Comscore Tracker

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantel

Termasuk monyet endemik Indonesia #IDNTimesScience

Monyet adalah jenis primata yang memiliki keanekaragaman luar biasa. Laman Britannica menyebut bahwa ada sekitar 200 spesies monyet yang sudah diidentifikasi. Monyet sendiri berbeda dengan kera, dimana monyet memiliki ekor sedangkan kera tidak. Kera juga biasanya hidup di darat sedangkan monyet lebih banyak menghabiskan waktu di atas pohon.

Nah, dari sekian banyak spesies monyet di dunia, tentu ada beberapa yang memiliki keunikan tersendiri dibanding spesies lain. Maka inilah sepuluh jenis monyet yang pantas disebut terunik di dunia, baik dalam hal ukuran, penampilan, kebiasaan, ataupun hal lain.

1. Mandrill 

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantelmandrill (howafrica.com)

Mandrill (Mandrillus sphinx) adalah spesies monyet terbesar di dunia. National Geographic menyebut bahwa panjang mereka mencapai 90 cm dan berat 35 kg. Selain itu, mereka juga memiliki ciri khas berupa warna-warni di wajah dan bokongnya. Saat mandrill senang atau marah, warna-warni tersebut akan semakin mencolok.

2. Marmoset kerdil

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantelmarmoset kerdil (earth.com)

Sementara jenis monyet terkecil di dunia adalah marmoset kerdil. Marmoset kerdil tergabung dalam genus Cebuella dan terdiri dari 2 spesies. Panjang tubuh mereka maksimal 14 cm dan berat 120 gram. Meski kecil, monyet yang hidup di Hutan Amazon ini bisa melompat dari pohon ke pohon sejauh 5 meter.

3. Tamarin kaisar

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Manteltamarin kaisar (si.edu)

Tamarin kaisar (Saguinus imperator) juga adalah monyet yang unik. Keunikan mereka terutama terletak pada kumisnya yang panjang dan melengkung. Kumis tersebut membuat mereka dianggap mirip Kaisar Wilhelm II dari Jerman, sehingga mereka dinamai tamarin kaisar. Tamarin ini merupakan omnivor pemakan daun, nektar, dan serangga.

4. Colobus hitam putih

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantelmonyet colobus hitam putih (inaturalist.org)

Penampilan monyet colobus hitam putih (Colobus guereza) pun tak kalah unik, dengan rambut putih panjang yang tumbuh di punggungnya hingga tampak seperti mantel. Maka mereka dikenal juga sebagai monyet guereza bermantel. Monyet ini hidup di Afrika Tengah, dan makanan utama mereka adalah dedaunan.

Baca Juga: 6 Fakta Monyet Capuchin, Monyet Lucu yang Sering Main Film 

5. Monyet malam

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantelmonyet malam (pri.org)

Monyet malam atau durukuli adalah satu-satunya jenis monyet yang nokturnal alias aktif pada malam hari. Monyet ini tergabung dalam genus Aotus yang terdiri dari beberapa spesies. Ciri khas mereka adalah mata yang bulat dan besar sehingga bisa melihat pada malam hari. Ukuran mereka tak terlalu besar, maksimal panjang 50 cm dan berat 1,2 kg.

6. Bekantan

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantelbekantan (britannica.com)

Kebanyakan jenis monyet tak suka berenang, tapi bekantan (Nasalis larvatus) justru sebaliknya. Hewan endemik Pulau Kalimantan ini jago berenang, dan tangan serta kaki mereka bahkan berselaput untuk membantunya berenang. Monyet ini juga punya ciri unik berupa hidung besar yang dimiliki pejantan untuk menarik perhatian betina.

7. Makaka jepang

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantelmakaka jepang (sciencemag.org)

Makaka jepang (Macaca fuscata) juga suka air, tapi bukan untuk berenang melainkan berendam. Makaka jepang dikenal gemar berendam di kolam air panas alami dekat gunung berapi, terutama saat musim dingin. Mereka juga cerdas dan suka mencuci makanannya dengan air supaya bersih, bahkan dengan air laut demi menambah rasa.

8. Babon

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantelbabon (unityspiritualcenter.com)

Sementara babon adalah jenis monyet yang terkenal dengan sistem sosialnya. Mereka hidup dalam kelompok yang bisa berisi sepuluh hingga beberapa ratus anggota, dengan dipimpin satu pejantan dominan. Babon terdiri dari lima spesies dalam genus Papio. Keunikan lain dari babon adalah mereka lebih banyak menghabiskan waktu di darat daripada di pohon.

9. Monyet laba-laba bertangan hitam

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantelmonyet laba-laba bertangan hitam (inaturalist.org)

Monyet laba-laba bertangan hitam (Ateles geoffroyi) adalah salah satu spesies monyet laba-laba, yang ciri khasnya adalah memiliki ekor prehensil untuk bergelantungan di pohon. Mereka hidup di Amerika Tengah sehingga disebut juga monyet laba-laba amerika tengah.

Monyet ini juga unik dalam kebiasaan mereka saat terancam. Saat melihat predator, mereka mengeluarkan suara peringatan bahaya yang seperti gonggongan anjing. Sekelompok monyet laba-laba bertangan hitam juga akan bekerja sama mengusir predator yang datang dengan cara melemparinya dengan ranting pohon.

10. Monyet howler

10 Jenis Monyet Terunik di Dunia, Ada yang Seperti Pakai Mantelmonyet howler (britannica.com)

Suara juga jadi ciri khas monyet howler (genus Alouatta), yang terkenal dengan teriakan mereka yang sangat keras. Britannica menyebut bahwa teriakan monyet howler bisa terdengar dari jarak 5 km, dan bahkan masih terdengar saat badai. Monyet howler terdiri dari beberapa spesies, dan semuanya hidup di Amerika Tengah dan Selatan.

Itulah sepuluh jenis monyet yang terunik di dunia, baik dalam hal ukuran, penampilan, maupun tingkah laku dan cara hidup. Sungguh keanekaragaman yang luar biasa, ya!

Baca Juga: 5 Hewan dengan Warna Merah yang Cantik, dari Monyet hingga Capung 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya