Comscore Tracker

6 Fakta Ngengat, Hewan Mirip Kupu-Kupu yang Jago Menyamar

Ternyata, mereka berguna bagi manusia lho

Apakah kamu tahu ngengat? Kamu mungkin mengenal mereka sebagai serangga bersayap yang mirip kupu-kupu. Meski kalah terkenal dibanding kupu-kupu, ngengat hidup di sekitar kita dan punya banyak kegunaan bagi manusia. Oleh karena itu kita perlu belajar beberapa hal tentang mereka seperti misalnya 6 fakta berikut ini.

1. Apa bedanya ngengat dan kupu-kupu?

6 Fakta Ngengat, Hewan Mirip Kupu-Kupu yang Jago Menyamarrd.com

Sekilas, ngengat dan kupu-kupu punya penampilan yang sangat mirip. Kedua jenis hewan ini memang berasal dari ordo yang sama, yaitu Lepidoptera, makanya mereka punya banyak kesamaan. Tapi ada beberapa hal yang jadi perbedaan mereka.

Misalnya, kupu-kupu biasanya aktif pada siang hari, sedangkan ngengat pada malam hari. Pada saat hinggap, kupu-kupu biasanya merapatkan sayap mereka. Sedangkan ngengat hinggap dengan sayap terbuka, sehingga corak dari sayapnya terlihat jelas. Selain itu, kupu-kupu biasanya memiliki antena yang tipis, sedangkan antena ngengat umumnya lebih tebal.

2. Spesies ngengat jauh lebih banyak dari kupu-kupu

6 Fakta Ngengat, Hewan Mirip Kupu-Kupu yang Jago Menyamarmnn.com

Kupu-kupu biasanya lebih terkenal karena punya beragam corak sayap yang indah berwarna-warni. Sedangkan sayap ngengat yang biasanya berwarna kecokelatan membuatnya kurang populer. Tapi sebenarnya jumlah ngengat di dunia ini jauh lebih banyak daripada kupu-kupu lho.

Diperkirakan ada lebih dari 160 ribu spesies ngengat di duni, alias sekitar 10 kali lipat jumlah spesies kupu-kupu. Spesies ngengat pun memiliki ukuran yang sangat beragam. Yang terkecil adalah spesies Stigmella maya, yang lebar sayapnya hanya 1,2 milimeter. Sedangkan yang terbesar adalah ngengat atlas alias Attacus atlas, dengan lebar sayap mencapai 30 cm.

3. Penyamar ulung

6 Fakta Ngengat, Hewan Mirip Kupu-Kupu yang Jago Menyamarblog.nwf.org

Ngengat adalah penyamar ulung. Mereka jadi incaran dari berbagai macam predator, maka mereka perlu kemampuan menyamar untuk menyelamatkan diri. Beberapa spesies ngengat memiliki penampilan mirip tawon, tarantula, dan belalang sembah. Ada pula ngengat yang sayapnya mirip batang pohon dan bahkan ada yang seperti kotoran burung!

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Ngengat Rambut Kuning, Diberi Nama 'Donaltrumpi'

4. Memiliki penciuman yang luar biasa

6 Fakta Ngengat, Hewan Mirip Kupu-Kupu yang Jago Menyamarbirdsoutsidemywindow.org

Tak hanya penyamar ulung, ngengat juga adalah pencium yang luar biasa. Ngengat memang gak punya hidung, tapi mereka bisa mendeteksi senyawa kimia dengan antena mereka. Ngengat sutra raksasa jantan misalnya, bisa mendeteksi bau yang dikeluarkan oleh sang betina dari jarak yang luar biasa jauh yaitu 11 kilometer!

5. Beberapa spesies ngengat tidak punya mulut

6 Fakta Ngengat, Hewan Mirip Kupu-Kupu yang Jago Menyamarinfinitespider.com

Contohnya adalah ngengat bulan yang keluar dari kepompongnya tanpa memiliki mulut. Artinya tentu mereka gak bisa makan atau minum setelah menjadi ngengat dan hanya bertahan hidup dengan mengandalkan cadangan energi yang mereka dapat sewaktu menjadi ulat.

Namun itu bukan masalah bagi mereka karena ngengat bulan hanya punya satu tujuan setelah keluar dari kepompong yaitu kawin. Mereka punya masa hidup sekitar 7 hari setelah keluar dari kepompong dan selama masa tersebut mereka harus mencari pasangan dan menghasilkan telur. Setelah tugasnya itu selesai, mereka pun akan mati.

6. Punya banyak manfaat bagi manusia dan lingkungan

6 Fakta Ngengat, Hewan Mirip Kupu-Kupu yang Jago Menyamarnataliecanning.co.uk

Ngengat memegang peran penting dalam kelangsungan ekosistem di sekitar kita. Jumlah mereka yang sangat banyak membuat keberadaan mereka penting bagi hewan pemakan serangga seperti kelelawar dan kadal. Dan dalam bentuk ulat pun mereka menjadi sumber nutrisi yang penting bagi burung.

Selain itu, ngengat juga berperan penting untuk melakukan penyerbukan tanaman sehingga dengan demikian bermanfaat juga bagi manusia yang memanen hasil tanaman tumbuhan tersebut. Di beberapa kebudayaan, larva ngengat bahkan dijadikan makanan yang sehat karena kaya protein, lemak, dan berbagai mineral.

Namun salah satu manfaat ngengat yang paling istimewa mungkin adalah serat sutra yang mereka hasilkan. Ngengat Bombyx mori adalah contoh yang terkenal. Serat sutra berasal dari kepompong ngengat akan diproses menjadi benang dan kain yang berharga mahal karena kehalusan dan warnanya yang berkilau.

Itulah 6 fakta seputar ngengat yang perlu kamu ketahui. Jadi walaupun gak sepopuler kupu-kupu, ngengat ternyata cukup unik dan punya banyak manfaat ya!

 

Baca Juga: 10 Fakta Unik Soal Kupu-Kupu yang Belum Pernah Kamu Tahu

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You