Comscore Tracker

5 Hewan yang Penampilannya Mirip Makanan, Ada yang Seperti Nanas

Tapi jangan coba-coba memakan mereka!

Berbagai jenis hewan di dunia ini memiliki penampilan yang sangat beragam. Beberapa hewan bahkan tampak tidak seperti hewan, tapi lebih mirip hal lain, misalnya tumbuhan atau benda. Bahkan, ada beberapa spesies hewan yang penampilannya mirip makanan!

Memang, banyak jenis hewan yang benar-benar dijadikan bahan makanan oleh manusia. Namun, hewan-hewan berikut ini terlihat mirip jenis makanan lain. Penasaran? Ini dia 5 hewan unik yang penampilannya mirip makanan.

1. Ubur-ubur telur goreng

5 Hewan yang Penampilannya Mirip Makanan, Ada yang Seperti Nanasubur-ubur telur goreng (featuredcreature.com)

Kamu pasti paham kenapa spesies ubur-ubur di atas dinamakan ubur-ubur telur goreng (Cotylorhiza tuberculata). Ya, ubur-ubur ini memiliki medusa yang tampak seperti telur goreng mata sapi. Melihat ubur-ubur ini berenang seperti melihat telur goreng yang mengambang di lautan.

Ubur-ubur telur goreng berukuran sedang. Dilansir Oceana, diameter medusanya bisa mencapai 35 cm. Mereka juga memiliki tentakel pendek untuk menyengat mangsanya yang mencakup zooplankton serta spesies ubur-ubur lain. Sementara bagi manusia, sengatan ubur-ubur ini tidak mematikan.

2. Bintang laut cokelat chip

5 Hewan yang Penampilannya Mirip Makanan, Ada yang Seperti Nanasbintang laut cokelat chip (aquariumbreeder.com)

Hewan yang satu ini memiliki penampilan yang tampak seperti kue kering dengan taburan cokelat chip. Bintang laut cokelat chip (Protoreaster nodosus) memang memiliki semacam "tanduk" di sekujur tubuhnya. Meski mungkin tampak seperti makanan lezat bagi manusia, tanduk tersebut tentu berfungsi melindungi bintang laut ini dari predator.

Ukuran bintang laut cokelat chip mencapai 40 cm dari ujung ke ujung. Dilansir laman Georgia Aquarium, makanan mereka mencakup spons dan detritus. Bintang laut ini bisa ditemukan di perairan Indo Pasifik, terutama di sekitar Filipina.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Patrick Star, Bintang Laut yang Tinggal di Bawah Batu

3. Cacing ice cream cone

5 Hewan yang Penampilannya Mirip Makanan, Ada yang Seperti Nanascacing ice cream cone (marinespecies.org)

Berikutnya ada cacing ice cream cone, jenis cacing bawah laut yang bisa membuat semacam tabung dari pasir untuk tempat mereka hidup. Tabung tersebut tampak seperti cone es krim sehingga cacing ini cocok mendapat sebutan cacing ice cream cone. Cacing ini tergabung dalam famili Pectinariidae dan terdiri dari banyak spesies.

Cacing ice cream cone bisa mencapai ukuran 5 cm dan mereka bisa ditemukan di perairan dangkal seluas dunia. Cacing ini tampak mengerikan jika keluar dari cone-nya, tapi mereka tidak berbahaya bagi manusia karena makanan mereka hanya berupa detritus.

4. Ikan nanas

5 Hewan yang Penampilannya Mirip Makanan, Ada yang Seperti Nanasikan nanas (fishesofaustralia.net.au)

Ada pula spesies ikan yang penampilannya mirip buah nanas sehingga dinamakan ikan nanas. Ada dua spesies ikan nanas yang dikenal, yaitu ikan nanas australia (Cleidopus gloriamaris) dan ikan nanas jepang (Monocentris japonica). Keduanya memiliki tubuh berwarna kuning dengan pola garis hitam yang seperti pola buah nanas.

Dilansir Australian Museum, ikan nanas memiliki keunikan, yaitu bisa menghasilkan cahaya dari organ khusus di rahang bawahnya. Cahaya tersebut berwarna hijau saat ikan ini masih muda dan berubah jadi merah seiring mereka dewasa. Ikan yang berukuran hingga 25 cm ini menggunakan cahayanya itu untuk mencari mangsa pada waktu malam.

5. Siput pisang

5 Hewan yang Penampilannya Mirip Makanan, Ada yang Seperti Nanassiput pisang (coastsidelandtrust.org)

Tak hanya hewan laut, hewan darat pun ada yang penampilannya seperti makanan. Siput pisang adalah jenis siput yang dinamai karena bentuk dan warnanya seperti buah pisang. Mereka tergabung dalam genus Ariolimax dan terdiri dari 5 spesies. Spesies terbesarnya bisa mencapai panjang 25 cm.

Siput pisang merupakan hewan endemik Amerika Utara. Meski seringkali kuning, siput ini juga bisa berwarna cokelat, putih, atau hijau. Siput ini bisa menghasilkan lendir yang tak hanya membantunya berjalan, tapi bisa membuat lidah predatornya mati rasa. Siput pisang adalah dekomposer yang berperan penting di ekosistem sebagai pembersih hutan.

 

Lima hewan di atas sangat unik karena memiliki penampilan yang mirip makanan. Tapi jangan coba-coba makan mereka, ya, karena mereka bukan makanan!

Baca Juga: 5 Trivia Golbaengi-muchim, Kreasi Siput Bulan ala Kuliner Korea

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya