Comscore Tracker

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi 

Ada pula yang mencari makan di dasar laut

Apakah kamu tahu iguana? Iguana adalah jenis kadal yang tergabung dalam famili Iguanidae. Kelompok kadal ini memiliki ciri khas berupa penampilan mereka yang garang, walaupun sebagian besar dari mereka adalah herbivor yang tidak berbahaya. Mereka adalah salah satu jenis kadal yang umum dipelihara orang.

Laman Treehugger menyebut bahwa ada sekitar 45 spesies iguana di seluruh dunia. Nah, dari 45 spesies tersebut, beberapa di antaranya tentu memiliki keunikan yang tak dimiliki iguana lain, atau bahkan kadal lain. Ini dia 10 spesies iguana terunik di dunia dengan ciri khasnya masing-masing.

1. Iguana hijau 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi everythingreptiles.com

Pertama ada iguana hijau (Iguana iguana) atau disebut juga iguana amerika. Dilansir LIve Science, mereka adalah iguana dengan ukuran terpanjang di dunia, dengan panjang mencapai 2 meter. Iguana ini sangat populer, dan merupakan salah satu jenis reptil yang paling banyak dipelihara di Amerika Serikat.

2. Iguana biru 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi ircf.org

Iguana hijau memang adalah iguana terpanjang, tapi mereka bukan yang terbesar. Jika meninjau bobot, iguana biru (Cyclura lewisi) adalah iguana terbesar di dunia, karena mereka bisa mencapai berat 14 kg, seperti dilansir Animalia. Iguana ini hidup di Pulau Grand Cayman, maka mereka disebut juga iguana darat grand cayman.

3. Iguana berekor duri 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi reptilesmagazine.com

Sementara jenis iguana terkecil di dunia adalah iguana berekor duri (genus Ctenosaura) yang ukuran terkecilnya hanya mencapai 12,5 cm. Sesuai namanya, iguana ini memiliki ciri khas berupa ekor yang berduri. Selain itu, di punggung mereka juga ada sederet duri yang menyerupai sisir.

4. Iguana badak 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi draytonmanor.co.uk

Beberapa spesies iguana juga memiliki penampilan yang unik, misalnya iguana badak (Cyclura cornuta). Mereka mendapatkan nama unik itu karena memiliki semacam cula di moncongnya seperti badak. Iguana badak hanya terdapat di Pulau Hispaniola di Laut Karibia. Mereka adalah omnivor, dan makanannya mencakup daun, buah, serangga, kepiting, serta bangkai.

5. Iguana darat galapagos 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi travel-monkey.net

Sementara iguana darat galapagos (Conolophus subcristatus) memiliki penampilan yang unik karena warnanya yang kuning cerah. Sesuai namanya, iguana ini hidup di Kepulauan Galapagos, Ekuador. Ukuran mereka cukup besar dengan panjang mencapai 1,5 meter dan berat 11 kg. Mereka juga terkenal memiliki umur yang panjang, yaitu bisa mencapai 55 tahun.

Baca Juga: 8 Fakta Iguana Laut, Satu-satunya Kadal yang Bisa Berenang di Laut

6. Iguana pink galapagos 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi quasarex.com

Ada iguana yang berwarna kuning, ada pula iguana yang berwarna pink. Ya, iguana pink galapagos (Conolophus marthae) masih berkerabat dengan iguana darat galapagos, dan mereka pun tinggal di wilayah yang sama. Warna pink iguana ini sangat unik dan jarang dimiliki oleh kadal. Sayangnya, mereka sudah sangat terancam punah dan hanya tersisa sekitar 200 ekor.

7. Iguana berekor duri yucatan 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi paralasiguanas.top

Iguana berekor duri yucatan (Ctenosaura defensor) adalah salah satu spesies iguana berekor duri. Seperti terlihat di gambar, iguana ini unik karena memiliki banyak warna berbeda di tubuhnya. Laman Reptile Talk menyebut bahwa iguana yang hidup di Meskiko ini berukuran sekitar 20 cm dan merupakan pemakan tumbuhan serta serangga.

8. Iguana belang fiji 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi si.edu

Sekilas, tak ada yang istimewa dengan iguana belang fiji (Brachylophus fasciatus). Tapi jangan salah, iguana endemik Fiji ini ternyata memiliki keunikan luar biasa, yaitu bisa mengubah warna tubuhnya jadi hitam saat terancam. Selain itu, mereka juga bisa menggelapkan warna tubuhnya untuk menyerap lebih banyak panas matahari supaya tetap hangat.

9. Iguana laut 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi galapagos-pro.com

Salah satu spesies iguana terunik di dunia. Iguana laut (Amblyrhynchus cristatus) adalah satu-satunya spesies kadal yang bisa menyelam dan mencari makan di dalam laut. Ya, iguana endemik Kepulauan Galapagos ini adalah herbivor, dan mereka makan alga yang tumbuh di dasar laut.

Keunikan lain yang dimiliki iguana ini adalah pejantannya bisa mengubah warna kulitnya yang awalnya hitam menjadi pelangi saat musim kawin. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian betina. Dilansir Oceana, iguana ini berukuran cukup besar, dengan panjang mencapai 1,3 meter.

10. Iguana gurun 

10 Spesies Iguana Terunik, Ada yang Berwarna Pelangi animaldiversity.org

Ada iguana yang hidup di laut, ada pula iguana yang hidup di gurun. Iguana gurun (Dipsosaurus dorsalis) hidup di Gurun Mojave dan Gurun Sonoran di Amerika Serikat dan Meksiko. Iguana ini mampu bertahan dalam kondisi kering dan panas, dengan suhu udara mencapai 40 °C. Bahkan, mereka aktif mencari makan di siang hari saat suhu sedang tinggi-tingginya.

Itulah 10 spesies iguana terunik di dunia, dengan ciri khas mereka masing-masing. Ternyata keanekaragaman di antara spesies iguana cukup luar biasa ya!

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kemampuan Renang Hewan, Siapa Hewan Tercepat? 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya