Comscore Tracker

5 Kapten Terbaik Manchester United di Era Premier League, Legenda!

Mereka punya jiwa kepemimpinan yang tinggi

Kapten adalah peran yang sangat penting dalah sebuah tim sepak bola. Seorang kapten ibarat perpanjangan tangan pelatih di lapangan yang bertugas untuk memastikan tim bermain sesuai instruksi. Karena itu yang terpenting dari seorang kapten bukanlah skill yang hebat, tapi jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Ada banyak pemain yang pernah sukses menjalankan peran sebagai kapten, hingga mereka dikenang sebagai kapten terbaik bagi timnya. Di Manchester United, sejumlah nama pernah ditunjuk jadi kapten pada era Premier League, dan lima di antaranya patut disebut sebagai yang terbaik. Inilah kelima pemain tersebut.

1. Roy Keane 

5 Kapten Terbaik Manchester United di Era Premier League, Legenda!irishmirror.ie

Roy Keane bisa dibilang adalah kapten terbaik yang pernah dimiliki Manchester United di era Premier League. Soal skill, Keane memang tidak menonjol, tapi karakternya yang tegas bahkan cenderung keras membuatnya sangat cocok menjadi pemimpin tim di lapangan. Tak hanya kawan, lawan pun pasti segan pada pemain asal Irlandia yang garang ini.

Keane menjabat sebagai kapten MU selama 8 tahun, dari 1997 hingga 2005. Selama itu ia sukses membawa MU meraih tak kurang dari 11 trofi, termasuk treble winners yang legendaris pada 1999. Maka tak hanya soal kepemimpinan, soal jumlah trofi yang diraih sebagai kapten pun Keane adalah salah satu yang terbaik di MU.

2. Eric Cantona 

5 Kapten Terbaik Manchester United di Era Premier League, Legenda!the42.ie

Ketika mendengar nama Eric Cantona, pencinta sepak bola pasti akan langsung teringat pada sosok yang kontroversial namun kharismatik. Ya, Cantona adalah salah satu pemain paling flamboyan dan berkarakter kuat yang pernah dimiliki MU. Kharismanya yang kental membuatnya sangat cocok mengemban ban kapten MU.

Cantona memang hanya menjabat sebagai kapten MU selama semusim, yaitu musim 1996/97. Namun, satu-satunya alasan ia tidak lagi menjadi kapten adalah karena ia pensiun di akhir musim tersebut. Musim itu sendiri ia akhiri dengan membawa MU meraih gelar Premier League, bukti sahih bahwa Cantona sukses menjalankan perannya sebagai kapten.

3. Gary Neville 

5 Kapten Terbaik Manchester United di Era Premier League, Legenda!irishmirror.ie

Setelah Keane hengkang dari MU ke Glasgow Celtic pada akhir musim 2004/05, jabatan kapten diberikan pada Gary Neville, bek kanan senior MU yang kala itu sudah membela MU selama 13 musim. Keputuan itu terbukti tepat karena Neville sukses menjelma jadi salah satu kapten terbaik MU di era Premier League.

Neville terkenal dengan determinasi dan konsistensi yang luar biasa dalam mengawal lini belakang MU. Ia tak takut bermain agresif serta punya jika kepemimpinan yang tinggi.

Neville menjabat sebagai kapten hingga akhirnya ia pensiun pada 2011. Selama periode tersebut, Neville turut membawa MU meraih tak kurang dari 12 trofi, seperti dilansir Transfermarkt.

4. Nemanja Vidic 

5 Kapten Terbaik Manchester United di Era Premier League, Legenda!goal.com

Berikutnya ada Nemanja Vidic, bek asal Serbia yang terkenal sebagai dengan karakternya yang agresif dan sangat total dalam mengawal lini belakang. Vidic punya determinasi yang luar biasa, bahkan ia tak takut untuk melakukan duel-duel keras demi mencegah timnya kebobolan. Sebuah karakter kuat yang membuatnya sangat cocok jadi kapten tim.

Vidic menjabat kapten MU selama tiga musim dari 2011 hingga 2014 di mana ia hengkang ke Inter Milan. Selama tiga musim tersebut, ia sukses membawa MU memenangi Premier League 2012/13 dan Community Shield 2013. Namun secara keseluruhan 8 musim kariernya di MU, Vidic meraih tak kurang dari 15 trofi.

5. Wayne Rooney 

5 Kapten Terbaik Manchester United di Era Premier League, Legenda!theguardian.com

Pemain teranyar yang bertahan sedikitnya tiga musim menjadi kapten MU adalah Wayne Rooney. Soal prestasi, Rooney tak perlu diragukan lagi. Ia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi The Red Devils, serta punya sejumlah pencapaian individual lain. Sebagai pemain, Rooney dikenal punya determinasi dan passion yang luar biasa dalam bermain.

Hal itu membuat Rooney dipercaya jadi kapten MU pada 2014 hingga 2017. MU memang tak meraih banyak trofi selama periode tersebut, namun itu lebih karena penurunan performa tim sejak kepergian Sir Alex Ferguson. Meski begitu pun, Rooney tetap sukses membawa MU meraih Piala FA, Piala Liga, dan trofi Europa League selama menjadi kapten.

 

Itulah 5 kapten terbaik yang pernah dimiliki MU selama era Premier League. Terbukti bahwa menjadi kapten yang baik tak hanya soal skill, tapi jiwa kepemimpinan dan determinasi tinggi justru lebih penting. Kalau menurutmu, siapa dari antara kelima pemain tersebut yang paling terbaik sebagai kapten?

Baca Juga: 5 Catatan Mengesankan Wayne Rooney Saat Berseragam Manchester United

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya