Comscore Tracker

Selain Velociraptor, Ini 5 Dinosaurus Raptor yang Perlu Kamu Tahu

Lebih seram mana sama Velociraptor?

Kalau kamu diminta menyebutkan nama-nama dinosaurus yang kamu tahu, apa jawabanmu? Selain T-rex, kemungkinan besar kamu akan menyebut nama Velociraptor, dinosaurus ganas nan cerdik yang namanya mendunia berkat franchise film Jurassic Park dan Jurassic World. Velociraptor populer sebagai dinosaurus yang mengerikan sekaligus mengagumkan!

Tapi tahukah kamu bahwa dinosaurus berjenis raptor bukan hanya Velociraptor saja? Raptor sendiri adalah sebutan umum untuk dinosaurus dari familiki Dromaeosauridae, yang dalam bahasa yunani punya arti harfiah "kadal pelari". Maka salah satu ciri utama raptor tentu adalah kelincahannya dalam berlari.

Apa saja jenis dinosaurus yang termasuk raptor? Yuk berkenalan dengan lima di antaranya melalui deretan fakta berikut ini.

1. Oviraptor

Selain Velociraptor, Ini 5 Dinosaurus Raptor yang Perlu Kamu Tahumentalfloss.com

Nama Oviraptor secara harfiah berarti pencuri telur. Laman Thought Co menyebut bahwa nama itu diberikan karena pada saat pertama kali ditemukan, fosil Oviraptor berada di atas fosil tumpukan telur dinosaurus. Para ilmuwan mengira itu adalah telur dinosaurus lain, sehingga mereka pun memberikan nama Oviraptor si pencuri telur pada dinosaurus ini.

Namun beberapa dekade kemudian, ditemukan bukti yang menguatkan dugaan bahwa kumpulan telur tersebut bisa jadi adalah telur Oviraptor sendiri. Artinya, Oviraptor bukanlah pencuri telur, tapi justru orang tua yang baik. Mereka mengerami telurnya hingga menetas, persis seperti yang dilakukan banyak spesies burung.

Dan menurut perkiraan ilmuwan, penampilan oviraptor pun memang seperti burung. Mereka memiliki bulu, dan tidak bergigi tetapi punya paruh. Ukuran mereka mencapai panjang 2,4 meter dan berat 35 kg. Mereka lebih besar dari Velociraptor, yang meski digambarkan bertubuh cukup besar di film, sebenarnya hanya seukuran ayam besar!

2. Utahraptor

Selain Velociraptor, Ini 5 Dinosaurus Raptor yang Perlu Kamu Tahuthoughtco.com

Raptor yang satu ini mendapatkan namanya dari tempat fosilnya ditemukan, yaitu di Utah, Amerika Serikat. Dengan panjang lebih dari 7 meter dan berat hampir 1 ton, Utahraptor adalah raptor terbesar sekaligus paling berbahaya yang pernah hidup di bumi!

Namun meski berukuran lebih besar dari raptor lain, ilmuwan memperkirakan bahwa Utahraptor pun hampir pasti memiliki bulu menutupi tubuhnya. Mereka pun hampir dipastikan berdarah panas, atau setidaknya punya metabolisme khusus yang tidak seperti makhluk berdarah dingin lainnya.

Baca Juga: 7 Fakta Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup!

3. Mikroraptor

Selain Velociraptor, Ini 5 Dinosaurus Raptor yang Perlu Kamu Tahudinoanimals.pl

Ada raptor terbesar, tentu ada pula raptor terkecil. Mikroraptor disebut oleh Britannica hanya berukuran sebesar burung gagak. Penampilan mereka pun diperkirakan paling mirip burung di antara semua dinosaurus. Namun sebenarnya masih ada perdebatan apakah Mikroraptor memang termasuk kelompok raptor atau Troodontidae, yaitu kelompok dinosaurus burung yang mirip Theropoda.

4. Bambiraptor

Selain Velociraptor, Ini 5 Dinosaurus Raptor yang Perlu Kamu Tahunewdinosaurs.com

Nama raptor yang satu ini sangat unik, dan asal usulnya pun unik. Para ilmuwan menyebutnya bambiraptor, yaitu gabungan dari raptor dengan Bambi, tokoh rusa kecil di film animasi Disney. Nama tersebut diberikan karena umur fosilnya masih tergolong muda.

Laman New Dinosaurs menyebut bahwa ukuran panjang Bambiraptor diperkirakan sekitar 1 meter dan berat 2 kg. Sebagai karnivora, mereka makan serangga, telur, dan mungkin reptil serta mamalia kecil. Seperti raptor lainnya, mereka juga mungkin punya bulu seperti burung.

5. Linheraptor

Selain Velociraptor, Ini 5 Dinosaurus Raptor yang Perlu Kamu Tahualchetron.com

Fosil raptor yang satu ini ditemukan di Gurun Gobi, Cina. Panjang mereka sekitar 1,8 meter, dan bobotnya 20 kg, seperti dilansir dari laman Dinochecker. Memiliki penampilan seperti Velociraptor, dinosaurus ini juga diperkirkan memiliki kebiasaan dan cara berburu yang sama dengan kerabatnya tersebut.

Itulah lima dinosaurus jenis raptor selain Velociraptor. Kalau menurut kamu, yang mana yang tampak paling mengerikan?

Baca Juga: 8 Mitos Dinosaurus Ini Ternyata Tidak Benar, Tak Sesuai Kisah Populer!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya