang, maka ada kemungkinan embrio dinosaurus tersebut tidak akan berkembang dengan baik karena kondisi induk inang dan induk dinosaurus jelas berbeda dalam memenuhi kebutuhan protein dan gen embrio.

Kemudian, faktor iklim juga dapat menghambat pertumbuhan dinosaurus. Seperti yang diketahui, iklim saat ini berbeda dengan iklim 66 juta tahun lalu, yang mana menyisakan tanya, apakah dinosaurus dapat beradaptasi dengan iklim saat ini? Kemungkinan terburuknya dinosaurus tersebut tidak akan bertahan hidup lalu kembali punah.

Belum lagi dalam memenuhi pakan dinosaurus, para ilmuwan harus merekayasa tumbuh-tumbuhan dan protein agar sama seperti yang ada pada zaman 66 juta tahun lalu. Mengapa demikian? Karena enzim perncernaan dinosaurus kemungkinan tidak akan berjalan dengan baik terhadap pakan modern di zaman sekarang.

4. Chickenosaurus sebagai inovasi baru dinosaurus

Dapatkah Dinosaurus Hidup Kembali? Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya!livescience.com/Karl Tate

Dilansir National Geographic, paleontolog Jack Horner yang juga merupakan konsultan film Jurassic Park meyampaikan sebuah gagasan dinosaurus baru, yaitu Chickenosaurus, perpaduan antara ayam dan dinosaurus jenis Velociraptor.

Metode yang diterapkan masih sama, yakni rekayasa genetika dengan melibatkan beberapa spesies hewan yang kemudian akan dikembangkan pada ayam. Nantinya, visualisasi Chickenosaurus ini akan nampak seperti burung dengan ekor panjang, berlengan, dan gigi tajam layaknya buaya.

Mengapa ayam? Karena ayam termasuk ke dalam spesies burung yang mana masih memiliki garis keturunan dinosaurus yang hidup sekitar 150 juta tahun lalu. Bisa dikatakan jika burung adalah presentasi dinosaurus masa kini.

Chickenosaurus juga akan dimodifikasi untuk bisa bertahan dan beradaptasi di lingkungan dan iklim saat ini. Alih-alih menghidupkan kembali dinosaurus purba, akan lebih menarik jika menggantinya dengan penemuan baru Chickenosaurus ini, begitulah kata para paleontolog.

5. Jurassic Park akan tetap menjadi fiksi

Dapatkah Dinosaurus Hidup Kembali? Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya!visittheusa.com

Berdasarkan poin-poin yang sudah dijelaskan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa dinosaurus tidak bisa hidup kembali di era sekarang. Film Jurassic Park hanyalah sebuah fiksi yang akan tetap menjadi fiksi.

Namun, jangan dulu berkecil hati karena proyek Chickenosaurus masih akan terus berlanjut. Kabarnya, Jack Horner dan rekan-rekannya tengah mengerjakan bagian ekor Chickenosaurus yang dinilai paling kompleks dari bagian yang lain.

Sebenarnya, Jurassic Park selalu ada di setiap zaman. Hewan-hewan yang ada di sekeliling kita merupakan hewan evolusi dari zaman Jurassic Park Purba. Itu artinya, saat ini kita sedang hidup dalam Jurassic Park Modern. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu, ya!

Baca Juga: Mudah Ditemukan, 5 Hewan Kerabat Dinosaurus yang Masih Hidup Saat Ini

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya