5 Fakta Changyuraptor Yangi, Dinosaurus Bersayap Empat

Hidup sekitar 124,4 juta tahun lalu

Dinosaurus selalu menjadi hal yang menarik untuk dibahas hingga saat ini. Seperti yang diketahui, jenis dinosaurus cukup beragam dan masih terus dilakukan penelitian hingga sekarang.

Tyrannosaurus rex atau T-rex menjadi dinosaurus paling terkenal dengan keganasannya. Dikalangan dinosaurus bersayap ada Pteranodon yang juga sering muncul dalam film.

Namun, tahukan kalian bahwa juga ada dinosaurus bersayap dan bahkan berbulu layaknya burung? Changyuraptor Yangi  adalah salah satunya. Bahkan ia memiliki empat sayap, lho. Simak informasi menariknya berikut ini!

1. Ditemukan di Liaoning, China

5 Fakta Changyuraptor Yangi, Dinosaurus Bersayap EmpatTembok Raksasa China (pixabay.com/jlb1988)

Fosil dinosaurus ini ditemukan pertama kali di Xijianchang, Daerah Jianchang, Provinsi Liaoning, China pada tahun 2012. Fosil Changyuraptor Yangi ditemukan pada formasi Yixian yang terbentuk pada periode awal cretaceous  atau periode awal kapur. Umur dari fosil ini sekitar 124,4 juta tahun lalu.

Penamaan dinosaurus ini sendiri juga menggunakan bahasa china. Kata "changyu" memiiliki arti berbulu panjang. Sedangkan untuk nama spesiesnya, yaitu "yangi" diambil dari nama Profesor Yang Yandong dari Universitas Bohai, China yang menjadi ketua dalam penemuan ini.

2. Dinosaurus bersayap empat terbesar yang pernah ditemukan

5 Fakta Changyuraptor Yangi, Dinosaurus Bersayap Empatilustrasi dinosaurus bersayap dan berbulu (pixabay.com/tony241969)

Changyuraptor Yangi adalah dinosurus bersayap empat terbesar yang pernah ditemukan. Memiliki panjang sekiar 1,2 meter, Changyuraptor Yangi memiliki bulu penuh dari kepala hingga ekor. Bulu ekornya pun cukup panjang, bisa mencapai 30 cm.

Changyuraptor Yangi  memiliki kepala kecil dan runcing dengan ekor panjang serta tubuh kekar. Kedua sayap tambahan berada di kakinya. Ia juga memiliki cakar yang tajam di tangan dan kakinya.

Sayap belakang dan ekor yang panjang berperan dalam membantu terbang. Ekornya yang panjang untuk mengimbangi ukurannya yang besar dan mempertahankan kendali saat terbang dan mendarat.