Comscore Tracker

5 Fakta Pallas’s Cat, Kucing Berambut Lebat dengan Pupil Bulat

Ternyata hanya sebesar kucing rumahan!

Pallas’s Cat (Otocolobus manul) atau manul adalah kucing liar yang punya penampilan unik. Dilansir Smithsonian Libraries and Archive, nama Pallas berasal dari nama seorang naturalis asal Jerman, Peter Simon Pallas, orang pertama yang mempublikasikan deskripsi detail tentang kucing ini.

Manul punya ekspresi muka yang beragam, tetapi kebanyakan terlihat galak. Namun, sebenarnya kucing ini masih cukup misterius. Meskipun habitatnya sudah diketahui, manul cukup jarang terlihat. Berikut ini merupakan fakta-fakta menarik tentang Pallas’s Cat yang bisa menambah pengetahuanmu.

1. Berasal dari Asia Tengah

5 Fakta Pallas’s Cat, Kucing Berambut Lebat dengan Pupil BulatPallas's Cat sedang mengintai mangsa (youtube.com/Free Documentary - Nature)

Dilansir International Society for Endangered Cats (ISEC) Canada, manul berasal dari Asia Tengah yang terbentang mulai dari Laut Kaspia, melintasi Iran, Afghanistan, Pakistan dan India utara ke China bagian tengah, Mongolia, dan Rusia Selatan. Namun, populasi manul terbesar ditemukan di Mongolia dan Rusia.

Manul menempati habitat yang sangat spesifik. Dilansir University of Michigan, mereka mendiami padang rumput luas yang berbatu dan bukit berbatu saja. Manul dapat ditemukan di ketinggian mencapai 4.800 meter, tetapi menghindari area yang berpotensi terjadi tumpukan salju parah.

2. Seukuran kucing rumahan

5 Fakta Pallas’s Cat, Kucing Berambut Lebat dengan Pupil BulatPallas's Cat hanya sebesar kucing rumahan (youtube.com/Free Documentary - Nature)

Sekilas, manul terlihat seperti seekor kucing yang berukuran besar. Namun, jangan tertipu karena sebenarnya satwa yang satu ini berukuran seperti kucing rumahan yang sering kita jumpai.

Dilansir Russian Geographical Society,  panjang tubuh manul berkisar antara 50 hingga 62 centimeter dengan panjang ekor 23 hingga 31 centimeter. Berat badan sekitar 2,5 hingga 4 kilogram. Rambut lebat dan ekor panjang tersebut yang membuat manul terlihat berukuran besar.

Baca Juga: Awas Keliru, 7 Spesies Kucing Liar Ini Mirip Kucing Piaraan di Rumah 

3. Punya bentuk pupil yang berbeda dari kucing pada umumnya

5 Fakta Pallas’s Cat, Kucing Berambut Lebat dengan Pupil BulatPallas's Cat memiliki pupil berbentuk bulat seperti kucing besar (youtube.com/Free Documentary - Nature)

Tidak seperti kucing pada umumnya yang memiliki pupil vertikal dan berbentuk seperti celah, manul memiliki pupil dengan bentuk bulat seperti milik manusia. Dilansir Mental Floss, bentuk pupil bulat ini sama dengan pupil milik kucing besar seperti singa dan harimau.

Berdasarkan hasil riset Malmström dan Kröger yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology tahun 2006, pupil yang berbentuk bulat dalam dunia kucing mencirikan jenis kucing diurnal atau aktif di pagi hari dan atau kucing yang hidup di habitat terbuka.

4. Pika menjadi santapan utama

5 Fakta Pallas’s Cat, Kucing Berambut Lebat dengan Pupil BulatPallas's Cat beradaptasi baik dengan lingkungan tempat tinggalnya yang ekstrem (youtube.com/Free Documentary - Nature)

Dilansir International Society for Endangered Cats (ISEC) Canada, sekitar 50 persen makanan utama dari manul adalah pika. Dilansir Britannica, pika merupakan mamalia kecil yang masuk ke dalam ordo lagomorph seperti kelinci dan terwelu.

Selain pika, manul juga memangsa hewan-hewan pengerat berukuran kecil yang tinggal di bebatuan, burung-burung kecil, dan serangga, seperti dilansir University of Michigan. Kucing ini akan diam-diam membuntuti lalu menyergap mangsanya dengan cepat.

5. Senang menempati sarang hewan lain

5 Fakta Pallas’s Cat, Kucing Berambut Lebat dengan Pupil BulatPallas's Cat bersembunyi di celah bebatuan (youtube.com/Free Documentary - Nature)

University of Michigan melaporkan, manul utamanya merupakan hewan nocturnal, tetapi bisa tetap aktif setiap saat. Di pagi hari, manul akan menggunakan waktunya untuk beristirahat. Goa-goa kecil atau celah bebatuan biasanya dipilih sebagai tempat yang aman.

Namun, manul juga memilih tempat lain untuk beristirahat. Kucing ini menjadikan liang-liang yang digali oleh hewan lain seperti rubah dan marmot sebagai sarangnya.

Manul adalah jenis kucing liar yang punya banyak keunikan. Mari saling bekerja sama melindungi habitat dan mencegah perburuan agar Pallas’s Cat tetap lestari di masa yang akan datang!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jaguarundi, Kucing Liar yang Mirip Otter

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya