5 Fakta Hiu Elang, Ikan Purba Bersayap dari Laut Kretaseus

Spesies ini hidup di 95 juta tahun yang lalu, lho!

Melihat jauh ke zaman prasejarah, dunia fauna dipenuhi beragam spesies hewan yang unik. Satu di antaranya ialah Hiu Elang atau Aquilolamna milarcae, ikan purba yang diduga hidup pada periode dinosaurus.

Hiu ini memiliki anatomi tubuh yang berbeda dari kebanyakan hiu lainnya, yaitu siripnya sangat lebar menyerupai sayap. Penasaran seperti apa lebih jelasnya? Yuk, simak fakta-fakta berikut ini!

1. Hidup di 95 juta tahun yang lalu

5 Fakta Hiu Elang, Ikan Purba Bersayap dari Laut KretaseusFosil Hiu Elang (dok. CNRS/Wolfgang Stinnesbeck)

Pada tahun 2012, seorang penambang kapur di Vallecillo, Meksiko, tak sengaja menemukan tulang belulang aneh di dalam lapisan batuan yang berusia sekitar 95 juta tahun. Setelah diteliti lebih jauh, tulang belulang ini ternyata adalah fosil hiu purba.

Para paleontolog mengungkap jika hiu purba yang disebut Hiu Elang ini juga hidup pada 95 juta tahun yang lalu. Hasil penelitian tentang fosilnya telah dipublikasi dalam jurnal Science pada tahun 2021.

2. Memiliki sirip yang menyerupai sayap

5 Fakta Hiu Elang, Ikan Purba Bersayap dari Laut KretaseusIlustrasi Hiu Elang (dok. CNRS/Oscar Sanisidro)

Salah satu keunikan hiu purba ini yakni terletak pada lebar tubuhnya yang lebih besar daripada panjangnya. Ya, Hiu Elang mempunyai sirip depan yang sangat lebar menyerupai sayap.

Sebab itu, Hiu Elang kerap kali disamakan dengan spesies ikan pari, tepatnya Pari Manta daripada hiu. Dilansir New Scientist, lebar siripnya mencapai 1,9 meter, sedangkan panjang tubuhnya hanya 1,6 meter.