Comscore Tracker

6 Burung dengan Tingkah Laku Terunik, Ada yang Suka Main Drum!

Tingkah laku mereka sama sekali gak biasa

Burung adalah salah satu jenis hewan yang paling menarik untuk dipelajari. Alasannya adalah karena ada begitu banyak jenis burung yang tidak hanya beraneka ragam dalam hal penampilan, tapi juga dalam hal tingkah laku.

Jika selama ini kamu mengira bahwa tingkah laku burung hanya sebatas menetas, diberi makan, tumbuh dewasa, lalu kawin dan bertelur, kamu mungkin akan terkejut mengetahui 6 burung dengan tingkah laku super unik berikut. Ini dia ulasannya.

1. Burung cuckoo adalah orang tua terburuk

6 Burung dengan Tingkah Laku Terunik, Ada yang Suka Main Drum!natureplprints.com

Induk burung cuckoo (Cuculus canorus) rasanya pantas dinobatkan sebagai orang tua paling malas sekaligus licik di dunia. Kenapa? Ketika bertelur, induk burung cuckoo tidak bertelur di sarangnya sendiri, tapi di sarang burung lain. Setelah itu si induk pun pergi dan menyerahkan tugas mengasuh anaknya kepada burung lain tersebut. Duh, kurang ajar!

Seringkali, sambil menyelundupkan telurnya, si induk burung cuckoo pun akan menyingkirkan telur burung lain yang sudah ada di situ. National Geographic melaporkan bahwa ada sekitar 100 spesies burung yang pernah diamati menjadi korban kelicikan induk burung cuckoo.

Terkadang, ada induk burung yang cukup pintar untuk tidak mau menjadi korban. Mengetahui telur yang ada di sarangnya bukan miliknya, ia langsung menyingkirkan telur itu. Tapi yang lebih sering terjadi adalah si burung bahkan tidak sadar bahwa dirinya sedang merawat anak burung yang sama sekali bukan anaknya, seperti tampak pada foto di atas.

2. Bangau putih Eropa adalah anak durhaka

6 Burung dengan Tingkah Laku Terunik, Ada yang Suka Main Drum!flickr.com

Kalau burung cuckoo disebut orang tua terburuk, maka burung bangau putih Eropa (Ciconia ciconia) agaknya pantas disebut sebagai anak durhaka. Laman Science Direct menyebut bahwa sekitar 40 persen anak bangau putih akan 'kabur' dari sarang induknya dan pergi ke sarang bangau lain.

Apa tujuannya? Pengamatan menunjukkan bahwa perpindahan sarang biasanya dipicu oleh pemberian makanan oleh induk yang dirasa kurang. Karena tidak puas, si anak bangau pun pingah ke sarang lain dengan harapan mendapat lebih banyak makanan. Hmm, menurutmu wajar atau gak tahu berterima kasih?

3. Rangkong betina mengurung diri di sarang

6 Burung dengan Tingkah Laku Terunik, Ada yang Suka Main Drum!listverse.com

Burung rangkong punya kebiasaan yang unik dalam mengasuh anak. Jika biasanya yang mengasuh anak adalah burung betina, pada rangkong justru si jantan lah yang mengemban tugas itu. Mengasuh anak, sekaligus mengasuh si betina yang tidak bisa mencari makan. Lho kok?

Ya, sebelum bertelur, rangkong betina akan masuk ke dalam sarangnya yang berupa rongga pohon dan menutup jalan masuk dengan kotoran, kayu, daun, dan berbagai bahan lain. Hanya menyisakan lubang kecil, si betina dan anak-anaknya yang menetas kemudian tentu harus bergantung sepenuhnya pada si jantan untuk mendapat makan.

Selama di dalam, si betina akan merontokkan bulunya. Setelah beberapa bulan, bulunya akan tumbuh kembali dan ia pun keluar dari sarang. Anak-anaknya biasanya belum tumbuh sempurna saat itu, jadi mereka kembali menutup jalan masuk dan baru keluar setelah besar. Tingkah unik itu sendiri dilakukan untuk sebagai bentuk perlindungan terhadap anak-anaknya.

Baca Juga: Lama Tak Terlihat, Ternyata 7 Burung Laut Ini Sudah Punah

4. Kakatua raja adalah punk rocker di dunia binatang

https://www.youtube.com/embed/2MIoXh_ORMw

Siapa bilang hanya manusia yang bisa jadi punk rocker? Kakatua raja (Probosciger aterrimus) juga bisa. Gak percaya? Lihat saja jambulnya yang tegak ke atas persis anak punk serta kebiasaannya 'bermain drum' seperti pada video di atas.

Laman Sci-News menyebut bahwa kakatua raja jantan melakukan pertunjukkan drum solo itu untuk menarik perhatian si betina. Mereka membuat stiknya sendiri dan bermain dengan cara memukul-mukul batang pohon dengan stiknya itu. Bahkan layaknya manusia, masing-masing kakatua raja punya gaya bermain dan tempo kesukaannya sendiri lho!

5. Burung wren rumah adalah burung paling rusuh di dunia

6 Burung dengan Tingkah Laku Terunik, Ada yang Suka Main Drum!birdscolombia.com

Jika saja burung wren rumah (Troglodytes aedon) menjelma menjadi manusia, dijamin kamu gak akan sudi bertetangga dengan mereka. Burung ini pantas disebut sebagai burung paling rusuh di dunia karena suka menghancurkan sarang burung lain, bahkan yang berbeda spesies. Waduh!

Laman Sialis menyebut bahwa burung wren adalah burung yang sangat teritorial. Maka mereka gak segan untuk menghancurkan sarang burung lain yang ada di wilayahnya. Bahkan mereka juga sering menghancurkan telur dan membunuh bayi-bayi burung di dalam sarang! Kebiasaan itu sendiri merupakan cara mereka mengurangi pesaing dalam mencari makan.

6. Walet hidup di udara

6 Burung dengan Tingkah Laku Terunik, Ada yang Suka Main Drum!hbw.com

Kamu tentu tahu bahwa gak ada hewan yang benar-benar hidup di udara, karena hewan yang terbang pun pasti akan mendarat untuk makan, beristirahat, dan melakukan hal lain. Tapi ternyata hal itu gak berlaku untuk burung walet.

Yap, National Geographic menyebut bahwa walet bisa dibilang hidup di udara. Penelitian ilmuwan mengungkap fakta bahwa burung walet bisa terbang di udara tanpa pernah sekalipun mendarat selama 10 bulan lamanya! Praktis, mereka melakukan segalanya di udara, mulai dari makan, tidur, bahkan kawin. Luar biasa ya!

Itulah 6 tingkah laku unik yang dimiliki oleh berbagai spesies burung. Terbukti kan kalau burung adalah hewan yang sangat menarik dan menakjubkan?

Baca Juga: Hewan Menawan Bersuara Merdu, Ini 4 Fakta Unik Burung Kenari yang Lucu

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You