Comscore Tracker

5 Jenis Hewan yang Dapat Menggunakan Frekuensi Ultrasonik

Manusia tidak mampu menjangkaunya, lho

Pernah mendengar istilah ultrasonik? Ultrasonik merupakan bagian dari frekuensi (gelombang) suara yang sangat tinggi sampai-sampai tidak bisa terdengar oleh telinga manusia, pasalnya manusia berada pada tingkat frekuensi suara audiosonik yang notabene dibawah ultrasonik.

Frekuensi suara sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu infrasonik (1 Hz-20 Hz), audiosonik (20 Hz-20.000 Hz) dan ultrasonik (>20.000 Hz). Inilah 5 jenis hewan yang menggunakan frekuensi ultrasonik.

1. Kelelawar

5 Jenis Hewan yang Dapat Menggunakan Frekuensi UltrasonikPixabay/Angeleses

Kelelawar merupakan binatang nokturnal atau aktif di malam hari. Perlu kamu ketahui, bahwa kelelawar memiliki penglihatan yang kurang baik. Sehingga untuk mencari mangsa (makanan) dan menentukan arah navigasi, kelelawar akan mengeluarkan suara ultrasonik.

Ketika kelelawar terbang, suara ultrasonik yang dikeluarkannya tersebut akan memantul. Dari pantulan suara tersebut kelelawar mampu mendeteksi berapa jauh jaraknya dengan mangsa dan dalam kejauhan berapa. Frekuensi yang dapat didengar dan dikeluarkan kelelawar mencapai 3.000 Hz-120.000 Hz. Keren, ya.

2. Lumba-lumba

5 Jenis Hewan yang Dapat Menggunakan Frekuensi UltrasonikPixabay/joakant

Ikan laut yang satu ini terbilang bersahabat dengan manusia. Namun ada hal unik yang harus kamu tahu dari lumba-lumba, ternyata lumba-lumba berkomunikasi dengan sesamanya menggunakan frekuensi suara ultrasonik. Frekuensi suara ultrasonik yang dimiliki lumba-lumba pun cukup tinggi lho, mencapai 100.000 Hz.

Baca Juga: Siapkan Tisu! 9 Foto Hewan dan Manusia Ini Bakal Menyentuh Hatimu

3. Anjing

5 Jenis Hewan yang Dapat Menggunakan Frekuensi UltrasonikPixabay/LaBruixa

Binatang yang satu ini biasa dijadikan peliharaan. Lebih dari itu anjing memang memiliki kemampuan yang bagus dalam segi pendengaran dan penciuman. Anjing pun ternyata salah satu binatang mampu mengeluarkan suara ultarsonik mencapai 40.000 Hz.

4. Kucing

5 Jenis Hewan yang Dapat Menggunakan Frekuensi UltrasonikPixabay/MabelAmber

Sama halnya dengan anjing, kucing pun acap kali dijadikan binatang peliharaan. Dari segi pendengaran pun kucing ternyata memiliki kemampuan sama layaknya anjing, frekuensi suara yang dapat dikeluarkan dan didengar oleh kucing mencapai 60.000 Hz.

5. Burung walet

5 Jenis Hewan yang Dapat Menggunakan Frekuensi UltrasonikPixabay/skeeze

Burung yang acap dipelihara serta dimanfaatkan sarangnya ini sama halnya kelelawar, merupakan binatang nokturnal. Tak hanya aktif di malam hari, ternyata burung walet pun layaknya kelelawar untuk navigasi dan mencari mangsanya menggunakan frekuensi ultrasonik.

Itulah jenis-jenis hewan yang mampu mengeluarkan dan mendengar gelombang suara ultrasonik. Bagaimana menurut kamu hewan-hewan tersebut, keren bukan? 

Baca Juga: 10 Hewan Eksotis yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Indonesia, Bangga! 

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

سم الله الرحمن الرحيم

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya