Comscore Tracker

5 Hewan dengan Warna Merah yang Cantik, dari Monyet hingga Capung 

Unik karena biasanya hewan-hewan ini gak berwarna merah

Jika kamu ditanya, hewan apa saja yang biasanya berwarna merah? Beberapa hewan mungkin akan langsung melintas di benakmu. Mungkin kamu akan menjawab kepiting, yang biasanya dikenal dengan warna merah yang khas. Ada pula beberapa jenis burung, ikan, kupu-kupu, bahkan ular yang berwarna merah.

Namun, warna merah ternyata gak jadi dominasi hewan-hewan itu saja. Lima hewan berikut ini juga memiliki warna merah yang cantik sekaligus unik karena hewan jenis mereka biasanya tidak berwarna merah. Ini dia kelima hewan tersebut.

1. Monyet howler merah 

5 Hewan dengan Warna Merah yang Cantik, dari Monyet hingga Capung perunature.com

Monyet biasanya memiliki rambut berwarna cokelat atau hitam. Namun, monyet howler merah (Alouatta seniculus) yang hidup di Amerika Selatan terbilang unik karena justru berwarna merah. Mereka juga bisa berwarna cokelat gelap hingga keemasan tergantung usia dan tempat mereka hidup.

Monyet howler adalah jenis monyet yang memiliki suara howl alias raungan sangat keras. Laman Animalia menyebut bahwa monyet howler jantan bisa menghasilkan suara yang terdengar hingga jarak 5 km. Khususnya monyet jantan, mereka suka meraung pada pagi hari persis seperti ayam jantan yang membangunkan dunia di sekitarnya.

2. Katak tomat 

5 Hewan dengan Warna Merah yang Cantik, dari Monyet hingga Capung cites.org

Mencolok banget ya warna katak ini! Gak salah jika mereka mendapat sebutan katak tomat (Dyscophus guineti) karena warna merahnya membuat mereka tampak seperti tomat. Khususnya katak tomat betina, mereka memiliki warna lebih gelap daripada si jantan.

Warna merah katak tomat mungkin terlihat cantik, tapi sebenarnya itu adalah peringatan bagi predator untuk gak coba-coba memangsa mereka. Di balik warnanya itu, katak ini memiliki racun yang bisa mereka keluarkan dari kulitnya. Selain itu, Smithsonian juga menyebut bahwa katak tomat bisa menggembungkan tubuhnya supaya predator sulit menelan mereka.

Baca Juga: 5 Fakta Saiga Antelope, Hewan Mirip Kijang yang Bentuk Hidungnya Unik

3. Tupai merah 

5 Hewan dengan Warna Merah yang Cantik, dari Monyet hingga Capung invasive-species.org

Sementara tupai yang umumnya berwarna cokelat ternyata juga bisa berwarna merah mencolok, tupai merah (Sciurus vulgaris) sebenarnya bisa juga berwarna kecokelatan atau abu-abu, khususnya saat musim dingin. Namun, pada musim panas, warna bulu mereka yang merah kecokelatan membuatnya mudah berkamuflase di batang pohon tempat mereka tinggal.

Pada musim dingin, tupai ini juga memiliki ciri unik yaitu rambut yang panjang pada telinganya. Tupai ini berukuran hingga 20 cm plus ekor berambut tebal sepanjang 17 cm, sementara berat mereka mencapai 350 gram. Habitat tupai ini tersebar di seluruh Eurasia, khususnya sebelah utara yang beriklim dingin.

4. Udang ceri 

5 Hewan dengan Warna Merah yang Cantik, dari Monyet hingga Capung aquariumcoop.com

Kamu pasti mengerti kenapa udang ini mendapat sebutan udang ceri (Neocaridina heteropoda). Ya, warna merah yang mencolok membuat udang ini kerap dipelihara. Bukan untuk dimakan, udah ini dipelihara sebagai penghias akuarium. Sebenarnya, secara alami, udang ini berwarna hijau kecokelatan, tapi mereka memiliki banyak variasi warna termasuk juga kuning dan hitam.

Dilansir laman Animal Spot, variasi warna merah membuat udang ini jadi populer. Selain itu, mereka termasuk hewan air yang mudah dirawat sehingga banyak orang senang memelihara mereka. Makanan utama mereka adalah alga, tapi mereka juga makan organisme mikroskopis.

5. Capung merah 

5 Hewan dengan Warna Merah yang Cantik, dari Monyet hingga Capung british-dragonflies.org.uk

Last but not least, ada capung yang memiliki warna merah mencolok pada tubuhnya yaitu capung merah (Sympetrum fonscolombii). Namun, warna merah hanya terdapat pada capung jantan karena betinanya berwarna kuning. Capung yang berukuran mencapai 4 cm ini berhabitat di Eropa Selatan, namun mereka kadang bermigrasi jauh ke utara hingga ke Britania Raya.

Itulah lima hewan unik yang memiliki warna merah, meskipun hewan jenis mereka biasanya tak berwarna merah. Menurutmu, yang mana yang paling unik?

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Otak Hewan, Gak Semua Hewan Punya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya