Comscore Tracker

7 Dinosaurus Ini Tergolong yang Terkecil di Dunia

Semuanya berukuran lebih kecil dari manusia

Dinosaurus memang sudah dikenal sebagai kadal raksasa yang sudah hidup sejak masa Triassic, sekitar 250 juta tahun yang lalu. Selain itu hewan purba tersebut memiliki ukuran raksasa yang jauh lebih besar dibandingkan dengan manusia modern saat ini. Namun siapa sangka terdapat spesies dinosaurus mungil yang ukurannya tidak lebih besar dibandingkan dengan manusia saat ini. Bahkan ukurannya jauh di bawah manusia dan tergolong sebagai dinosaurus terkecil yang pernah hidup di Dunia. 

Tentunya bagi kalian yang penasaran dengan jenis-jenis dinosaurus terkecil ini, ada baiknya menyimak beberapa jenis hewan purba mungil berikut ini. 

1. Microraptor

7 Dinosaurus Ini Tergolong yang Terkecil di Duniathoughtco.com

Microraptor merupakan salah satu jenis dinosaurus terkecil di dunia, yang mana fosilnya ditemukan di Liaoning. Tiongkok. Dinosaurus karnivora ini diperkirakan sudah hidup sejak 120 juta tahun yang lalu, tepatnya pada masa Jurassic. Sementara ukuran Microraptor hanya memiliki panjang 77 cm dan beratnya yang hanya 1 kg. Uniknya dinosaurus ini memiliki sayap layaknya burung, yang hanya digunakan untuk terbang sebentar dan melompat ke pohon lainnya. 

2. Dilong

7 Dinosaurus Ini Tergolong yang Terkecil di Duniadeviantart.com

Masih dalam satu tempat di Liaoning, Tiongkok terdapat pula dinosaurus pemakan daging kecil, bernama Dilong paradoxus. Nama Dilong memiliki arti naga kaisar dalam bahasa mandarin, serta dinosaurus ini sudah hidup sejak 126 juta tahun yang lalu. Dinosaurus pemakan daging yang memiliki kekerabatan dengan T-Rex ini berukuran tidak lebih besar dari manusia modern, di mana panjangnya hanya mencapai 2 meter dan beratnya 11 kg, serta tinggi yang hingga 90 cm. 

3. Compsognathus

7 Dinosaurus Ini Tergolong yang Terkecil di Duniathoughtco.com

Compsognathus termasuk dinosaurus terkecil di Dunia dan disebut sebagai spesies dino yang paling kecil dibandingkan lainnya. Ukuran dinosaurus ini hanya mencapai panjang 1 meter saja dan memiliki ukuran yang hampir sama dengan seekor kalkun. Compsognathus diperkirakan hidup sejak 150 juta tahun yang lalu atau pada akhir Zaman Jurassic. Dinosaurus ini juga sudah cukup terkenal, dan muncul di berbagai film Dinosaurus, seperti seri Jurassic Park dan Jurassic World. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bulu pada Hewan, bahkan Dinosaurus pun Memilikinya!

4. Saltopus

7 Dinosaurus Ini Tergolong yang Terkecil di Duniaa-dinosaur-a-day.com

Selanjtunya terdapat Saltopus yang termasuk dinosaurus terkecil dengan ukuran yang lebih kecil dari manusia dewasa. Dinosaurus ini memiliki panjang antara 80-100 cm dan berat yang hanya 1 kg. Meskipun ukurannya kecil tapi dinosaurus ini mampu berlari dengan sangat cepat dan gesit. Sedangkan fosilnya ditemukan di Skotlandia dan diperkirakan sudah hidup sejak Zaman Triassic. 

5. Lesothosaurus

7 Dinosaurus Ini Tergolong yang Terkecil di Duniadinosaurpictures.org

Kemudian terdapat Lesothosaurus yang merupakan dinosaurus omnivora dengan ukuran kecil dan sesuai namanya ditemukan di Lesotho dan Afrika Selatan. Ukuran dinosaurus ini hanya mencapai panjang 2 meter tapi mengandalkan kecepatan dan kelincahan untuk menangkap makanan atau menghindari predator. 

6. Nemicolopterus

7 Dinosaurus Ini Tergolong yang Terkecil di Duniadinosaurpictures.org

Terdapat satu dinosaurus terbang dengan ukuran mini yang bernama Nemicolopterus yang berasal dari bahasa Yunani kuno, berarti "penghuni hutan terbang tersembunyi". Ukuran dinosaurus ini hanya sebesar telapak tangan manusia, di mana rentang sayapnya hanya 25 cm dan tengkoraknya yang hanya sepanjang 4 cm. Dinosaurus terbang yang masuk dalam keluarga Pterodactyl ini ditemukan di Tiongkok, tepatnya di sebelah barat Liaoning. 

7. Parvicursor

7 Dinosaurus Ini Tergolong yang Terkecil di Duniaflickr.com/maniraptora/

Terakhir ada Parvicursor yang termasuk keluarga dari Alvarezsauridae dengan kaki yang panjang untuk berlari cepat. Dinosaurus ini memiliki ukuran yang sangat mungil, hanya sepanjang 39 cm dan berat 162 gram. Sedangkan fosil ini ditemukan di Mongolia dengan fosil yang tidak utuh serta diperkirakan hidup sekitar 72 tahun yang lalu, pada Zaman Cretaceous. 

Nah, itu dia beberapa dinosaurus berukuran mini yang pernah hidup di Bumi, jadi gak semuanya berukuran raksasa ya.

Baca Juga: Telur Dinosaurus Ternyata Berwarna-warni seperti Burung! Ini Kata Ahli

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya