Comscore Tracker

Mengejutkan! Selain Sidik Jari, 5 Bagian Tubuh Kita Ini Ternyata Unik

Setiap orang itu unik, termasuk kamu...

Setiap orang itu unik. Kamu tentu tahu hal itu. Kalau kamu merasa dirimu tidak istimewa, coba lihat sidik jari pada tanganmu dan sadari bahwa kamulah satu-satunya orang di dunia ini yang punya sidik jari seperti itu. Tidak ada satu orang pun yang punya sidik jari yang sama denganmu, sekalipun saudara kembarmu.

Selain sidik jari, kamu mungkin juga tahu bahwa retina mata setiap orang itu unik. Itulah kenapa beberapa tempat yang penting menyertakan alat pendeteksi retina sebagai bagian dari sistem keamanannya. Namun, apakah hanya sidik jari dan mata saja?

Ternyata tidak. Tubuh manusia benar-benar unik, buktinya masih ada lima  bagian lain dari tubuh kita yang unik dan tidak mungkin sama dengan orang lain. Apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Bibir

Mengejutkan! Selain Sidik Jari, 5 Bagian Tubuh Kita Ini Ternyata Unikunsplash/Jakub Gorajek

Tahukah kamu bahwa ada bidang studi khusus yang mempelajari tentang bentuk dan alur bibir manusia? Bidang studi itu disebut cheiloscopy. Studi tersebut mengungkapkan bahwa setiap manusia ternyata memiliki bentuk dan alur yang unik.

Dilansir dari The Guardian, penelitian ilmuwan dari University of Tokyo terhadap 1.364 bibir orang menemukan bahwa susunan garis dan alur pada bagian merah bibir manusia berbeda satu sama lain; tidak ada yang sama persis. Itu membuktikan bahwa bibir setiap orang memang unik.

2. Lidah

Mengejutkan! Selain Sidik Jari, 5 Bagian Tubuh Kita Ini Ternyata Unikunsplash/Nathan Hanna

Selain bibir, lidah kita juga ternyata sangat unik. Laman Science ABC menyebut bahwa lidah kita unik dalam dua aspek. Pertama, bentuk lidah setiap orang berbeda-beda. Ada yang pendek, ada yang panjang. Meskipun kelihatan mirip, sebenarnya pasti ada perbedaan.

Kedua adalah tekstur lidah. Lidah setiap orang memiliki bintil, kerut, dan alur yang tidak sama. Bukan mustahil bahwa di masa depan lidah akan jadi salah satu tanda pengenal yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi seseorang, selain sidik jari.

Baca Juga: Efektif Banget! 6 Permainan Sederhana Ini Membantu Kamu Mengasah Otak

3. Telinga

Mengejutkan! Selain Sidik Jari, 5 Bagian Tubuh Kita Ini Ternyata Unikunsplash/Samuel Dixon

Telinga kita mungkin tampaknya gak unik sama sekali, tapi kenyataan menunjukkan sebaliknya. Laman Wired melaporkan bahwa menganalisis bentuk telinga bisa jadi cara terbaik mengidentifikasi seseorang, bahkan mungkin lebih baik daripada melihat sidik jarinya.

Sidik jari bisa terhapus dan kadang tidak terlalu jelas terlihat. Sementara, bentuk telinga setiap orang unik dan tidak mungkin berubah.

Para peneliti pun menguji coba alat pendeteksi bentuk telinga dan mendapatkan tingkat akurasi 99,6 persen dalam mengidentifikasi seseorang. Mungkin di masa depan alat semacam itu bakal lebih banyak digunakan, ya.

4. Gigi

Mengejutkan! Selain Sidik Jari, 5 Bagian Tubuh Kita Ini Ternyata Unikpexels/rawpixel

Kalau yang satu ini mungkin kamu sudah tahu. Ya, bentuk dan susunan gigi setiap orang memang berbeda dan unik. Itulah kenapa rekaman susunan gigi seseorang yang diambil oleh dokter gigi bisa dipakai untuk mengidentifikasi seseorang.

Hal itu sering diterapkan dalam mengidentifikasi mayat seseorang yang sulit dikenali. Gigi adalah bagian paling keras dari tubuh kita. Jadi gigi tidak mudah hancur dan dapat dicocokkan dengan rekam gigi yang sudah dibuat sebelumnya. Sebenarnya, membuat catatan rekam gigi ke dokter gigi itu penting, loh. Sudahkah kamu melakukannya?

5. Cara berjalan

Mengejutkan! Selain Sidik Jari, 5 Bagian Tubuh Kita Ini Ternyata Unikpexels/EVG photos

Jika dikembangkan dengan tingkat akurasi yang mumpuni, teknik yang luar biasa ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi seseorang. Laman ABC News melaporkan hasil analisis dari tim peneliti Massachusetts Institute of Technology dan Carnegie Mellon University tentang keunikan cara berjalan setiap orang.

Pada saat berjalan, bagian tubuh kita yang bergerak bukan hanya kaki, tapi juga lengan, siku, pinggang, dan seterusnya. Ternyata, kombinasi gerakan seluruh bagian tubuh tersebut unik pada setiap orang. Tim tersebut membuat suatu program yang bisa menganalisis keunikan itu dan memakainya untuk mengidentifikasi orang yang berjalan.

Hasilnya cukup menjanjikan karena mereka berhasil mencapai tingkat akurasi 90-95 persen. Jika akurasinya bisa ditingkatkan, program tersebut berpotensi digunakan untuk mengidentifikasi seseorang hanya dari rekaman video orang tersebut berjalan. Aplikasinya pun bisa digunakan untuk memecahkan kasus kejahatan.

Namun, tetap ada kendala dari hal itu. Akan sulit untuk melakukan analisis terhadap seseorang yang berjalan di kegelapan atau jika orang tersebut memakai pakaian tebal yang menyamarkan gerakannya. Namun, bukan mustahil suatu saat akan ditemukan cara yang lebih efektif untuk mengidentifikasi seseorang berdasarkan cara berjalannya.

Itulah lima bagian tubuh kita yang ternyata sangat unik dan bisa dipakai untuk mengidentifikasi setiap orang. Jadi, jangan pernah merasa bahwa dirimu tidak istimewa, ya, karena artikel ini telah membuktikan bahwa tidak ada orang yang persis sama denganmu di dunia ini.

Baca Juga: Menurut Sains, 9 Bias Kognitif Ini Sering Terjadi Pada Otak Manusia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You