Comscore Tracker

Selain Zebra, Ini 5 Hewan yang Namanya Berawalan Huruf Z 

Sudahkah kamu tahu hewan-hewan ini? 

Jika berbicara tentang hewan yang namanya berawalan huruf Z, yang pertama terlintas di kepala pasti adalah zebra. Hewan kerabat kuda itu memang sangat populer karena penampilannya yang unik.

Namun, apakah zebra adalah satu-satunya hewan yang namanya berawalan huruf Z? Ternyata tidak, lho. Mau tahu hewan apa lagi? Ini dia lima di antaranya.

1. Zebu 

Selain Zebra, Ini 5 Hewan yang Namanya Berawalan Huruf Z thecalifornian.com

Pertama ada zebu, sejenis peranakan sapi domestik di Asia Selatan. Nama latinnya adalah Bos taurus indicus dan mereka diternak untuk diambil daging dan susunya. Namun, penampilan mereka lebih unik dibanding sapi biasa karena mereka memiliki semacam punuk di pundaknya.

Selain itu, zebu juga punya ciri khas berupa telinga yang menjuntai ke bawah. Laman Animals menyebut bahwa zebu adalah salah satu peranakan sapi terkecil di dunia. Tinggi mereka sampai ke pundak hanya sekitar 1 meter dan beratnya 272 kg.

2. Zorilla 

Selain Zebra, Ini 5 Hewan yang Namanya Berawalan Huruf Z discoveranimals.org

Bukan, hewan ini bukan gorila, tapi zorilla (Ictonyx striatus). Mereka adalah sejenis musang yang hidup di Afrika. Penampilan mereka sangat mirip sigung, makanya mereka disebut juga sigung afrika. Namun, sebenarnya mereka berbeda dengan sigung.

Laman Discover Animals menyebut meski seperti sigung, zorilla mempertahankan diri dengan cara menyemprotkan cairan dari kelenjar analnya. Namun, berbeda dengan sigung, cairan anal zorilla bukan berbau busuk, tapi bisa menyebabkan panas dan iritasi bagi korbannya.

Baca Juga: 6 Hewan Unik yang Namanya Dimulai dari Huruf Q, Kamu Tahu Quagga? 

3. Zokor 

Selain Zebra, Ini 5 Hewan yang Namanya Berawalan Huruf Z animalsking.com

Namanya unik, ya? Zokor adalah hewan mirip tikus tanah yang tergabung dalam genus Myospalax. Mereka terdiri dari tujuh spesies dan mereka adalah hewan pengerat. Britannica menyebut bahwa ukuran zokor mencapai sekitar 27 cm dan berat hingga 560 gram. Tubuh mereka berbentuk silinder dan memiliki kaki serta ekor yang pendek.

Seperti tikus tanah, zokor hidup di dalam tanah dan adalah penggali yang ulung. Liang tempat mereka tinggal memiliki kedalaman sekitar 2 meter di bawah tanah. Zokor adalah herbivor dan makanan mereka mencakup akar-akaran, daun, dan tunas tanaman.

4. Zander

Selain Zebra, Ini 5 Hewan yang Namanya Berawalan Huruf Z sunlinefishing.com

Sementara, hewan yang satu ini adalah sejenis ikan berukuran cukup besar yang berasal dari Eropa. Bernama latin Sander lucioperca, ikan ini adalah ikan yang sangat populer di kalangan pemancing. Makanya, mereka sering diperkenalkan ke berbagai daerah untuk meningkatkan industri pemancingan.

Namun, karena itu, zander juga bisa menyebabkan masalah di perairan yang bukan merupakan habitat asli mereka. Zander bisa bersaing memperebutkan makanan dengan ikan endemik bahkan memangsa ikan endemik tersebut. Karena itu, di beberapa daerah ikan ini sudah dilarang untuk dilepasliarkan.

5. Ziege

Selain Zebra, Ini 5 Hewan yang Namanya Berawalan Huruf Z fishbase.se

Jenis ikan lain yang namanya berawalan huruf Z adalah ziege (Pelecus cultratus). Sama seperti zander, ziege juga hidup di kawasan Eropa. Panjang maksimal mereka 60 cm dan berat 2 kg. Makanan mereka mencakup zooplankton, udang dan ikan kecil, serta serangga air.

Itulah lima hewan yang namanya berawalan huruf Z. Gimana? Ternyata bukan hanya zebra saja, kan?

Baca Juga: 6 Hewan Unik yang Namanya Berawalan Huruf V, Kamu Tahu Vaquita? 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya