Comscore Tracker

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas 

Warna mereka cantik-cantik banget! 

Burung adalah salah satu jenis hewan yang penampilannya paling cantik. Berbagai jenis burung memiliki bulu yang indah dan berwarna-warni sehingga menarik untuk diamati, bahkan burung yang bulunya berwarna polos pun bisa terlihat begitu cantik.

Nah, berikut ini kita akan melihat dua belas potret burung dengan berbagai macam warna. Foto-foto ini akan membuktikan bahwa warna bulu burung memang sangat beragam, bahkan bisa mencakup nyaris semua warna yang kita kenal. Check it out.

1. Mulai dari warna putih, ada burung bellbird putih (Procnias albus) yang merupakan burung bersuara terkeras di dunia

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas allthatsinteresting.com

Laman Science Alert menyebut bahwa suara kicauan bellbird putih jantan bisa mencapai kekuatan 125,4 desibel. Itu bahkan lebih keras daripada suara konser musik rock!

2. Ada banyak burung yang berwarna merah, kardinal merah (Cardinalis cardinalis) salah satunya

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas thespruce.com

Namun, warna merah ngejreng tersebut hanya dimiliki burung jantan karena kardinal merah betina berwarna cokelat muda. Burung ini juga sering disebut kardinal utara karena mereka hidup di Amerika Utara.

3. Burung ini tampak sangat unik, bukan? Mereka memiliki warna jingga yang mencolok dan hiasan berbentuk setengah lingkaran di kepalanya

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas dwazoo.com

Burung ini bernama cock-of-the-rock guyana (Rupicola rupicola) dalam bahasa inggris. Seperti kardinal merah, warna jingga yang mentereng pada burung ini hanya dimiliki burung jantan saja.

4. Sementara, burung yang berwarna kuning, salah satunya kenari kuning (Serinus flaviventris)

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas animals.net

Burung berukuran 13-14 cm ini berasal dari Afrika Selatan, tapi kepopulerannya sudah mendunia dan kerap dikembangbiakkan. Tahukah kamu bahwa burung ini juga adalah spesies dari Tweety si burung kecil kuning yang ada di kartun Looney Tunes?

5. Burung ini bernama kirik-kirik hijau (Merops orientalis) dan bulunya memiliki warna hijau yang sangat cantik

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas ebird.org

Dalam bahasa Inggris, mereka disebut bee-eater alias pemakan lebah karena mereka memang suka makan lebah. Namun, makanan mereka juga mencakup serangga lain, seperti kumbang, ngengat, rayap, dan kupu-kupu, seperti disebut laman Animalia.

6. Bagaimana dengan burung biru? Inilah dia salah satu contohnya, yaitu burung makaw hyacinth

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas ebird.org

Bernama latin Anodorhynchus hyacinthinus, makaw hyacinth adalah spesies burung beo terbesar di dunia dengan panjang yang mencapai 1 meter. Keunikan warnanya membuat burung ini sering diperjualbelikan sebagai peliharaan dan hal itu menyebabkan populasi mereka terus berkurang.

Baca Juga: 6 Fakta Hoatzin, Burung Endemik Amazon yang Disebut Burung Reptil

7. Burung yang bulunya berwarna ungu pun ada, yaitu burung cuckoo ungu (Chrysococcyx xanthorhynchus)

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas ebird.org

Namun, warna ungu yang cantik hanya dimiliki oleh si pejantan. Sementara, burung betina berwarna cokelat kehijauan.

8. Kalau burung yang terkenal dengan warna pink tentu kamu sudah tahu, yaitu burung flamingo

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas thespruce.com

Burung flamingo terdiri dari enam spesies dan semuanya memiliki warna pink yang indah. Namun, sebenarnya warna itu tidak mereka miliki secara alami. Bulu flamingo berwarna pink karena pigmen karotenoid yang terdapat dalam makanannya. Bahkan, laman Discover Wildlife menyebut bahwa kulit dan darah flamingo pun berwarna pink!

9. Bahkan, burung yang berwarna emas juga ada, yaitu burung pegar emas (Chrysolophus pictus) atau disebut juga pegar tiongkok

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas zooinstitutes.com

Warna emas yang terdapat pada burung ini membuat masyarakat Tiongkok menganggap burung ini sebagai pembawa keberuntungan.

10. Sementara, warna cokelat dimiliki oleh burung ini, yang disebut brown trasher atau secara harfiah berarti pencuri cokelat

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas allaboutbirds.org

Burung bernama latin Toxostoma rufum ini lebih banyak menghabiskan waktu di tanah daripada di atas pohon. Itu karena mereka mencari makan berupa serangga yang terdapat dalam sarang di tanah.

11. Warna kelabu terdapat pada bulu nuri abu-abu afrika (Psittacus erithacus) yang merupakan salah satu burung tercerdas di dunia

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas birdlife.org

National Geograhic menyebut bahwa burung ini punya kemampuan terbaik dalam meniru suara manusia bila dibanding spesies nuri lain. Mereka bahkan disebut-sebut punya skill kognitif setara anak manusia usia 5 tahun.

12. Terakhir, burung yang paling populer dengan warna hitam legamnya tentu adalah burung gagak 

12 Potret Burung dengan Beragam Warna, dari Putih hingga Emas wired.com

Gagak adalah burung yang sangat cerdas, bahkan kerap dianggap burung paling cerdas di dunia. Mereka mampu menggunakan alat, memecahkan masalah, dan jago dalam mengingat wajah orang.

Gagak bahkan bisa bercerita untuk menggambarkan ciri-ciri seorang manusia supaya gagak lain bisa mengenalinya meski belum pernah bertemu. Luar biasa!

Itulah dua belas potret burung yang memiliki beragam warna, mulai dari putih hingga hitam. Yang mana yang tampak paling cantik menurutmu?

Baca Juga: Gak Cuma Jago Menyelam, Ini 7 Fakta Menarik Burung-burung Laut

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya