Comscore Tracker

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Laba-Laba, Monyet Hingga Kura-Kura

Jadi sebenarnya itu binatang apa?

Laba-laba adalah hewan yang pasti dikenal oleh semua orang. Hewan ini memiliki penampilan serta ukuran yang beragam. Namun yang jelas mereka sangat khas dengan delapan kaki serta cara berjalannya yang bisa membuat banyak orang bergidik ngeri.

Karena popularitas serta ciri khasnya, nama laba-laba akhirnya dipakai dalam nama beberapa jenis hewan. Sebabnya beragam, entah karena kemiripan penampilan ataupun faktor lain. Inilah 5 hewan yang mendapatkan sebutan laba-laba dalam namanya.

1. Kepiting laba-laba

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Laba-Laba, Monyet Hingga Kura-Kurapotret kepiting laba-laba jepang yang diawetkan (ourmarinespecies.com)

Salah satu jenis hewan yang penampilannya cukup mirip laba-laba adalah kepiting. Bahkan ada sejenis kepiting yang dinamai kepiting laba-laba, karena memiliki kaki yang panjang sehingga persis laba-laba. Kepiting laba-laba terdiri dari banyak spesies, dan salah satu yang paling terkenal adalah kepiting laba-laba jepang (Macrocheira kaempferi).

Kepiting laba-laba jepang adalah hewan Arthropoda terbesar di dunia. Dilansir Britannica, bentang kaki kepiting ini bisa mencapai 4 meter dari ujung ke ujung. Ada pula spesies kepiting laba-laba yang berukuran jauh lebih kecil, bahkan hanya mencapai lebar 1,25 cm saja.

2. Kumbang laba-laba

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Laba-Laba, Monyet Hingga Kura-Kurakumbang laba-laba (insect.com)

Hewan lain yang penampilannya sangat mirip laba-laba adalah kumbang laba-laba. Kumbang laba-laba terdiri dari sekitar 500 spesies dalam famili Ptinidae atau Anobiidae. Seperti serangga pada umumnya, tentu kumbang ini memiliki enam kaki, bukan delapan. Tapi mereka memiliki sepasang antena yang mirip kaki tambahan sehingga tampak seperti laba-laba.

Selain itu, kumbang ini bertubuh bulat serta tidak memiliki sayap sehingga makin mirip laba-laba. Ukuran mereka kecil, hanya berkisar 1 hingga 5 mm. Berbagai spesies kumbang ini bisa ditemukan di seluruh dunia.

3. Monyet laba-laba

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Laba-Laba, Monyet Hingga Kura-Kuramonyet laba-laba (monkeysanctuary.co.za)

Monyet ternyata juga ada yang mendapat sebutan laba-laba. Monyet laba-laba tergabung dalam genus Ateles yang terdiri dari 7 spesies, tapi ada juga 3 spesies lain yang genusnya berbeda. Seluruh spesies monyet ini hidup di Amerika Selatan dan Tengah.

Monyet laba-laba sangat cekatan dalam memanjat. Mereka memiliki ekor prehensil yang bisa menggenggam dahan sehingga tampak seperti tangan tambahan. Saat sedang bergantung dengan ekornya, monyet ini tampak seperti laba-laba sehingga mendapatkan nama tersebut.

Uniknya, laba-laba juga adalah makanan dari monyet ini. Mereka merupakan omnivor yang makan berbagai jenis tumbuhan serta hewan kecil. Monyet ini juga terkenal berisik, terutama saat terancam. Mereka suka berteriak untuk mengingatkan anggota kelompoknya tentang bahaya.

Baca Juga: 5 Fakta Laba-Laba Unta, Hewan Mirip Laba-Laba dengan Banyak Rumor

4. Ikan laba-laba

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Laba-Laba, Monyet Hingga Kura-Kuraikan laba-laba (fishesofaustralia.net.au)

Bahkan ikan yang mendapat sebutan laba-laba pun ada. Ikan laba-laba adalah jenis ikan penghuni laut dalam. Menurut Australian Museum, mereka terdiri dari 33 spesies dalam 5 genus. Ikan ini hidup di dekat permukaan air saat masih kecil, lalu menyelam ke kedalaman 1.000 hingga 6.000 meter saat dewasa.

Ikan ini mendapat sebutan laba-laba karena mereka memiliki dua sirip panjang yang tampak seperti kaki. Siripnya itu juga bisa digunakan untuk "berdiri" di dasar laut sambil disangga ekornya, sehingga mereka juga mendapat sebutan ikan tripod. Ikan laba-laba bisa tumbuh hingga sepanjang 45 cm.

5. Kura-kura laba-laba

5 Hewan yang Mendapat Sebutan Laba-Laba, Monyet Hingga Kura-Kurakura-kura laba-laba (si.edu)

Terakhir, ada kura-kura laba-laba, yang sebenarnya tidak memiliki penampilan mirip laba-laba. Namun mereka memiliki tempurung yang coraknya seperti sarang laba-laba, sehingga mereka mendapat nama tersebut.

Kura-kura ini terdiri dari dua spesies, yaitu kura-kura laba-laba (Pyxis arachnoides) dan kura-kura laba-laba berpunggung datar (Pyxis planicauda). Keduanya merupakan hewan endemik Madagaskar. Mereka bisa melakukan estivasi alias tidur panjang saat musim kemarau. Ukuran kura-kura ini cukup kecil, yaitu hanya mencapai 17 cm saja.

Lima hewan di atas mendapat sebutan laba-laba karena alasan yang beragam. Menurutmu, yang mana yang paling unik dari antara mereka?

Baca Juga: 10 Jenis Laba-laba dengan Corak Paling Cantik dan Unik

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya