Comscore Tracker

5 Fakta Sarcosuchus Imperator, Buaya Terbesar yang Pernah Hidup!

Kira-kira sebesar apa ya?

Banyak orang mungkin sudah familiar dengan nama Titanoboa, ular prasejarah yang merupakan ular terbesar yang pernah hidup. Bahkan ular zaman modern saja bisa membuat banyak orang takut, apalagi Titanoboa yang bisa tumbuh hingga sepanjang 15 meter.

Tapi selain ular, ada lagi jenis reptil yang biasanya membuat orang ngeri, yaitu buaya. Maka bagaimana dengan buaya terbesar yang pernah hidup di bumi? Mari berkenalan dengan Sarcosuchus imperator, buaya prasejarah yang pantas memegang predikat tersebut. Seberapa besar ukurannya, dan fakta menakjubkan apa saja yang mereka miliki? Ini dia ulasannya.

1. Seberapa besar sih Sarcosuchus imperator?

5 Fakta Sarcosuchus Imperator, Buaya Terbesar yang Pernah Hidup!sunshinecoastdaily.com.au

Pertama tentu kamu penasaran mengetahui ukuran mereka. Dilansir dari National Geographic, buaya raksasa berjulukan Super Croc ini bisa tumbuh hingga sepanjang 12 meter! Itu hampir 2 kali lipat panjang buaya modern terbesar yang hidup saat ini, yaitu buaya muara, yang panjang maksimalnya sekitar 7 meter.

Berat Sarcosuchus imperator juga luar biasa. Laman Paleontology World menyebut bahwa bobot mereka bisa mencapai tak kurang dari 8 ton! Itu sama dengan 8 kali lipat berat buaya muara. Dengan panjang dan bobot seperti itu, tentu Sarcosuchus imperator jadi salah satu predator yang ditakuti pada masanya.

2. Terus tumbuh sepanjang hidupnya

5 Fakta Sarcosuchus Imperator, Buaya Terbesar yang Pernah Hidup!extinctanimals.org

Ukuran Sarcosuchus imperator sudah sangat luar biasa, tapi yang lebih luar biasa lagi adalah fakta bahwa mereka terus tumbuh sepanjang hidupnya! Hal itu diketahui para ilmuwan dengan cara membandingkan fosil mereka dari berbagai usia.

Hal itu berbeda dengan buaya modern, yang akan berhenti tumbuh setelah mencapai masa dewasa yaitu sekitar 10 tahun. Maka bukan mustahil bahwa Sarcosuchus imperator bisa tumbuh hingga ukuran yang bahkan lebih besar dari perkiraan saat ini.

Baca Juga: 7 Dinosaurus Ini Tergolong yang Terkecil di Dunia

3. Ternyata bukan pemangsa dinosaurus besar

5 Fakta Sarcosuchus Imperator, Buaya Terbesar yang Pernah Hidup!thoughtco.com

Dengan ukuran yang luar biasa, kamu mungkin mengira bahwa Sarcosuchus imperator adalah predator ganas yang memakan hewan-hewan besar seperti dinosaurus pada zamannya. Tapi ternyata perkiraan ilmuwan tidak seperti itu.

Meninjau dari bentuk moncong mereka yang panjang dan ramping, para ilmuwan menduga bahwa Sarcosuchus imperator adalah pemakan ikan. Tapi bukan berarti mereka gak mampu memangsa dinosaurus juga. Saat ada kesempatan memangsa dinosaurus kecil, Sarcosuchus imperator gak akan melewatkannya begitu saja.

4. Punya gigitan yang super kuat, mereka bisa membunuh Spinosaurus

5 Fakta Sarcosuchus Imperator, Buaya Terbesar yang Pernah Hidup!pinterest.com

National Geographic juga menyebut bahwa gigitan Sarcosuchus imperator luar biasa kuat, maka mereka pun bisa jadi ancaman bagi dinosaurus besar. Sarcosuchus imperator hidup sekitar 110 juta tahun yang lalu. Sebagai pemakan ikan, mereka harus bersaing dengan Spinosaurus, dinosaurus ganas yang punya ciri khas sirip besar mirip layar di punggungnya.

Spinosaurus adalah dinosaurus karnivora terbesar yang pernah hidup, lebih besar dari T-rex. Dan mereka kadang juga makan ikan. Maka persaingan antara Spinosaurus dan Sarcosuchus imperator tentu kerap terjadi. Dan dengan kekuatan gigitan yang luar biasa, ilmuwan memperkirakan bahwa Sarcosuchus imperator sangat mampu membunuh Spinosaurus.

5. Bukan leluhur buaya, alasan kepunahan Sarcosuchus imperator belum diketahui

5 Fakta Sarcosuchus Imperator, Buaya Terbesar yang Pernah Hidup!thoughtco.com

Sebenarnya secara teknis, Sarcosuchus imperator bukanlah leluhur langsung dari buaya modern. Adalah Deinosuchus, buaya purba yang hampir sebesar Sarcosuchus imperator, yang pantas disebut sebagai leluhur buaya modern.

Secara taksonomi, Sarcosuchus imperator adalah bagian dari keluarga reptil purba yang disebut Philodosaurus. Namun mereka kerap dianggap buaya purba tentu karena bentuknya yang persis buaya. Alasan reptil raksasa ini punah sendiri belum diketahui sampai sekarang, dan gak ada hewan modern yang merupakan keturunan langsung dari mereka.

Itulah lima fakta tentang Sarcosuchus imperator, buaya terbesar yang pernah hidup di bumi. Menurutmu, fakta mana tentang mereka yang paling menakjubkan?

Baca Juga: 5 Fakta Unik Buaya, Mematikan Hingga Bisa Mengeluarkan Air Mata

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You