Comscore Tracker

5 Catatan Mengesankan Wayne Rooney Saat Berseragam Manchester United

Rooney memutuskan gantung sepatu

Kabar mengejutkan datang dari sepak bola Eropa, khususnya Inggris. Salah satu pemain terbaik Inggris, Wayne Rooney memutuskan gantung sepatu. Padahal, usianya saat ini baru menginjak 35 tahun dan masih banyak pemain seusainya yang aktif bermain. Performa Rooney memang sedikit menurun selepas hengkang dari Manchester United.

Sempat kembali ke Everton, ia kemudian hengkang ke MLS bersama DC United. Dua musim lalu Rooney kembali ke Inggris dengan bermain di kasta kedua bersama Derby County. Beberapa waktu lalu dirinya dipercaya sebagai pelatih Derby County meskipun masih aktif bermain.

Nama Wayne Rooney memang melambung saat membela Manchester United. Banyak catatan mengesankan yang ia torehkan bersama Setan merah. Bagi kamu yang penasaran, berikut kami sajikan beberapa catatan mengesankan Rooney saat membela Manchester United.

Baca Juga: Akhirnya, Manchester United Rasakan Puncak Klasemen Lagi

1. Pecahkan rekor transfer pemain muda MU

5 Catatan Mengesankan Wayne Rooney Saat Berseragam Manchester Unitedindependent.co.uk/Getty Images

Sejak awal, kedatangan Wayne Rooney ke Manchester United sudah cukup mengesankan. Ia memecahkan rekor transfer Manchester United di kategori remaja. Rooney sendiri bergabung dengan Setan merah saat berusia 18 tahun. Ia diboyong United ke Old Trafford dari klub sesama Premier League, Everton.

Transfer yang terjadi pada musim 2004/2005 itu melibatkan dana sebesar 37 juta euro atau setara dengan Rp632 miliar. Meskipun saat ini sudah dipecahkan oleh beberapa pemain lain, hal itu menjadi tanda awal kebintangan Rooney di Old Trafford. Selain itu, angka tersebut juga sangat fantastis untuk pemain seusainya pada saat itu.

2. Hattrick di laga debut

5 Catatan Mengesankan Wayne Rooney Saat Berseragam Manchester Uniteduefa.com/Getty Images

Tanda-tanda Wayne Rooney akan menjadi bintang di Manchester United terus berlanjut. Setelah resmi direkrut, Rooney menjalani debut bersama Setan merah pada 28 September 2004. Tak tanggung-tanggung, ia dimainkan langsung oleh Alex Ferguson di ajang Liga Champions.

Kepercayaan yang diberikan oleh sang pelatih dibayar tuntas oleh pemain 18 tahun itu. Rooney langsung mencatatkan hattrick di laga debutnya tersebut. Saat itu ia membantu United meraih kemenangan telak 6-2 atas Fenerbahce. Benar-benar awal yang mengesankan bagi Rooney di Old Trafford.

3. Top skor sepanjang masa Manchester United

5 Catatan Mengesankan Wayne Rooney Saat Berseragam Manchester Unitedpremierleague.com

Catatan hattrick di laga debutnya itu ternyata hanyalah awal dari gol-gol Wayne Rooney bersama Manchester United. Hingga saat ini pemain Inggris itu masih tercatat sebagai top skor sepanjang masa Manchester United. Ia menjadi satu-satunya pemain Setan merah yang mencetak 250 gol.

Total Rooney telah mengemas 253 gol bersama United di semua kompetisi. Berbicara tentang gol, Rooney juga memegang rekor di ajang Premier League. Ia menjadi pemain dengan gol terbanyak di Premier League bersama satu klub. Di Premier League ia telah mencetak 208 gol dengan 183 di antaranya dicetak Rooney bersama MU.

4. Meraih banyak gelar juara

5 Catatan Mengesankan Wayne Rooney Saat Berseragam Manchester Unitedthesun.co.uk/Getty Images

Kecemerlangan Wayne Rooney juga dibarengi dengan raihan gelar juara bersama Manchester United. Ia telah memenangkan 17 trofi selama berseragam Setan Merah. Sebanyak 5 di antaranya merupakan gelar Premier League. Sementara 12 lainnya juga tak kalah bergengsi. Rinciannya adalah 4 trofi Piala Liga, 1 trofi Piala FA, dan 4 trofi Community Shield di level domestik.

Sementara di level antarklub Eropa hingga dunia, Rooney juga cukup sukses bersama Setan Merah. Ia sukses meraih 1 trofi Europa League, 1 trofi Liga Champions, dan 1 trofi Piala Dunia Antarklub. Uniknya, semua trofi yang pernah ia raih dirasakan saat berseragam Manchester United.

5. Masa bakti Rooney untuk MU

5 Catatan Mengesankan Wayne Rooney Saat Berseragam Manchester Unitedpremierleague.com

Wayne Rooney memang layak disebut sebagai legenda Manchester United. Bagaimana tidak, selain berbagai prestasi pribadi hingga klub, Rooney juga sosok yang setia. Sepanjang kariernya, ia membela United selama 13 musim. Setelah bergabung pada musim 2004/2005, dirinya baru meninggalkan Setan merah pada akhir musim 2016/2017.

Rooney pun telah mencatatkan banyak pertandingan bersama tim merah Manchester tersebut. Rooney telah membela United dalam 559 pertandingan di semua kompetisi. Selain mencetak 253 gol, ia juga menorehkan 146 assist bagi United.

 

Wayne Rooney memang sudah memutuskan gantung sepatu dari sepak bola. Namun, catatan dan sejarah yang pernah ia torehkan akan selalu tercatat. Ia pun layak disebut sebagai pemain terbaik dan legenda Manchester United. Bagaimana pendapatmu tentang Rooney?

Baca Juga: Keluarga Idaman, 10 Potret Kompak Wayne Rooney Bersama Istri dan Anak

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya