Comscore Tracker

5 Hewan yang Tak Disangka Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranha

Mereka sering dikira karnivor atau herbivor #IDNTimesScience

Hewan omnivor biasanya diartikan sebagai hewan pemakan daging dan tumbuhan. Hal itu memang benar, namun definisi yang lebih tepat sebenarnya adalah hewan yang tubuhnya bisa menyerap nutrisi dari daging hewan lain maupun tumbuhan.

Berdasarkan definisi tersebut, sejenis hewan tak bisa serta-merta disebut omnivor hanya karena mereka makan daging dan tumbuhan. Itulah kenapa kucing tidak disebut omnivor meski kadang mereka makan rumput. Sebab, tubuh mereka tak bisa menyerap nutrisi darinya. Kucing hanya mengonsumsinya untuk menghilangkan parasit di usus.

Sesuai definisi tersebut pula, banyak hewan yang disangka karnivor atau herbivor ternyata adalah omnivor. Mereka pemakan daging dan tumbuhan, tubuhnya pun bisa menyerap nutrisi tersebut. Inilah lima hewan tersebut.

1. Ikan piranha

5 Hewan yang Tak Disangka Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranhaikan piranha (unsplash.com/marcus dietachmair)

Piranha sering dianggap sebagai ikan ganas yang akan menyerang manusia atau hewan lain yang masuk ke habitat mereka. Pandangan itu sangat umum, tapi sebenarnya tidak tepat. Piranha memang bisa memangsa hewan yang lebih besar dari mereka, tapi hanya jika mangsanya itu sudah mati atau sekarat.

Sebagian besar hewan yang jadi makanan piranha adalah ikan, krustasea, cacing, serangga, dan mamalia kecil. Bahkan, beberapa spesies mereka termasuk omnivor yang suka makan buah-buahan, biji-bijian, serta daun. Jelaslah, anggapan bahwa piranha adalah ikan karnivor yang ganas tidak sepenuhnya benar.

2. Hiu kepala sekop

5 Hewan yang Tak Disangka Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranhahiu kepala sekop (smithsonianmag.com)

Selain piranha, ikan hiu juga punya reputasi sebagai pemakan daging yang ganas. Lagi-lagi, hal itu tak selalu benar. Spesies hiu kepala sekop (Sphyrna tiburo), contohnya, ternyata termasuk omnivor yang mengonsumsi daging dan tumbuhan.

Bahkan, laman Smithsonian menyebut bahwa makanan hiu kepala sekop sebagian besar adalah tumbuhan. Diet mereka terdiri dari 60 persen rumput laut, di samping hewan lain seperti ikan, krustasea, dan siput. Fakta itu baru diketahui pada tahun 2018. Mereka menjadi spesies hiu pertama yang diidentifikasi sebagai omnivor.

Baca Juga: Punya Taring Kuat, Hati-hati dengan 5 Hewan Herbivor dan Omnivor Ini

3. Biawak gray

5 Hewan yang Tak Disangka Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranhabiawak gray (discovermagazine.com)

Biawak juga banyak dikenal sebagai kadal karnivor sejati, tapi sebenarnya ada pula spesiesnya yang juga suka makan tumbuhan. Salah satunya adalah biawak gray (Varanus olivaceus) yang merupakan hewan endemik Filipina. Biawak ini berukuran cukup besar, dengan panjang hingga 1,8 meter dan berat 9 kilogram.

Makanan biawak gray mencakup buah-buahan serta hewan kecil seperti kepiting, siput, laba-laba, serangga, hingga telur. Dilansir laman Biocyclopedia, mereka kemungkinan berevolusi menjadi omnivor karena kalah bersaing dengan biawak air asia (Varanus salvator) yang berbagi habitat dengannya namun lebih unggul sebagai predator.

4. Simpanse

5 Hewan yang Tak Disangka Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranhasimpanse (pexels.com/francesco ungaro)

Ada pula hewan omnivor yang sering dikira sebagai herbivor, misalnya simpanse. Padahal, sebenarnya hampir semua jenis kera adalah omnivor, kecuali gorila yang memang adalah herbivor. Simpanse pun termasuk omnivor karena mereka bisa makan serangga, burung, monyet, rusa kecil, kura-kura, bahkan sesamanya sendiri.

Meski begitu, National Geographic menyebut bahwa hanya sekitar 5 persen makanan simpanse yang berupa hewan lain. Tumbuhan tetap menjadi makanan utama mereka, dan itu mencakup buah, biji-bijian, dedaunan, serta kacang-kacangan.

5. Kungkang berjari dua

5 Hewan yang Tak Disangka Ternyata Omnivor, Termasuk Ikan Piranhakungkang berjari dua (slothconservation.com)

Kungkang juga adalah hewan yang dikenal sebagai herbivor. Hal itu masuk akal karena gerakan mereka sangat lamban sehingga pasti sulit menangkap mangsa. Akan tetapi, mereka sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu kungkang berjari tiga (genus Bradypus) dan kungkang berjari dua (genus Choloepus). Keduanya punya kebiasaan makan yang berbeda.

Kungkang berjari tiga adalah herbivor, sedangkan kungkang berjari dua merupakan omnivor. Dilansir Live Science, makanan kungkang berjari dua mencakup buah, biji-bijian, dedaunan, serangga, dan hewan kecil seperti kadal. Selain gerakannya, pencernaan kungkang juga sangat lamban. Untuk mencerna makanan, mereka bisa membutuhkan waktu hingga sebulan.

Mempelajari dunia satwa memang  bisa membuat kita menemukan berbagai fakta baru, termasuk fakta bahwa hewan-hewan di atas adalah omnivor. Cukup mengejutkan, bukan?

Baca Juga: 10 Spesies Hewan Keluarga Kucing yang Jarang Diketahui, Tahu Kodkod?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya