Comscore Tracker

7 Golongan Darah Hewan yang Unik, Ada yang Sama dengan Manusia

Ada yang sampai Z lho!

Umumnya kita hanya mengenal golongan darah pada mamusia seperti golongan darah A, AB, B dan O. Tapi tahukah kamu kalau ternyata hewan juga punya golongan darah lho, bahkan lebih banyak jenisnys dari golongan darah manusia.

Berikut ini adalah golongan darah pada beberapa hewan yan akan membuatmu geleng-geleng kepala karena jumlahnya yang banyak.

1. Kucing

7 Golongan Darah Hewan yang Unik, Ada yang Sama dengan Manusiaunsplash.com/Erik-Jan Leusink

Hewan peliharaan yang satu ini memiliki tiga golongan darah yang penamaannya mirip manusia lho, yaitu golongan darah A, B dan AB. Di Amerika Serikat hampir kucing ras asli Amerika dan ras campuran memiliki golongan darah A. Sedangkan khusus untuk golongan darah B biasanya dimiliki kucing dengan ras Persia, Sphynx, Devon Rex, Cornish Res, Birman, Somali, dan lain-lain. Wih keren banget yah.

2. Anjing

7 Golongan Darah Hewan yang Unik, Ada yang Sama dengan Manusiaunsplash.com/Oscar Sutton

Selain hewan peliharaan seperti kucing, ternyata anjing memiliki lebih banyak golongan darah bahkan sampai 13 golongan darah yang terbagi atas dua kelompok besar, diantaranya DEA (Dog Erythrocyte Antigen) dan SCT. Beberapa di antaranya adalah DEA 1.2, DEA 3, DEA 4, DEA 5, DEA 6, DEA 7, DEA 8, SCT A, SCT B, SCT D, SCT E dan DEA 1.1 yang juga tebagi menjadi negatif dan positif.

3. Sapi

7 Golongan Darah Hewan yang Unik, Ada yang Sama dengan ManusiaUnsplash.com/Alaina McLearnon

Golongam darah pada sapi ternak juga memiliki 11 golongan darah lho, di antaranya golongan darah A, B, C, F, J, L, M, R, S, T dan Z. Khusus untuk golongan darah B, ternyata memiliki 60 antigen, hal ini menyebabkan susahnya melakukan tranfusi darah pada golongan darah ini pada sapi.

4. Kuda

7 Golongan Darah Hewan yang Unik, Ada yang Sama dengan ManusiaUnsplash.com/leva Vizule

Hewan tunggangan yang satu ini ternyata memiliki 8 golongan  darah lho. Golongan darah pada kuda terdiri dari golongan darah A, C, D, K, P, Q, T, dan U yang akan membentuk kombinasi sebanyak 30 tipe golongan darah yang berbeda. Golongan darah A pada kuda memiliki beberapa jenis seperti aA1, aA’, aH, aA’H dan lain-lain. Rumit juga yah?.

Baca Juga: 4 Hewan Ini Sarangnya Dipakai Berlindung Spesies Lainnya

5. Primata

7 Golongan Darah Hewan yang Unik, Ada yang Sama dengan ManusiaUnplash.com/Rob Schreckhise

Golongan darah pada primata tak se-kompleks jika dibandingkan dengan hewan peliharaan seperti anjing. Golongan darah primata sama dengan golongan darah manusia yaitu A, B, AB, dan O. Golongan darah berdasarkan sistem resus adalah penggolongan darah yang terinspirasi dari primata Rhesus macaque (Macaca mulatta). Jadi golongan darah rhesus pada manusia pertama kali ditemukan pada primata lho.

6. Domba

7 Golongan Darah Hewan yang Unik, Ada yang Sama dengan ManusiaUnsplash.com/Sam Carter

Golongan darah pada domba terdapat 7 macam yang terdiri dari golongan darah A, B, C, D, M, R, dan X. Golongan darah B pada domba sangat polimorfik dan memiliki banyak sekali antigen. Sedangkan golongan darah R mirip dengan golongan darah J pada sapi yang antigennya mudah larut.

7. Kambing

7 Golongan Darah Hewan yang Unik, Ada yang Sama dengan ManusiaUnplash.com/Micaela Parente

Kambing memiliki 5 golongan darah yaitu A, B, C, M dan J yang tak jauh berbeda dengan golongan darah pada domba lho. Bahkan golongan darah J pada Kambing mirip dengan golongan darah J pada hewan ternak lain seperti Sapi dan Domba. Sekeluarga nih!

Nah, itulah 7 golongan darah hewan yang belum banyak diketahui. Golongan darah pada berbagai hewan diatas sangatlah unik. Untuk itu kita patut bersyukur kepada Tuhan atas keberagaman yang ada.

Baca Juga: 5 Jenis Hewan yang Dapat Menggunakan Frekuensi Ultrasonik

Praiselia Andriya Photo Writer Praiselia Andriya

Love, Life and Future

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya