Comscore Tracker

5 Fakta Quetzalcoatlus, Hewan Terbang Terbesar yang Pernah Hidup  

Bentang sayapnya sebesar pesawat! 

Jika ditanya burung apa yang paling besar di dunia saat ini, mungkin kamu bisa menjawab burung unta. Namun, burung unta gak bisa terbang. Makanya, mereka bukan hewan terbang terbesar yang hidup saat ini. Gelar itu lebih pantas diberikan pada albatros kelana, sejenis burung laut yang bentang sayapnya mencapai 3,7 meter.

Namun, bagaimana dengan hewan terbang terbesar sepanjang masa? Jawabannya adalah sejenis reptil terbang purba bernama Quetzalcoatlus. Namanya cukup rumit, ya? Asal-usul namanya yang unik itu beserta ukuran dan fakta lainnya bisa kamu baca dalam lima fakta unik Quetzalcoatlus berikut ini.

1. Diambil dari nama dewa 

5 Fakta Quetzalcoatlus, Hewan Terbang Terbesar yang Pernah Hidup  theyucatantimes.com

Quetzalcoatlus adalah sejenis Pterosaurus, reptil terbang purba yang masih berkerabat dengan dinosaurus, tapi tidak termasuk dinosaurus. Sejauh ini, hanya ada satu spesies yang dikenal, yaitu Quetzalcoatlus northropi. Karena hanya satu spesies, umumnya mereka dikenal sebagai Quetzalcoatlus saja.

Asal-usul nama Quetzalcoatlus sendiri ternyata cukup unik. Nama itu diambil dari Quetzalcoatl, dewa ular berbulu dari bangsa Aztek yang dulu hidup di kawasan Mesoamerika. Namun, Quetzalcoatlus tidak hidup di kawasan tersebut melainkan di kawasan yang kini menjadi Amerika Utara.

2. Merupakan hewan penerbang terbesar sepanjang masa 

5 Fakta Quetzalcoatlus, Hewan Terbang Terbesar yang Pernah Hidup  checkhookboxing.com

Yang paling mencolok dari Quetzalcoatlus tentu adalah ukurannya yang luar biasa. Laman Pteros menyebut bahwa pada saat berdiri tegak di atas tanah, tinggi Quetzalcoatlus bisa mencapai lebih dari 5 meter. Yap, itu artinya mereka hampir setinggi jerapah!

Bentang sayap hewan ini pun sangat besar, diperkirakan mencapai 10 meter alias sama dengan pesawat pribadi seperti Cessna! Bobot mereka pun luar biasa, yaitu mencapai 250 kg. Bobot tersebut dipercaya sebagai batas maksimal bagi hewan untuk bisa terbang.

Baca Juga: 8 Dinosaurus Paling Ikonik dan Populer, Kamu Pasti Kenal 

3. Punya fitur khusus supaya bisa terbang 

5 Fakta Quetzalcoatlus, Hewan Terbang Terbesar yang Pernah Hidup  eartharchives.org

Dengan berat ratusan kilogram, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana Quetzalcoatlus tetap bisa terbang ke udara. Memang mereka punya sayap besar, tapi itu gak akan ada artinya kalau mereka gak punya fitur khusus lain. Apa itu? Laman Wired menjelaskan bahwa Quetzalcoatlus punya tulang yang berongga.

Tulang berongga itu juga terhubung pada sistem pernapasan yang sangat efisien sehingga bisa membesar seperti balon, tapi tetap ringan. Makanya, meskipun punya bobot yang luar biasa, sebenarnya berat Quetzalcoatlus masih terbilang ringan untuk ukurannya yang besar.

Selain itu, ilmuwan juga memperkirakan bahwa mereka bisa lepas landas dari tanah dengan metode yang sama seperti kelelawar. Mereka akan bertolak menggunakan dua kaki belakang serta dua tangannya, baru kemudian mengepakkan sayapnya. Dengan cara itu, Quetzalcoatlus bisa mengangkat tubuhnya yang berat dari tanah dan terbang ke udara.

4. Berbulu seperti burung 

5 Fakta Quetzalcoatlus, Hewan Terbang Terbesar yang Pernah Hidup  thoughtco.com

Fitur lain yang memungkinkan Quetzalcoatlus bisa terbang tinggi adalah bulu yang mereka miliki. Bulu itu sendiri bukan membantu mereka terbang, tapi penting untuk mempertahankan gerak otot sayapya ketika berada di ketinggian.

Dengan sayap yang begitu besar dan lebar, Quetzalcoatlus bisa dengan mudah kehilangan panas tubuhnya saat berada di ketinggian ratusan meter. Itu berbahaya karena otot sayap mereka tidak bisa bekerja maksimal dalam suhu rendah. Maka dengan adanya bulu, sayap Quetzalcoatlus bisa terus bekerja dengan baik selama mereka terbang.

5. Mampu memangsa dinosaurus kecil

5 Fakta Quetzalcoatlus, Hewan Terbang Terbesar yang Pernah Hidup  wired.com

Quetzalcoatlus tentu adalah karnivor, tapi mereka tidak punya gigi. Maka ilmuwan sempat mengira bahwa mereka adalah pemakan ikan seperti jenis Pterosaurus lainnya. Namun, belakangan diperkirakan bahwa Quetzalcoatlus lebih banyak berburu di darat dibanding di laut.

Bahkan, ada ilmuwan yang beranggapan bahwa Quetzalcoatlus bakal kesulitan menangkap ikan di laut karena lehernya yang panjang dan kaku. Makanya, mangsa utama mereka kemungkinan besar adalah dinosaurus berukuran kecil, yang mereka tangkap dengan rahangnya yang berukuran hampir 2 meter.

Itulah lima fakta Quetzalcoatlus, reptil purba yang merupakan hewan penerbang terbesar yang pernah hidup. Sungguh hewan yang luar biasa, ya!

Baca Juga: 6 Fakta Unik Stegosaurus, Dinosaurus Besar Berotak Kecil 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya