Comscore Tracker

5 Fakta Hidung, Organ Pernapasan dan Penciuman yang Luar Biasa

Tebak, pria atau wanita yang lebih sensitif terhadap bau?

Hidung adalah salah satu dari lima alat indera yang dimiliki manusia. Kita menggunakannya setiap hari untuk mencium berbagai aroma di sekeliling kita. Selain itu, fungsi hidung juga tentunya adalah sebagai alat pernapasan kita. Maka jelas bahwa hidung memiliki peran yang sangat vital bagi kita.

Namun ternyata selain penting bagi kehidupan, hidung juga memiliki sejumlah fakta yang menarik untuk dipelajari lho. Yuk kita belajar lebih dalam tentang organ ini dengan membaca 5 fakta berikut.

1. Setiap orang punya persepsi yang berbeda-beda terhadap aroma

5 Fakta Hidung, Organ Pernapasan dan Penciuman yang Luar Biasadailytimes.com

Kamu mungkin pernah mencium aroma parfum temanmu lalu bertanya dalam hati, "Wanginya gak enak, kok dia pake parfum kayak gitu ya?" Eits, jangan buru-buru menyimpulkan bahwa temanmu punya indera penciuman yang buruk. Mungkin menurutmu aroma tersebut tidak enak, tapi bisa jadi temanmu punya pendapat sebaliknya.

Hal itu bisa terjadi karena setiap orang punya persepsi yang berbeda-beda terhadap suatu aroma. Sederhananya, hidung kita punya "selera" tersendiri, persis seperti lidah kita pun tentu memiliki seleranya sendiri soal rasa seperti apa yang enak atau tidak. Jadi, gak perlu heran ya kalau temanmu menyukai bau yang menurutmu tidak enak.

2. Indera penciuman berhubungan erat dengan perasa

5 Fakta Hidung, Organ Pernapasan dan Penciuman yang Luar Biasaobsidiantea.com

Seperi disebutkan tadi, indra penciuman dan perasa yang kita miliki memiliki seleranya masing-masing. Apakah itu berarti kedua indera tersebut berhubungan? Ya! Atau lebih tepatnya, indera perasa kita sangat dipengaruhi oleh indera pencium.

Buktinya, kamu pasti pernah mengalami bahwa ketika hidungmu tersumbat karena pilek, makanan yang kamu makan jadi terasa hambar. Hal itu gak mengherankan karena penelitian menunjukkan bahwa apa yang dirasakan lidah kita 80 persen dipengaruhi oleh apa yang kita cium.

Sebuah makanan bisa terasa sangat lezat karena memiliki aroma yang enak, dan begitu pula sebaliknya. Jadi kalau kamu enggan untuk minum jamu yang pahit, coba minum sambil tutup hidungmu. Kamu akan merasa bahwa rasa pahitnya berkurang drastis!

Baca Juga: 7 Karakter Seseorang Dilihat Berdasarkan Bentuk Hidungnya 

3. Pilek adalah mekanisme pertahanan tubuh

5 Fakta Hidung, Organ Pernapasan dan Penciuman yang Luar Biasard.com

Meski sepele, kamu mungkin setuju bahwa pilek adalah salah satu keadaan yang paling menyebalkan. Hidungmu terus-menerus dipenuhi lendir yang mengganggu dan membuatmu sulit berkonsentrasi melakukan apapun. Tapi sebenarnya, kamu harus bersyukur jika mengalami pilek, karena itu artinya sistem pertahanan tubuhmu bekerja dengan baik.

Ketika tubuh kita terkena flu misalnya, hidung akan memproduksi lebih banyak lendir dari biasanya dengan tujuan untuk membunuh bibit penyakit yang masuk. Begitu pula saat kita berada di udara dingin, produksi lendir akan bertambah sebagai upaya untuk menghangatkan udara yang kita hirup. Nah, jadi ternyata pilek itu ada manfaatnya kan?

4. Indera penciuman wanita lebih sensitif daripada pria

5 Fakta Hidung, Organ Pernapasan dan Penciuman yang Luar Biasababycenter.com

Bro, jangan heran ya kalau pacarmu terkadang sensitif banget sama suatu aroma yang bahkan gak tercium olehmu. Itu memang wajar karena wanita punya indera penciuman yang lebih sensitif daripada pria. Makanya, kalau mau nge-date pastikan badanmu benar-benar sudah wangi ya!

Dan buat kamu yang sudah beristri, harus lebih siap lagi karena pada saat seorang wanita hamil, indera penciumannya bakal lebih sensitif lagi dari biasanya. Pernah dengar cerita tentang pria yang harus mandi sampai 10 kali sehari karena permintaan istrinya yang sedang hamil? Itu bisa terjadi padamu lho. Siap?

5. Daya penciuman kita bisa berkurang

5 Fakta Hidung, Organ Pernapasan dan Penciuman yang Luar Biasaeverydayhealth.com

Daya penciuman bisa meningkat karena kehamilan. Tapi apakah daya penciuman juga bisa berkurang? Tentu. Ada berbagai sebabnya. Secara alami, daya penciuman kita akan berkurang seiring usia kita makin menua. Seorang lansia yang berusia 80 tahun akan kehilangan sekitar 50 persen daya penciumannya.

Selain itu, daya penciuman juga bisa berkurang akibat penyakit Parkinson, Alzheimer, dan diabetes. Bahkan kekurangan mineral zink juga bisa membuat menyebabkan hal itu. Maka pastikan tubuhmu cukup asupan zink yang terdapat dalam daging, kacang-kacangan, susu, dan telur agar daya penciumanmu tidak berkurang.

Itulah 5 fakta seputar hidung yang perlu kamu tahu. Mengingat pentingnya organ ini, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatannya ya!

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Dicoba di Rumah!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya