Comscore Tracker

5 Hewan Laut dengan Persebaran di Seluruh Dunia, Termasuk Penyu!

Mereka bisa ditemukan di hampir seluruh samudera di dunia

Setiap jenis hewan di dunia memiliki persebaran alaminya masing-masing. Contohnya adalah singa yang persebarannya di Afrika, atau beruang kutub yang tempat hidupnya adalah di Kutub Utara. Beberapa hewan punya persebaran yang sangat terbatas. Tapi ada juga hewan yang persebarannya sampai ke seluruh dunia, lho.

Biasanya, hewan yang tersebar sampai ke seluruh dunia adalah hewan laut. Itu tak mengherankan karena laut dan samudera menutupi lebih dari 70 persen permukaan bumi, sehingga beberapa hewan laut bisa berenang ke seluruh wilayah lautan di bumi. Ini dia 5 contoh hewan laut yang punya persebaran hingga ke seluruh dunia.

1. Paus 

5 Hewan Laut dengan Persebaran di Seluruh Dunia, Termasuk Penyu!bbc.com

Sebagai hewan terbesar di dunia, paus memiliki daya jelajah yang sangat luas hingga ke seluruh dunia. Kebanyakan spesies paus bisa ditemukan di seluruh dunia, misalnya paus biru, paus sperma, paus bungkuk, dan paus sei.

Laman Wild About Whales menyebut bahwa kebanyakan paus melakukan migrasi. Mereka biasanya menetap di lautan yang dingin dimana banyak makanan. Namun saat akan melahirkan, induk paus harus bermigrasi ke lautan yang hangat karena bayi paus belum memiliki cukup lemak untuk bertahan di tempat yang dingin.

2. Lumba-lumba 

5 Hewan Laut dengan Persebaran di Seluruh Dunia, Termasuk Penyu!animalplanet.com

Kerabat paus yaitu lumba-lumba juga ada yang memiliki persebaran luas di seluruh dunia. Misalnya adalah lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus). Dilansir Seaworld, persebaran lumba-lumba hidung botol mencakup perairan dengan suhu 10 hingga 32 °C di seluruh dunia.

Ada pula orca (Orcinus orca), jenis lumba-lumba yang sering disebut paus pembunuh. Karena berukuran lebih besar, orca lebih kuat menahan dingin sehingga memiliki persebaran lebih luas daripada lumba-lumba hidung botol. Animal Diversity menyebut bahwa mereka bahkan kerap terlihat di Samudera Arktik di Kutub Utara hingga Samudera Antarktika di Kutub Selatan.

3. Hiu 

5 Hewan Laut dengan Persebaran di Seluruh Dunia, Termasuk Penyu!cnn.com

Beberapa spesies hiu juga memiliki daya jelajah hingga seluruh dunia. Di antaranya adalah hiu putih besar (Carcharodon carcharias) dan hiu biru (Prionace glauca). Laman Stanford menyebut bahwa hiu putih besar bermigrasi hingga ribuan kilometer setiap tahun, dengan tujuan untuk kawin atau mencari makan.

Begitu pula dengan hiu biru, yang bermigrasi untuk mencari tempat yang lebih kaya makanan serta mencari pasangan. Demi menghemat energi selama perjalanan ribuan kilometer, hiu biru menggunakan sirip di sisi tubuhnya untuk mengendarai arus air laut sehingga tidak terlalu lelah.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Pinnipedia, Kelompok Hewan Keluarga Anjing Laut

4. Penyu belimbing 

5 Hewan Laut dengan Persebaran di Seluruh Dunia, Termasuk Penyu!naturecanada.ca

Sementara penyu yang memiliki daya jelajah seluruh dunia adalah penyu belimbing (Dermochelys coriacea). Penyu ini adalah spesies penyu terbesar di dunia, dengan panjang mencapai 2,1 meter dan berat 900 kg. Dilansir National Geographic, ukuran super besar adalah salah satu faktor yang membuat penyu ini bisa menjelajah hampir seluruh samudera.

Ya, karena memiliki lapisan lemak tebal, penyu ini bisa bertahan di samudera yang bersuhu dingin. Itu berbeda dengan spesies penyu lain yang berukuran lebih kecil. Saat bermigrasi untuk bertelur, penyu ini bisa menempuh jarak sekitar 6.000 kilometer.

5. Ikan matahari 

5 Hewan Laut dengan Persebaran di Seluruh Dunia, Termasuk Penyu!australian.museum

Terakhir, ada ikan matahari (famili Molidae), ikan yang terkenal dengan bentuknya yang aneh dan melebar vertikal. Ikan matahari adalah ikan yang berukuran besar. Spesies Mola mola bahkan mencapai ukuran 4,2 meter vertikal dan berat 2,2 ton, sehingga menjadikan mereka spesies ikan bertulang sejati dengan ukuran terbesar di dunia.

National Geographic menyebut bahwa ikan matahari terdapat di seluruh lautan di dunia. Meski sangat besar, ikan matahari gak berbahaya buat manusia. Makanan mereka adalah ubur-ubur serta plankton dan alga. Ikan matahari punya rasa ingin tahu yang tinggi dan seringkali menghampiri penyelam yang berada di dekat mereka.

Itulah 5 hewan laut yang memiliki persebaran di hampir seluruh lautan di dunia. Karena mereka terdapat di seluruh dunia, maka mereka juga bisa ditemui di lautan Indonesia, lho. Jadi, hewan mana saja yang sudah pernah kamu lihat?

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kotoran Hewan, Ada Hewan yang Memakainya Sebagai Kosmetik

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya