Comscore Tracker

6 Dinosaurus dengan Bentuk Kepala yang Unik, Ada yang Berjambul

Bentuk kepala mereka yang unik memiliki fungsi tersendiri

Dinosaurus adalah hewan yang selalu menyenangkan untuk dipelajari. Mereka khususnya sangat mengagumkan karena memiliki ukuran raksasa. Selain itu, banyak dinosaurus juga memiliki penampilan unik dan khas yang tidak bisa ditemui pada hewan yang hidup saat ini.

Contohnya adalah enam dinosaurus berikut ini, yang memiliki ciri khas berupa bentuk kepala yang sangat unik. Seperti apa bentuknya, dan kenapa bentuk kepala mereka seperti itu? Ini dia ulasannya.

1. Parasaurolophus 

6 Dinosaurus dengan Bentuk Kepala yang Unik, Ada yang Berjambulfrontier.co.uk

Pertama ada Parasaurolophus, dinosaurus herbivor yang ikonik karena kepalanya memiliki semacam tulang yang berbentuk jambul memanjang ke belakang. Menurut laman Enchanted Learning, tulang jambulnya itu berongga dan panjangnya mencapai 1,8 meter, alias lebih panjang dari tengkorak mereka sendiri.

Fungsi dari jambul itu diperkirakan untuk menghasilkan suara berfrekuensi rendah, memperkuat indra penciuman, serta digunakan untuk menarik perhatian lawan jenis. Parasaurolophus sendiri berukuran panjang hingga 12 meter, tinggi 2 meter hingga ke pinggang, dan berat 2 ton.

2. Pachycephalosaurus 

6 Dinosaurus dengan Bentuk Kepala yang Unik, Ada yang Berjambulreddit.com

Sementara Pachycephalosaurus terkenal sebagai dinosaurus dengan tempurung kepala yang super keras. Tempurung kepala mereka berbentuk seperti kubah dan terbuat dari tulang solid yang sangat kuat, melindungi otak mereka yang kecil. Selain itu, Pachycephalosaurus juga memiliki duri-duri kecil yang tumbuh pada moncongnya.

Apa fungsi kepala mereka yang super keras itu? Britannica menyebut bahwa dugaan awal adalah mereka menggunakannya untuk saling beradu kepala dengan sesama spesiesnya. Tapi penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa kemungkinan fungsi kepalanya itu adalah sebagai penunjuk spesies atau untuk pertunjukan.

Baca Juga: 5 Dinosaurus Kerabat Tyrannosaurus Rex, Gak Kalah Mengerikan!

3. Triceratops 

6 Dinosaurus dengan Bentuk Kepala yang Unik, Ada yang Berjambulthedickinsonpress.com

Berbicara tentang dinosaurus berkepala unik tentu tak luput dari membicarakan Triceratops. Dinosaurus ini sangat populer dengan tiga tanduk yang dimilikinya. Bahkan nama Triceratops sendiri dalam bahasa Yunani berarti 'wajah bertanduk tiga'. Selain tiga tanduknya, kepala mereka juga khas dengan jumbai lebar serta mulut yang berbentuk seperti paruh burung.

Fungsi tiga tanduk yang mereka miliki adalah untuk saling bertarung satu sama lain serta mempertahankan diri dari predator. Sementara jumbai lebar pada wajahnya diperkirakan berfungsi untuk membantu mereka memilih pasangan. National Geographic menyebut bahwa tengkorak Triceratops bisa mencapai ukuran 3 meter! Besar banget ya!

4. Ankilosaurus 

6 Dinosaurus dengan Bentuk Kepala yang Unik, Ada yang Berjambuljurassicworld-evolution.fandom.com

Dinosaurus yang satu ini juga punya fitur pertahanan diri yang sangat kuat, yaitu tulang-tulang berbentuk bonggol yang menutupi punggungnya serta sebongkah besar tulang padat pada ujung ekornya. Selain itu, Ankilosaurus juga memiliki kepala yang unik, berbentuk kotak yang datar dan lebar.

Bisa dibilang, seluruh tubuh Ankilosaurus dirancang khusus untuk pertahanan. Selain karena lapisan armornya yang tebal, dinosaurus ini sendiri sudah sangat sulit dilumpuhkan karena ukurannya yang besar, dengan panjang mencapai 10 meter dan berat hingga 4 ton. Bayangkan gimana kerasnya upaya yang harus dikerahkan dinosaurus predator untuk memangsa mereka!

5. Carnotaurus 

6 Dinosaurus dengan Bentuk Kepala yang Unik, Ada yang Berjambuljurassic-pedia.com

Sekilas, penampilan Carnotaurus gak jauh beda dengan dinosaurus Therapoda lainnya seperti Tyrannosaurus rex atau Allosaurus. Tapi kalau kamu perhatikan, Carnotaurus memiliki ciri unik pada kepalanya yaitu dua tanduk kecil yang mencuat di dekat matanya. Mereka adalah satu-satunya dinosaurus Therapoda yang memiliki ciri tersebut.

Apa fungsi tanduknya itu? Laman BBC Earth menyebut bahwa Carnotaurus jantan mungkin menggunakan tanduknya itu untuk saling bertarung memperebutkan wilayah maupun pasangan. Secara ukuran, Carnotaurus tidak sebesar T-rex, tapi mereka punya keunggulan pada bentuk tengkoraknya yang memungkinkan mereka menggigit dengan kecepatan lebih tinggi dibanding T-rex.

6. Oviraptor 

6 Dinosaurus dengan Bentuk Kepala yang Unik, Ada yang Berjambulthoughtco.com

Terakhir, ada Oviraptor, dinosaurus yang terkenal sebagai pemakan telur. Mereka termasuk keluarga raptor seperti Velociraptor, tapi penampilannya jauh berbeda. Bukannya memiliki gigi-gigi tajam, Oviraptor malah memiliki mulut berbentuk seperti paruh burung tanpa gigi.

Selain itu, kepala Oviraptor juga dihiasi semacam jambul yang kemungkinan digunakan dalam ritual kawin. Dinosaurus ini berukuran cukup kecil, dengan panjang hanya sekitar 1,5 meter dan berat 45 kg. Diperkirakan, Oviraptor memiliki penampilan yang cukup mirip burung, termasuk memiliki bulu sebagai penutup tubuhnya.

Itulah enam contoh dinosaurus yang memiliki bentuk kepala unik dan khas. Kalau menurutmu, yang mana yang penampilannya paling luar biasa?

Baca Juga: 5 Jenis Hewan Purba yang Sering Dikira Dinosaurus, padahal Bukan 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya