Comscore Tracker

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahui

Ada cacing panjangnya 3 meter! #IDNTimesScience

Australia adalah benua yang terkenal dengan keanekaragaman fauna yang luar biasa. Banyak jenis hewan endemik maupun non-endemik menakjubkan yang bisa ditemukan di benua terkecil dunia ini. Beberapa di antaranya menjadi hewan khas Australia, misalnya kanguru dan koala.

Tentu, satwa unik yang terdapat di Australia tak hanya kanguru dan koala saja. Masih banyak lagi jenis binatang unik yang bisa kita temui di sana. Beberapa jenis hewan ini ternyata belum banyak diketahui orang, lho.

Penasaran apa saja hewan itu? Dilansir berbagai sumber, yuk, kita simak 10 potret hewan unik Australia yang belum banyak diketahui.

1. Australia punya banyak hewan marsupial selain kanguru dan koala, salah satunya quoll

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret hewan quoll harimau (worldatlas.com)

Ini adalah potret quoll harimau (dasyurus maculatus), spesies quoll terbesar. Ukuran mereka bisa mencapai lebih dari 1 meter dengan berat 7 kg.

Quoll harimau merupakan jenis hewan karnivora. Makanan mereka mencakup mamalia kecil, kadal, burung, dan serangga. Mereka banyak menghabiskan waktunya di dalam liang pada siang hari dan berburu di malam hari.

2. Wombat adalah hewan marsupial yang sangat unik karena penampilan mereka tampak seperti beruang mini

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret hewan wombat (britannica.com)

Wombat terdiri dari 3 spesies. Potret di atas adalah tergolong spesies wombat biasa atau vombatus ursinus. Ukuran mereka bisa mencapai sekitar 1,2 meter dan berat 36 kg.

Mereka menggali liang di tanah untuk tempat tinggal. Itulah mengapa maka kantung induk wombat menghadap ke belakang supaya tidak ada tanah yang masuk ke tubuh mereka saat sedang menggali. Wombat adalah hewan herbivora pemakan rumput, akar, dan kulit kayu.

3. Emu adalah burung terbesar kedua di dunia setelah burung unta

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret emu (australian.museum)

Hewan emu atau dalam bahasa latin bernama dromaius novaehollandiae adalah burung terbesar asli Australia. Burung ini bisa mencapai tinggi hingga 1,8 meter, panjang 1,5 meter, dan berat 54 kg.

Emu masih berkerabat dengan burung unta sehingga dapat ditemukan beberapa ciri yang mirip dari kedua hewan ini. Karakteristik khas emu adalah kemampuan mereka untuk berlari dengan kecepatan hingga 48 km/jam.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Keanekaragaman Satwa di Indonesia, Bikin Takjub! 

4. Ada pula burung kookaburra! Terkenal dengan suaranya yang seperti suara tertawa manusia

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret burung kookaburra (howstuffworks.com)

Burung kookaburra terdiri dari 4 spesies dalam genus dacelo. Mereka adalah karnivora yang memakan serangga, mamalia kecil, kadal, bahkan ular berbisa.

Seperti dilansir Active Wild, meski terkenal sebagai burung asli Australia, ternyata populasi hewan kookaburra juga ditemukan di Papua Nugini.

5. Australia juga punya beberapa spesies biawak, salah satunya bernama perentie

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret hewan perentie (animalia.bio)

Perentie (varanus giganteus) adalah biawak terbesar di Australia. Dengan ukuran mereka yang bisa mencapai 2 meter dan berat 10 kg, membuat spesies kadal ini menjadi spesies terbesar keempat di dunia.

Perentie adalah karnivora pemakan segala, termasuk kanguru, wombat, dan bahkan dingo. Perentie ini termasuk salah satu kategori hewan yang sangat menghindari kontak dengan manusia.

6. Yang satu ini adalah potret katak corroboree, jenis katak beracun endemik Australia yang unik

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret katak corroboree (australiangeographic.com.au)

Katak corroboree terdiri dari dua spesies dalam genus pseudophryne. Mereka adalah jenis katak berbisa yang unik karena mampu menghasilkan racunnya sendiri.

Karakteristik itulah yang membedakan corroboree dengan spesies katak beracun lainnya yang mendapatkan racun melalui serangga yang mereka makan. Warna kulitnya yang cerah menjadi peringatan bagi predator lainnya bahwa corroboree adalah katak beracun yang bisa mematikan.

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

7. Salah satu spesies ikan unik yang terdapat di Australia adalah ikan paru-paru australia

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret ikan paru-paru australia (abc.net.au)

Ikan paru-paru australia atau neoceratodus forsteri adalah salah satu spesies ikan yang memiliki ciri khusus yaitu memiliki paru-paru. Dengan paru-parunya, ikan ini bisa bernapas langsung dari udara.

Kendati demikian jenis ikan ini tetap memiliki insang. Paru-parunya kan ini berfungsi pada saat air di habitatnya kekurangan oksigen.

8. Lobster air tawar raksasa Tazmania adalah spesies lobster yang terkenal dengan ukurannya yang besar

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret lobster air tawar raksasa Tazmania (abc.net.au)

Sesuai namanya, lobster air tawar raksasa Tazmania hidup di Pulau Tazmania, daerah yang berada di sebelah selatan benua Australia. Mereka adalah hewan invertebrata air tawar terbesar di dunia, dengan ukuran hingga 40 cm dan berat 3 kg.

Jenis lobster ini memiliki karakteristik pertumbuhan yang lambat. Lobster Tazmania baru mencapai kedewasaan saat berusia 9 tahun bagi jantan dan 14 tahun bagi betina.

9. Sementara serangga berukuran luar biasa ini adalah serangga batang goliat yang merupakan endemik Australia

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret serangga ranting goliat (inquibox.com)

Serangga batang goliat (eurycnema goliath) betina bisa mencapai ukuran 25 cm. Sedangkan para jantan hewan ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

Meskipun memiliki tubuh yang lebih mungil, para pejantan ini memiliki kemampuan untuk bisa terbang yang tak dimiliki oleh para betina. Dilansir laman Bugsed, jenis serangga ini adalah pemakan daun. Tubuh mereka yang berwarna hijau membantunya untuk berkamuflase dari predator.

10. Pernah lihat cacing sebesar ini? Di Australia kamu bisa menemukan mereka!

Unik, 10 Potret Hewan Australia yang Tak Banyak Diketahuipotret cacing tanah raksasa gippsland (critter.science)

Nama spesiesnya adalah cacing tanah raksasa gippsland atau megascolides australis dalam bahasa Latin. Laman Australian Geographic menyebut bahwa cacing ini bisa tumbuh hingga sepanjang 3 meter, lho!

Saking besarnya, suara mereka saat menggeliat di tanah yang basah bisa terdengar dengan jelas. Para peneliti biasanya mencari cacing dengan jenis ini dengan cara mendengarkan suaranya.

Unik-unik, bukan? Tentu masih banyak lagi spesies hewan di Australia yang mungkin belum kita ketahui eksistensinya. Share ya kalau kamu punya informasi lain mengenai satwa unik yang berasal dari Australia lainnya!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya