Comscore Tracker

6 Fakta Unik Stegosaurus, Dinosaurus Besar Berotak Kecil 

Mereka sangat populer karena lempeng di punggungnya 

Stegosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus yang cukup populer. Mungkin kamu sendiri pun tahu dinosaurus berkaki empat yang ikonik dengan lempeng duri-duri besar di atas punggungnya ini. Penampilannya itu membuat dinosaurus ini sangat unik dan mudah dikenali.

Sebenarnya, apa sih fungsi dari lempengan itu? Selain penampilannya, apa lagi keunikan yang dimiliki dinosaurus ini? Enam fakta berikut ini akan memberikan jawabannya untukmu.

1. Terdiri dari beberapa spesies 

6 Fakta Unik Stegosaurus, Dinosaurus Besar Berotak Kecil unexplained-mysteries.com

Stegosaurus sebenarnya bukanlah sebutan untuk satu spesies dinosaurus saja. Britannica menyebut bahwa Stegosaurus adalah sebuah genus dinosaurus yang terdiri dari beberapa spesies. Mereka tergabung dalam famili Stegosauria yaitu dinosaurus berlempeng.

Spesies terbesar dari genus Stegosaurus adalah Stegosaurus ungulatus yang bisa tumbuh hingga sepanjang 9 meter dan bobot 3 ton. Namun, spesies yang paling dikenal adalah Stegosaurus stenops karena fosil mereka paling banyak ditemukan. Spesies Stegosaurus lain yang dikenal adalah Stegosaurus sulcatus.

2. Lempeng di punggungnya berfungsi untuk menarik pasangan 

6 Fakta Unik Stegosaurus, Dinosaurus Besar Berotak Kecil nhm.ac.uk

Ciri paling menonjol yang dimiliki Stegosaurus tentu deretan lempeng di atas punggungnya. Apa fungsi lempeng tersebut? Menurut Live Science, lempeng tersebut tersusun atas struktur seperti tulang yang disebut osteoderm. Struktur tersebut tidak sekeras tulang dan terdapat pembuluh darah di dalamnya.

Oleh karena itu, ilmuwan memperkirakan bahwa fungsi lempeng tersebut adalah untuk mengatur suhu tubuhnya. Selain itu, lempeng itu juga mereka gunakan untuk menarik perhatian pasangannya.

3. Terdapat duri di ekornya untuk pertahanan 

6 Fakta Unik Stegosaurus, Dinosaurus Besar Berotak Kecil dkfindout.com

Selain lempeng di punggung, Stegosaurus juga memiliki duri-duri tajam di bagian ekornya. Fungsinya mudah ditebak yaitu untuk mempertahankan diri dari serangan predator. Panjang duri-duri itu sendiri bisa mencapai 1,2 meter. Hantaman duri sebesar itu tentu bisa berakibat fatal bagi predatornya!

Baca Juga: 5 Dinosaurus Paling Ganas yang Pernah Ada, T-rex Bukan Satu-satunya!

4. Memiliki otak yang kecil 

6 Fakta Unik Stegosaurus, Dinosaurus Besar Berotak Kecil thoughtco.com

Namun meski memiliki ukuran yang besar dan penampilan yang mengintimidasi, Stegosaurus ternyata punya kekurangan yang cukup unik: ukuran otak mereka sangat kecil. Mereka sempat dikira memiliki otak seukuran walnut, namun belakangan ilmuwan memperkirakan bahwa ukuran dan bentuk otak mereka sama seperti hotdog bengkok.

Dibanding dengan ukuran tubuhnya, otak sekecil itu tampak sangat tidak berarti. Gak heran jika mereka punya reputasi sebagai dinosaurus dengan proporsi otak terkecil. Kemungkinan besar, Stegosaurus bukan termasuk dinosaurus yang cerdas.

5. Punya kekuatan gigitan yang lemah 

6 Fakta Unik Stegosaurus, Dinosaurus Besar Berotak Kecil animals.net

Sebagai herbivor, Stegosaurus tentu adalah pemakan tumbuhan. Namun, karena lehernya yang pendek, diperkirakan mereka hanya bisa makan tumbuhan yang tingginya tidak lebih dari 1 meter. Uniknya, mereka diperkirakan memiliki gigitan yang lemah, bahkan lebih lemah dari gigitan manusia!

6. Bisa menyimpan makanan dalam pipinya 

6 Fakta Unik Stegosaurus, Dinosaurus Besar Berotak Kecil angelfire.com

Satu keunikan lain dari Stegosaurus adalah memiliki pipi. Kenapa itu unik? Itu karena kebanyakan dinosaurus tidak memilikinya dan Stegosaurus adalah salah satu dinosaurus pertama yang berevolusi untuk memiliki pipi.

Keberadaan pipi memberi keuntungan tersendiri untuk Stegosaurus, misalnya mereka jadi bisa mengunyah makanan dengan lebih baik sebelum menelannya. Selain itu, mereka juga bisa menyimpan lebih banyak makanan di mulutnya daripada dinosaurus lain.

Itulah enam fakta tentang Stegosaurus, dinosaurus yang terkenal karena deretan lempeng di punggungnya. Ternyata mereka jauh lebih unik dari kelihatannya, ya!

Baca Juga: 5 Alasan yang Menyebabkan Hewan-hewan Raksasa Purba Punah dengan Cepat

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya