Comscore Tracker

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!

Mimpi buruk buat orang yang takut serangga 

Serangga adalah jenis hewan yang paling banyak terdapat di sekitar kita. Seringkali mereka mungkin luput dari penglihatan karena ukurannya yang kecil. Ketika ada semut berukuran 1 mm di dekatmu, mungkin kamu gak akan sadar. Tapi bayangkan semut tersebut berukuran setengah panjang jari telunjukmu, kamu pasti kaget atau bahkan takut.

Memangnya ada semut sebesar itu? Ternyata ada. Serangga yang sehari-hari kamu lihat mungkin adalah spesies yang berukuran rata-rata, tapi tentu setiap jenis serangga punya spesies terbesar. Inilah 10 spesies serangga terbesar menurut jenisnya masing-masing.

1. Semut terbesar: Dinoponera

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!eol.org

Semut biasanya hanya berukuran maksimal 2 cm, tapi semut betina dari genus Dinoponera bisa mencapai ukuran 3-4 cm, seperti dilansir dari World Atlas.

Terdiri dari banyak spesies, ukuran yang besar memang membuat semut dari genus ini istimewa dibanding genus lain. Namun, kamu gak akan menemukan semut ini di Indonesia karena mereka hanya ada di Amerika Selatan.

2. Lalat terbesar: Pantophthalmus bellardi 

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!bbc.com

Selain semut, lalat adalah salah satu jenis serangga paling umum di dunia. Tahukah kamu apa spesies terbesar dari serangga ini? Laman BBC menyebut bahwa jawabannya adalah lalat kayu dari spesies Pantophthalmus bellardi. Panjang lalat ini disebut bisa mencapai 8 cm, sedangkan bentang sayapnya 8,5 cm. Besar banget, ya!

3. Nyamuk terbesar: Toxorhynchites rutilus 

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!entomologytoday.org

Nyamuk berukuran normal saja bisa begitu mengganggu dan menyebalkan, apalagi nyamuk yang satu ini. Nyamuk Toxorhynchites rutilus punya lebar sayap yang bisa mencapai hampir 2,5 cm. Mereka disebut nyamuk gajah, bukan karena ukurannya yang besar, tapi karena mulut pengisapnya yang mirip seperti belalai gajah.

Uniknya, nyamuk terbesar ini justru gak berbahaya bagi manusia. Saat dewasa, mereka hanya makan nektar dan tidak mengisap darah. Sedangkan saat masih berbentuk larva, mereka justru suka memangsa larva nyamuk lain!

Gak heran jika nyamuk ini punya sebutan lain yaitu pemakan nyamuk.

Baca Juga: Beda dengan Serangga Lainnya, Ini Fakta 5 Serangga yang Hidup di Air

4. Lebah terbesar: Megachile pluto 

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!nytimes.com

Yang satu ini asli Indonesia lho! Yap, lebah raksasa Wallace alias Megachile pluto adalah lebah terbesar di dunia dengan bentang sayap mencapai 6,3 cm. Lebah ini merupakan endemik Kepulauan Maluku. Uniknya, National Geographic menyebut bahwa lebah ini sempat dikira punah sejak tahun 1990-an sebelum akhirnya ditemukan kembali pada 2019.

5. Tawon terbesar: Vespa mandarinia 

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!dailycampus.com

Laman Guinness Book of World Records mencatat spesies tawon asia raksasa (Vespa mandarinia) sebagai yang terbesar di dunia. Mereka bisa mencapai panjang 5,5 cm dan bentang sayap 7,6 cm. Bahkan panjang sengatnya saja mencapai 0,6 cm. Mereka disebut juga tawon pembunuh karena punya racun yang sangat kuat dan bisa membunuh manusia!

6. Kumbang terbesar: Titanus giganteus

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!wowamazing.com

Ada beberapa spesies kumbang yang berukuran luar biasa, namun yang jadi juaranya adalah kumbang Titanus giganteus yang hidup di Amerika Selatan. Disebut juga kumbang titan, panjang mereka bisa mencapai 16,7 cm. Laman Mother Nature Network menyebut bahwa gigitan kumbang ini bisa dengan mudah mematahkan sebatang pensil!

7. Kecoak terbesar: Megaloblatta longipennis 

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!whatdewhat.com

Kecoak ukuran normal saja bisa membuat ketakutan, apalagi kecoak yang satu ini. Ukuran panjang Megaloblatta longipennis bisa mencapai 9,7 cm dan bentang sayap 20 cm! Tapi tenang, habitat kecoak ini jauh dari Indonesia kok. Tepatnya di Peru, Ekuador, dan Panama.

8. Capung terbesar: Megaloprepus caerulatus 

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!thepaintboxgarden.com

Konon, serangga terbesar yang pernah hidup di bumi adalah sejenis capung purba yang panjangnya mencapai hampir setengah meter dan bentang sayap 75 cm. Sementara capung zaman modern terbesar adalah Megaloprepus caerulatus. Panjang tubuhnya dilaporkan mencapai 12 cm dan bentang sayap sekitar 19 cm.

9. Kupu-kupu terbesar: Ornithoptera alexandrae 

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!sbbt.org.uk

Kalau serangga yang cantik ini sih, kemungkinan gak akan membuat orang takut meski ukurannya besar. Adalah Ornithoptera alexandrae, alias kupu-kupu sayap burung ratu alexandra, yang menyandang status kupu-kupu terbesar di dunia. Live Science menyebut bahwa bentang sayap kupu-kupu endemik Papua Nugini ini mencapai ukuran 31 cm.

10. Ngengat terbesar: Attacus atlas

10 Serangga Terbesar Menurut Jenisnya, Ukurannya Bikin Takjub!alchetron.com

Ngengat merupakan jenis serangga yang berkerabat erat dengan kupu-kupu, dan banyak spesies memiliki sayap yang gak kalah cantik. Kalau soal ukuran, yang terbesar adalah ngengat gajah (Attacus atlas) yang disebut juga ngengat atlas. Bentang sayap mereka mencapai 30 cm dan luas permukaannya sekitar 400 cm persegi!

Itulah 10 spesies serangga terbesar di dunia menurut jenisnya. Ukuran mereka sangat menakjubkan, ya!

Baca Juga: Bukan Hanya Kecoak, 7 Serangga Ini Akan Membuatmu Merasa Geli Banget

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya