5 Fakta Asteroid 2022 AA, Bakal Melewati Bumi di Awal Februari Ini

Apakah berbahaya?

Baru-baru ini, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan bahwa akan ada sebuah asteroid yang melewati Bumi di awal Februari 2022. Asteroid tersebut diberi nama 2022 AA atau objek kosmik pertama yang mendekati Bumi di tahun 2022.

Keberadaan asteroid ini dikonfirmasi oleh Minor Planet Center yang berada di bawah naungan Internasional Astronomical Union. Lalu, apakah asteroid ini berbahaya bagi Bumi? Yuk, simak fakta-faktanya di bawah ini!

1. Asteroid pertama yang mendekati Bumi di tahun 2022

5 Fakta Asteroid 2022 AA, Bakal Melewati Bumi di Awal Februari Iniilustrasi asteroid 2022 AA (dok. JPl NASA)

Material luar angkasa ini diberi nama 2022 AA karena merupakan asteroid pertama yang mendekati Bumi di tahun 2022. Berdasarkan informasi dari Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang, objek ekstraterestrial ini ditemukan pada 1 Januari lalu.

Keberadaan asteroid 2022 AA dikonfirmasi oleh Minor Planet Center. Pergerakan batu luar angkasa ini sudah diamati oleh stasiun pengamatan di Amerika Serikat dan Chili sejak awal penemuannya.

2. Bakal berpapasan dengan Bumi pada 4 Februari 2022

5 Fakta Asteroid 2022 AA, Bakal Melewati Bumi di Awal Februari Iniilustrasi asteroid bergerak melewati Bumi (dok. NASA)

Asteroid 2022 AA diperkirakan bakal berpapasan dengan Bumi pada 4 Februari pukul 21.16 UT atau pada 5 Februari pukul 04.16 WIB. Perlu diingat, objek kosmik ini hanya akan melewati Bumi, bukan menabrak. Oleh sebab itu, BRIN mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir akan asteroid ini.